Surat Az-Zumar Ayat 12

ูˆูŽุฃูู…ูุฑู’ุชู ู„ูุฃูŽู†ู’ ุฃูŽูƒููˆู†ูŽ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ูŽ ูฑู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ

Arab-Latin: Wa umirtu li`an akแปฅna awwalal-muslimฤซn

Artinya: Dan aku diperintahkan supaya menjadi orang yang pertama-tama berserah diri".

ยซ Az-Zumar 11 โœต Az-Zumar 13 ยป

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Tentang Surat Az-Zumar Ayat 12

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zumar Ayat 12 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa kandungan mendalam dari ayat ini. Didapatkan beberapa penafsiran dari beragam mufassir terhadap isi surat Az-Zumar ayat 12, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

11-12 Katakanlah (wahai rasul) kepada manusia, โ€sesungguhnya Allah telah memerintahkanku dan orang-orang yang mengikutiku agar mengikhlaskan ibadah kepadaNYa semata, bukan kepada selainNya juga memerintahkanku agar menjadi orang pertama yang berserah diri kepadaNya dari umatku, tunduk dengan mentauhidkaNNya dan mengihlaskan ibadah kepadaNya serta berlepas diri dari segala macam tuhan yang disembah selain Allah.โ€™


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

12. Allah juga memerintahkanku agar menjadi orang pertama yang berserah diri kepada-Nya dan tunduk dari kalangan umat ini.โ€


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

12. ูˆูŽุฃูู…ูุฑู’ุชู ู„ูุฃูŽู†ู’ ุฃูŽูƒููˆู†ูŽ ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ (Dan aku diperintahkan supaya menjadi orang yang pertama-tama berserah diri)
Yakni menjadi orang Islam yang pertama pada umat ini.
Dan itulah yang Rasulullah lakukan, karena dialah yang pertama meninggalkan agama nenek moyang dan menyeru kepada tauhid.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

12. Dan aku diperintahkan agar menjadi orang yang pertama-tama berserah diri, diantara umat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Aku diperintahkan untuk menjadi orang pertama yang berserah diri} orang pertama dari umat ini yang berserah diri kepadaNya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

12. โ€œDan aku diperintahkan supaya menjadi orang yang pertama-tama berserah diri,โ€ karena aku adalah orang yang mengajak dan yang menunjuki manusia kepada Tuhan mereka, maka ini berkonsekuensi pada diriku untuk menjadi orang pertama yang melaksanakan apa yang Dia perintah dan orang pertama yang berserah diri.Masalah ini harus terjadi pada diri Nabi Muhammad, dan pada orang yang mengklaim menjadi pengikutnya. Ia harus berserah diri dalam amalan-amalan lahir dan ikhlas kepada Allah dalam amalan-amalan lahir dan batin.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 10-12
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada para hambaNya yang beriman untuk terus taat dan bertakwa kepadaNya: (Katakanlah, "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu.โ€ Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan) yaitu bagi orang yang mengerjakan amal baik di dunia ini, pahala kebaikan baginya di dunia dan akhirat.
Firman Allah SWT: (Dan bumi Allah itu adalah luas) Mujahid berkata,โ€Maka berhijrahlah padanya, berjihad dan pisahkanlah diri kalian dari berhala-berhala.
Diriwayatkan dari โ€˜Athaโ€™ tentang firman Allah SWT: (Dan bumi Allah itu adalah luas) dia berkata,โ€Apabila kalian diajak untuk melakukan perbuatan durhaka, maka larilah. Kemudian dia membaca firmanNya: (Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu) (Surah An-Nisa: 97)
As-Suddi berkata tentang firmanNya: (Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas) yaitu di surga.
Firman Allah: (Katakanlah, "Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agamaโ€ (11)) yaitu sesungguhnya aku hanya diperintahkan untuk ikhlas dalam beribadah hanya kepada Allah, tidak ada sekutu bagiNya (Dan aku diperintahkan supaya menjadi orang yang pertama-tama berserah diri (12)) As-Suddi berkata bahwa makna yang dimaksud adalah sebagian dari umatnya


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zumar ayat 12: (Dan aku diperintahkan supaya menjadi orang yang pertama-tama berserah diri) dari kalangan umat ini.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dari kalangan umat ini. Hal itu, karena orang yang berdakwah harus sebagai orang yang pertama menjalankan apa yang dia dakwahkan. Perintah berserah diri atau tunduk tertuju kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, demikian pula orang yang menjadi pengikutnya, yakni harus berserah diri/tunduk dalam sikap atau amal yang tampak serta ikhlas dalam amal yang tampak maupun yang tersembunyi.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zumar Ayat 12

11-12. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, 'sesungguhnya aku diperintahkan agar menyembah Allah dengan tulus dan penuh ketaatan, berserah diri hanya kepada-Nya, dan konsisten dalam melaksanakan ajaran agama. Dan aku pun diperintahkan agar menjadi orang yang pertama-tama berserah diri, patuh, dan tunduk kepada-Nya. '13-14. Katakanlah pula wahai nabi, kepada manusia, 'sesungguhnya aku takut akan murka Allah dan azab yang menimpa pada hari yang sangat besar lagi dahsyat yaitu hari kiamat jika aku durhaka kepada tuhanku dengan melanggar perintah-Nya. ' katakanlah pula kepada mereka, 'hanya Allah yang aku sembah dengan penuh ketaatan kepada-Nya dan istikamah serta tulus dalam menjalankan agamaku. '.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penafsiran dari berbagai mufassirun berkaitan makna dan arti surat Az-Zumar ayat 12 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita bersama. Sokonglah kemajuan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Banyak Dikaji

Telaah ratusan konten yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: Luqman, Ali ‘Imran 14, Al-Isra 27, Yunus, Ad-Dhuha 3, Al-Bayyinah 5. Termasuk Ali ‘Imran 31, Al-Hujurat 6, Yunus 40, Al-A’raf 26, Bersyukur, Al-‘Ankabut 57.

  1. Luqman
  2. Ali ‘Imran 14
  3. Al-Isra 27
  4. Yunus
  5. Ad-Dhuha 3
  6. Al-Bayyinah 5
  7. Ali ‘Imran 31
  8. Al-Hujurat 6
  9. Yunus 40
  10. Al-A’raf 26
  11. Bersyukur
  12. Al-‘Ankabut 57

Pencarian: ramon 84 arab, sabila artinya, alhamdulillah huruf arab, ayat wasyamsi, al muhajarah artinya

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini ๐Ÿ‘‰ pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti ๐Ÿ‘‰ klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: