Surat Az-Zumar Ayat 1

Belajar Quran Online

تَنْزِيلُ الْكِتَابِ مِنَ اللَّهِ الْعَزِيزِ الْحَكِيمِ

Arab-Latin: Tanzīlul-kitābi minallāhil-'azīzil-ḥakīm

Terjemah Arti: Kitab (Al Quran ini) diturunkan oleh Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Turunnya al-quran hanyalah dari Allah yang maha perkasa dalam kuasaNya dan pembalasanNya, juga mahabijaksana dalam pengaturan dan hukum-hukumNya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Keutamaan surah Az-Zumar: diriwayatkandari An-Nasa’I, Dari ‘Aisyah RA bertanya: Rasulullah SAW berpuasa, sampai kami bertanya: engkau berkenan berbuka dengan apa wahai Rasul?, dan beliau berbuka sampai kami bertanya: siapa yang mau berpuasa?, Rasulullah SAW setiap malam membaca: surah Bani Israi’l (surah al-Isra’) dan Az Zumar. Sebab penamaan surat Az Zumar tertera dalam dua ayat (71 dan 73).


1. Ayat ini diturunkan Allah yang Maha Kuasa di KerajaanNya yang tidak tertandingi, Maha bijaksana di singgasanaNya, Dialah Allah yang tidak menciptakan sesuatu dengan gurauan (permaianan).

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberitahukan tentang keagungan Al Qur’an, keagungan Tuhan yang berfirman dan yang menurunkannya, yaitu Allah ‘Azza wa Jalla, dan bahwa Al Qur’an turun dari Allah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana, yang berhak disembah oleh seluruh makhluk karena keagungan dan kesempurnaan-Nya, dan karena keperkasaan-Nya yang dengannya Dia tundukkan semua makhluk, dan Dia juga Mahabijaksana baik dalam menciptakan maupun memerintahkan. Al Qur’an turun dari Tuhan yang seperti itu sifat-Nya. Al Qur’an adalah firman-Nya, dan berfirman adalah salah satu sifat-Nya, sedangkan sifat mengikuti yang disifati. Oleh karena Allah Subhaanahu wa Ta'aala Mahasempurna dari segala sisi, di mana tidak ada yang sebanding dengan-Nya, maka firman-Nya pun sempurna dari segala sisi dan tidak ada bandingannya. Ini saja sebenarnya sudah cukup dalam menyifatkan Al Qur’an dan menunjukkan kedudukannya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Menyambung topik pada bagian akhir surah s'd tentang posisi Al-Qur'an sebagai peringatan bagi seluruh alam, Allah mengawali surah az-zumar dengan penegasan bahwa Al-Qur'an turun dari sisi Allah. Sesungguhnya kitab Al-Qur'an ini diturunkan oleh Allah yang mahamulia, mahaperkasa dalam kerajaan-Nya, dan mahabijaksana dalam menciptakan sehingga tidak sedikit pun ciptaan-Nya yang sia-sia. 2. Wahai nabi Muhammad, sesungguhnya kami menurunkan kitab suci Al-Qur'an kepadamu melalui perantara jibril dengan membawa kebenar-an berita maupun petunjuk. Maka, sembahlah Allah yang maha esa dan mahakuasa dengan tulus ikhlas dalam beragama, menjauhi kemusyrikan dan keingkaran, serta taat dan patuh hanya kepada-Nya.

Tafsir Ringkas Kemenag

Related: Surat Az-Zumar Ayat 2 Arab-Latin, Surat Az-Zumar Ayat 3 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Az-Zumar Ayat 4, Terjemahan Tafsir Surat Az-Zumar Ayat 5, Isi Kandungan Surat Az-Zumar Ayat 6, Makna Surat Az-Zumar Ayat 7

Baca Quran Online