Surat Shad Ayat 64

Belajar Quran Online

إِنَّ ذَٰلِكَ لَحَقٌّ تَخَاصُمُ أَهْلِ النَّارِ

Arab-Latin: Inna żālika laḥaqqun takhāṣumu ahlin-nār

Terjemah Arti: Sesungguhnya yang demikian itu pasti terjadi, (yaitu) pertengkaran penghuni neraka.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sesungguhnya perdebatan diantara penduduk neraka adalah sesuatu yang akan benar-beanar terjadi yang tidak ada keraguan tentangnya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

64. sesungguhnya yang demikian tersebut adalah pertengkaran ahli neraka dan itu adalah ketetapan yang haq yang terjadi

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman menguatkan berita-Nya, dan Dia adalah yang paling benar ucapannya.

Yakni tidak perlu diragukan lagi.

Sebagaimana yang diterangkan dalam ayat sebelumnya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

61-64. Demikianlah sergahan kelompok pengikut. Mereka berkata lagi seraya memohon kepada Allah, 'ya tuhan kami, barang siapa mengajak kami memilih jalan kesesatan dan menjerumuskan kami ke dalam azab yang pedih dan berat ini, maka tambahkanlah azab kepadanya dua kali lipat di dalam neraka dan timpakanlah laknat yang besar atas mereka. " (lihat pula: surah al-a'r'f/7: 38; al-a'z'b/33: 67'68). Para pendurhaka itu lalu berbicara dan saling bertanya-tanya seraya berkata, 'me-ngapa kami tidak melihat orang-orang yang di dunia dahulu kami anggap sebagai orang-orang yang jahat, hina, buruk, dan bodoh, seperti bilal, suhaib, dan ammar'' dahulu kami menjadikan mereka olok-olokan; apakah karena mereka tidak pantas menerima hinaan itu sehingga tidak masuk neraka bersama kami, ataukah karena penglihatan kami yang tidak melihat mereka di tempat ini lantaran mereka telah masuk lebih dulu'' sungguh, yang demikian itu benar-benar terjadi; itulah pertengkaran, saling mencaci, menyalahkan, dan menuduh di antara para penghuni neraka. 65. Sebetulnya para penghuni neraka itu di dunia dahulu telah menerima peringatan para rasul untuk mengesakan Allah dan menaati aturan-Nya. Katakanlah, wahai nabi Muhammad kepada kaum musyrik, 'se-sungguhnya aku hanya seorang pemberi peringatan. Adalah tugasku untuk menyampaikan kepadamu ancaman-Nya yang pedih bagi orang-orang yang mengingkari-Nya. Karena itu, yakinilah bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah. Dialah yang maha esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya, mahaperkasa sehingga dapat mengalahkan siapa pun yang menentang-Nya.

Tafsir Ringkas Kemenag

Related: Surat Shad Ayat 65 Arab-Latin, Surat Shad Ayat 66 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Shad Ayat 67, Terjemahan Tafsir Surat Shad Ayat 68, Isi Kandungan Surat Shad Ayat 69, Makna Surat Shad Ayat 70

Baca Quran Online