Quran Surat Shad Ayat 56

Dapatkan Amal Jariyah

جَهَنَّمَ يَصْلَوْنَهَا فَبِئْسَ ٱلْمِهَادُ

Arab-Latin: Jahannam, yaṣlaunahā, fa bi`sal-mihād

Terjemah Arti: (yaitu) neraka Jahannam, yang mereka masuk ke dalamnya; maka amat buruklah Jahannam itu sebagai tempat tinggal.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

55-56 Apa yang dijelaskan ini adalah untuk orang-orang yang bertakwa. Adapun orang-orang yang melampaui batas dalam kekafiran dan kemaksiatan, maka mereka akan mendapatkan tempat kembali terburuk dan terjelek, yaitu neraka di mana mereka disiksa di dalamnya, ia mengelilingi mereka dari segala penjuru, maka seburuk-bruk tempat tidur adalah tempat tidur mereka.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

56. Balasan ini adalah Jahanam yang meliputi mereka, mereka merasakan panas dan kobaran apinya, alas mereka adalah Jahanam ini, dan ini adalah seburuk-buruk alas bagi mereka.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

56. فَبِئْسَ الْمِهَادُ (maka amat buruklah Jahannam itu sebagai tempat tinggal)
Yakni seburuk-buruk apa yang mereka siapkan bagi diri mereka.
Makna (المهاد) yakni tempat tidur sebagai perumpamaan bagi api neraka yang ada di bawah mereka.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

56. tempat mereka adalah di neraka, mereka masuk ke dalamnya dan terbakar api neraka, dan seburuk-buruk alas tidur di bawah mereka adalah neraka jahanam.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

(Yaitu neraka Jahanam, yang mereka masuk ke dalamnya) mereka dimasukkan ke dalamnya (maka amat buruklah Jahanam itu sebagai tempat tinggal) artinya, hamparan yang paling buruk.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

56. Kemudian Allah merincikannya seraya berfirman, yaitu “Neraka Jahanam” yang di dalamnya sudah terhimpun berbagai azab, panasnya makin dahsyat dan memuncak, “yang mereka masuk ke dalamnya,” artinya, mereka disiksa di dalamnya dengan siksa yang meliputi mereka dari segala arah; dari atas mereka diselimuti oleh gumpalan api dan dari bawah mereka pun gumpalan api pula.
“maka amat buruklah itu sebagai tempat tinggal,” yang telah disediakan untuk mereka sebagai tempat tinggal dan tempat menetap.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Di dalamnya menghimpun semua azab.

Mereka diazab dari berbagai penjuru, di atas mereka ada lapisan-lapisan api demikian pula di bawah mereka.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

55-56. Bila Allah menyediakan surga beserta segala kenikmatan di dalamnya bagi orang yang taat, maka Allah menyediakan jahanam bagi orang yang durhaka terhadap risalah Allah. Beginilah karunia Allah kepada orang-orang yang bertakwa. Dan sungguh, bagi orang-orang yang durhaka terhadap perintah Allah dan rasul-Nya di dunia pasti di akhirat nanti disediakan tempat kembali yang buruk. Itulah neraka jahanam, tempat tinggal yang kelak akan mereka masuki; maka jahanam itulah seburuk-buruk tempat tinggal. 57-58. Inilah azab yang Allah janjikan kepada para pendurhaka, maka biarlah mereka merasakannya dan mengetahui betapa pedih azab itu. Inilah air mendidih yang sangat panas dan membakar mulut, kerongkong-an, serta usus mereka, dan air yang sangat dingin, yaitu nanah busuk dingin yang mengalir dari tubuh-tubuh penghuni neraka, dan di sam-ping itu ada berbagai macam azab yang lain yang serupa pedihnya dengan azab itu.

Lainnya: Shad Ayat 57 Arab-Latin, Shad Ayat 58 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Shad Ayat 59, Terjemahan Tafsir Shad Ayat 60, Isi Kandungan Shad Ayat 61, Makna Shad Ayat 62

Terkait: « | »

Kategori: 038. Shad

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi