Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Shad Ayat 42

ارْكُضْ بِرِجْلِكَ ۖ هَٰذَا مُغْتَسَلٌ بَارِدٌ وَشَرَابٌ

Arab-Latin: Urkuḍ birijlik, hāżā mugtasalum bāriduw wa syarāb

Terjemah Arti: (Allah berfirman): "Hantamkanlah kakimu; inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Maka Kami berfirman kepadanya ”hentakkan kakimu ke tanah, niscaya akan memancarikan air yang sejuk, minumlah air itu dan gunkan lah untuk mandi niscaya penyakit dan kesulitanmu akan hilang,

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

42. Maka Kami menjawab, “Jejaklah tanah dengan kakimu.” Maka dia menjejakkan kakinya ke tanah, lalu dari sana memancar air yang dia minum dan dia pakai mandi, maka Allah menghilangkan penyakit dan kesulitan yang menimpanya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

42. ارْكُضْ بِرِجْلِكَ ۖ( Hantamkanlah kakimu)
Yakni Kami firmankan kepadanya: “hentakkanlah kakimu ke tanah.”

هٰذَا مُغْتَسَلٌۢ بَارِدٌ وَشَرَابٌ(inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum)
Yakni kemudian ia menghentakkan kakinya, dan mengalirlah mata air; maka dia mandi dengan air itu sehingga dia kembali sehat. Kemudian muncul mata air lain yang tawar dan sejuk yang dia gunakan untuk minum.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

42. kami berkata kepadanya: hentakkanlah kakimu ke bumi. Maka air sejuk akan keluar dari dalamnya, sebagaimana Allah perintahkan Musa memukul dengan tongkat. Maka air juga mengalir darinya, dikatakan pada Musa: ini air sejuk untuk mandi, minum. Musa melakukannya: dan ia terbukti tidak bersalah. Ia mandi: dengan air yang digunakan untuk mandi. (bersuci).

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dikatakan kepada Ayub ("Hantamkanlah) maksudnya hentakkanlah (kakimu) ke bumi, lalu ia menghantamkannya, setelah itu tiba-tiba mengalirlah mata air dari bekas hentakan kakinya. Kemudian dikatakan pula kepadanya (inilah air untuk mandi) artinya, mandilah kamu dengan air ini (yang dingin, dan untuk minum") minumlah kamu daripadanya. Segeralah Nabi Ayub mandi dan minum dan hilanglah semua penyakit yang ada di dalam dan di luar tubuhnya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Menjawab doa nabi ayyub, Allah berfirman, 'hentakkanlah kaki-Mu!' dia pun menuruti perintah tuhannya, lalu dari bawah telapak kakinya muncul sebuah mata air. Dikatakan kepadanya, 'inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum. Minum dan mandilah dengan airnya, niscaya Allah akan menghilangkan penderitaan dan bencana darimu. '43. Kami sembuhkan penyakit nabi ayyub dan setelah itu kami anu-gerahi dia kebahagiaan berkumpul kembali bersama keluarganya yang lama terpisah dan kami lipatgandakan jumlah mereka sehingga keluarga serta pengikutnya bertambah banyak. Kami anugerahkan hal itu se-bagai rahmat dari kami bagi orang yang berbuat baik dan sabar dalam menerima cobaan, dan sebagai pelajaran bagi orang-orang yang berpikir-an sehat serta meyakini kemurahan dan rahmat Allah.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Shad Ayat 43 Arab-Latin, Surat Shad Ayat 44 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Shad Ayat 45, Terjemahan Tafsir Surat Shad Ayat 46, Isi Kandungan Surat Shad Ayat 47, Makna Surat Shad Ayat 48

Category: Surat Shad

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Tafsir Q.com Maksud Surah Shad Ayat 42 Surah Shaad Ayat 42 Surat Sad Ayat 42 Surat Shod Ayat 42 Qs Shad 42