Surat As-Saffat Ayat 163

إِلَّا مَنْ هُوَ صَالِ ٱلْجَحِيمِ

Arab-Latin: Illā man huwa ṣālil-jaḥīm

Artinya: Kecuali orang-orang yang akan masuk neraka yang menyala.

« As-Saffat 162As-Saffat 164 »

Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Kandungan Mendalam Berkaitan Surat As-Saffat Ayat 163

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 163 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan mendalam dari ayat ini. Tersedia beraneka penjabaran dari para ahli tafsir mengenai makna surat As-Saffat ayat 163, antara lain sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

161-163 maka sesungguhnya kalian (wahai orang-orang yang menyekutukan Allah) dan tuhan-tuhan yang kalian sembah selain Allah itu, tidak mampu menyesatkan siapapun kecuali siapa yang telah Allah swt takdirkan untuk masuk kedalam neraka jahanam karena kekafiran dan kezhalimannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

163. Kecuali siapa yang telah Allah tetapkan bahwa dia termasuk penduduk Neraka. Allah pasti melaksanakan ketetapannya, sehingga orang itu pun akan menjadi kafir dan masuk Neraka. Adapun kalian dan sesembahan kalian, maka semuanya tidak memiliki kekuasaan untuk itu.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

161. – 163. Wahai kalian orang-orang musyrik beserta berhala sesembahan kalian itu, tidak akan pernah bisa membuat siapapun sesat juga tidak akan pernah bisa merusak seseorangpun dengan bujukan kalian. Kecuali orang-orang yang telah ditetapkan Allah bahwa tempat tinggalnya kelak adalah di neraka yang menyala. Mereka adalah orang-orang yang tetap kekeh dalam kekafiran, dan mereka yang selalu meremehkan neraka. Maknanya adalah bahwa kalian wahai orang kafir dan para setan kalian tidak akan pernah bisa merusak hamba-hamba Allah yang saleh


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{kecuali orang yang akan masuk ke neraka Jahim} seseorang yang sebelumnya diketahui Allah bahwa dia termasuk penghuni neraka


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

161-163. Maksudnya, sesungguhnya kalian, wahai orang-orang musyrik dan juga apa-apa yang kalian sembah selain Allah, tidak akan mampu memperdayakan dan menyesatkan seseorang kecuali orang yang telah ditetapkan Allah sebagai penghuni neraka yang menyala-nyala, yang padanya berlaku takdir illahi. Maksud dari ini semua adalah menjelaskan ketidak-berdayaan mereka dan ketidak-berdayaan sembahan-sembahan mereka untuk melakukan penyesatan terhadap seseorang, dan menjelaskan kemahasempurnaan kekuasaan Allah. Artinya, Maka janganlah kalian berambisi untuk menyesatkan hamba-hamba Allah yang disucikan dan golonganNya yang beruntung.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 163: 161-163. Ketahuilah wahai orang-orang yang musyrik, bahwasanya kalian dan yang kalian jadikan sembahan selain Allah dari seluruh tuhan-tuhan yang bathil tidak satupun akan mampu melenyapkan agama Allah atau membuat umat islam jatuh dalam kesesatan kecuali orang-orang yang Allah takdirkan tempat kembalinya di neraka jahannam, yang mereka menggantikan agama mereka dengan kekufuran dan kesesatan setelah sampai para Rasul bagi mereka.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dalam pengetahuan Allah. Maksud ayat ini adalah untuk menerangkan kelemahan mereka dan kelemahan sesembahan-sesembahan mereka dari menyesatkan seseorang serta menerangkan sempurnanya kekuasaan Allah Subhaanahu wa Ta'aala. Oleh karena itu, jangan harap mereka dapat menyesatkan hamba-hamba Allah yang disucikan; yang menjadi golongan yang beruntung.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 163

161-163. Maka ketahuilah wahai orang-orang musyrik, sesungguhnya kamu dan apa yang kamu sembah itu, yaitu patung dan berhala, serta segala upayamu untuk menyesatkan orang lain, tidak akan dapat menyesatkan seseorang terhadap Allah, kecuali menyesatkan orang-orang yang telah ditetapkan akan masuk ke neraka jahim akibat langgeng dalam kekafirannya. Sementara itu, orang yang menempuh jalan kebenaran akan selamat dari tipu daya setan sehingga selamat dari siksa neraka. 164-166. Malaikat bukanlah anak-anak perempuan Allah sebagaimana tuduhan orang musyrik. Mereka hanyalah hamba-hamba Allah yang patuh pada perintah-Nya. Malaikat berkata, 'dan tidak satu pun di antara kami melainkan masing-masing mempunyai kedudukan tertentu dalam melaksanakan tugas dan mengabdi kepada Allah, dan sesungguhnya kami selalu teratur dalam barisan untuk melaksanakan perintah-Nya. Dan sungguh, kami benar-benar terus bertasbih, menyucikan dan mengagungkan asma-Nya dari sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Demikianlah beragam penafsiran dari berbagai mufassirin mengenai isi dan arti surat As-Saffat ayat 163 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita. Sokonglah kemajuan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dicari

Terdapat banyak konten yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Isra 27, Al-Bayyinah 5, Al-A’raf 26, Ali ‘Imran 14, Al-‘Ankabut 57, Ali ‘Imran 31. Ada pula Yunus, Ad-Dhuha 3, Yunus 40, Bersyukur, Al-Hujurat 6, Luqman.

  1. Al-Isra 27
  2. Al-Bayyinah 5
  3. Al-A’raf 26
  4. Ali ‘Imran 14
  5. Al-‘Ankabut 57
  6. Ali ‘Imran 31
  7. Yunus
  8. Ad-Dhuha 3
  9. Yunus 40
  10. Bersyukur
  11. Al-Hujurat 6
  12. Luqman

Pencarian: surat ali imron ayat 110, surah al an am latin, surah al mulk latin terjemahan, ya ayyuhannasu taqu rabbakum, arrum ayat 30

Dapatkan pahala jariyah dan juga dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Surat dan Ayat Rezeki

Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: