Surat As-Saffat Ayat 86

أَئِفْكًا ءَالِهَةً دُونَ ٱللَّهِ تُرِيدُونَ

Arab-Latin: A ifkan āliḥatan dụnallāhi turīdụn

Artinya: Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong?

« As-Saffat 85As-Saffat 87 »

Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Tafsir Berharga Tentang Surat As-Saffat Ayat 86

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 86 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasi beberapa penjabaran dari banyak ahli tafsir terkait kandungan surat As-Saffat ayat 86, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

83-87 Diantara pengikut nuh yang berjalan diatas manhaj dan agamanya adalah nabiyullah Ibrahim, saat dia datang kepada tuhannya dengan membawa hati yang bersih dari segala akidah sesat dan akhlak tercela saat dia berkata kepada bapaknya dan kaumnya dengan penuh pengingkaran “apa yang kalian sebah selain Allah itu? apakah kalian ingin menyembah tuhan-tuhan buatan dan meninggalkan ibadah kepada Allah yang berhak untuk disembah semata? lalu apa dugaan kalian terhadap apa yang akan dilakukan oleh raabbul alamin bila kalian menyekutukannNya dengan menyembah selainNya?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

86. Apakah tuhan-tuhan bohong itu yang kalian sembah selain Allah?


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

86. أَئِفْكًا ءَالِهَةً دُونَ اللهِ تُرِيدُونَ (Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong?)
Apakah kalian menghendaki tuhan-tuhan selain Allah hanya karena kebohongan yang besar?
Makna (الإفك) yakni kebohongan yang paling busuk.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

86. Apakah kalian menghendaki “Ifkun” yaitu seburuk-buruknya dusta. Hamzah tersebut adalah istifham taubikhi. Apakah kalian menghendaki tuhan selain Allah hanya karena dusta?. Maknanya adalah apakah yang kalian lakukan berupa menjadikan Tuhan selain Allah itu benar, bukan karena dusta?


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Apakah kebohongan} Apakah kebohongan {dengan sembahan selain Allah yang kalian kehendaki} yang kalian sembah


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

85-87. Di antara kesuciannya adalah ia suci dari sifat curang dan dengki terhadap manusia dan dari sifat-sifat (akhlak) yang buruk lainnya. Maka dari itu beliau telah berhasil menasehati manusia karena Allah, dan ia mulai dari ayahnya dan kaumnya. Allah berfirman, “ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya, ‘Apakah yang kamu sembah itu?’” ini adalah bentuk pertanyaan dengan maksud mengingkari dan mengukuhkan hujjah (argument) kepada mereka.
“Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong?” maksudnya, apakah kalian menyembah selain tuhan-tuhan secara dusta, padahal mereka bukan Tuhan dan ia tidak pantas disembah?!
“Maka apakah anggapanmu terhadap Rabb semesta alam,” kalau DIa bertindak terhadap kalian, sedangkan kalian telah menyembah selain DIa?! Ini adalah suatu peringatan keras bagi mereka akan balasan dengan azab jika mereka terus melakukan kesyirikan! Kekurangan (kelemahan) apa yang kalian duga terhadap Allah Tuhan semesta alam hingga kalian menjadikan tandingan dan sekutu bagiNYa?!


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 86: Maka ketika Ibrahim melihat mereka menggantungkan (ibadahnya) kepada bintang-bintang dan berhala-berhala, Ibrahim berkata dengan pengingkaran : Apakah kalian menjadikan sesembahan ini dan mengibadahi selain Allah, dan kalian mengharapkan padanya kebaikan dan syafaat, dan kalian meninggalkan penghambaan kepada Allah saja yang Maha Esa yang berhak diibadahi tanpa menyekutukan-Nya?


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Bisa juga maksudnya, apakah kamu menyembah tuhan-tuhan selain Allah yang sebenarnya bukan tuhan dan tidak pantas diibadahi?


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 86

Apakah kamu menghendaki kebohongan dengan sesembahan selain Allah itu sehingga kamu menganggap benar apa yang kamu lakukan' 87. Hanya Allah yang patut disembah. Maka, bagaimana anggapanmu terhadap tuhan seluruh alam jika kalian mengingkari-Nya, bahkan menyembah selain dia'.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Demikianlah beberapa penjabaran dari para ulama mengenai makna dan arti surat As-Saffat ayat 86 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita semua. Dukung kemajuan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Sering Dikunjungi

Kaji banyak halaman yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: At-Tahrim 8, Al-Insyiqaq, Ath-Thalaq 2-3, Al-Hujurat 10-12, Al-Alaq 1-5, Al-Insyirah 8. Ada pula At-Taubah 105, Al-Isra 26-27, At-Taubah 122, Al-Mu’minun, At-Takwir, Al-Baqarah 148.

  1. At-Tahrim 8
  2. Al-Insyiqaq
  3. Ath-Thalaq 2-3
  4. Al-Hujurat 10-12
  5. Al-Alaq 1-5
  6. Al-Insyirah 8
  7. At-Taubah 105
  8. Al-Isra 26-27
  9. At-Taubah 122
  10. Al-Mu’minun
  11. At-Takwir
  12. Al-Baqarah 148

Pencarian: qs al fatir ayat 1, alhamdulillah tulisan arabnya, surat al anfal ayat 8, ayat 6, surat alfalaq dan artinya

Dapatkan pahala jariyah dan juga dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Surat dan Ayat Rezeki

Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: