Surat Yasin Ayat 56

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

هُمْ وَأَزْوَٰجُهُمْ فِى ظِلَٰلٍ عَلَى ٱلْأَرَآئِكِ مُتَّكِـُٔونَ

Arab-Latin: Hum wa azwājuhum fī ẓilālin 'alal-arā`iki muttaki`ụn

Artinya: Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan.

« Yasin 55Yasin 57 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Berkaitan Surat Yasin Ayat 56

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 56 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa kandungan menarik dari ayat ini. Terdapat beberapa penjabaran dari banyak ulama tafsir terkait kandungan surat Yasin ayat 56, misalnya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Mereka dan pasangan-pasangan mereka merasakan kenikmatan dan duduk di atas ranjang yang berhias di bawah naungan yang teduh.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

56. Para penduduk surga dan pasangan mereka menikmati duduk dan istirahat di atas dipan-dipan indah, di bawah naungan yang teduh yang tidak dingin dan tidak pula panas.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

56. Mereka dan pasangan mereka bersenang-senang di atas ranjang-ranjang di bawah naungan Surga yang rindang.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

56. هُمْ وَأَزْوٰجُهُمْ فِى ظِلٰلٍ عَلَى الْأَرَآئِكِ مُتَّكِـُٔونَ (Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan)
Yakni mereka dalam peneduh seperti kemah dan kamar.
Makna (الأرائك) yakni Kasur-kasur yang ada dalam kamar.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

56. Mereka dan istri-istri halal mereka di surga berada dalam naungan pohon-pohon rindang. Mereka bersandar di atas dipan-dipan dan karpet-karpet yang penuh kenikmatan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Mereka dan pasangan-pasangan mereka berada di tempat yang teduh di atas ranjang} ranjang yang dihias {berkelambu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

55-56. setelah Allah menjelaskan bahwa setiap orang tidak akan dibalas kecuali menurut apa yang dikerjakannya, Allah lalu menjelaskan balasan kedua golongan itu. Allah memulai dengan menjelaskan balasan untuk para penghuni surga dan Dia mengabarkan bahwa mereka pada hari itu “bersenang-senang dalam kesibukan,” maksudnya, berada dalam kesibukan yang menyenangkan jiwa dan membuatnya merasakan kelezatan akan segala apa yang disuka oleh nafsunya, sedap dipandang mata dan didamba-dambakan oleh orang-orang yang mendambakannya. Diantara kesenangan itu adalah bertebarannya gadis-gadis cantik sebagaimana difirmankanNya “mereka dan istri-istri mereka” dari bidadari-bidadari yang memadukan semua unsur keelokan pada wajah, tubuh, dan akhlak, “berada dalam tempat yang teduh, diatas dipan-dipan,” yakni, dipan-dipan yang dihiasi dengan kain-kain bercorak sangat indah dan menarik, “bertelekan,” di atasnya, yang menunjukan puncak kesenangan, kedamaian dan kelezatan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 55-58
Allah SWT memberitahukan tentang penghuni surga bahwa mereka pada hari kiamat ketika mereka lepas dari segala kesulitan, mereka turun ke kebun-kebun surga. Mereka sibuk dengan apa yang mereka dapatkan berupa kenikmatan yang kekal dan kemenangan yang besar.
Isma'il bin Abi Khalid berkata tentang kesibukan dari apa yang didapatkan penghuni neraka berupa azabnya.
Mujahid berkata tentang firmanNya: (bersenang-senang dalam kesibukan (mereka)) yaitu: dalam kenikmatan yang menakjubkan, demikian juga dikatakan Qatadah.
Ibnu Abbas berkata bahwa mereka merasa senang.
Ibnu Abbas, Sa'id Al-Musayyib, Ikrimah, Al-Hasan, Qatadah, dan Al-A'masy berkata tentang firman Allah SWT: (Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka)) mereka berkata bahwa kesibukan mereka adalah dalam kenikmatan dengan para perawan.
FirmanNya: (Mereka dan pasangan-pasangannya) Mujahid berkata: Dan wanita-wanita halal mereka (berada dalam tempat yang teduh) yaitu dalam naungan pepohonan, (bersandar di atas dipan-dipan).
Ibnu Abbas, Mujahid, Ikrimah, Al-Hasan, Qatadah, dan As-Suddi berkata: (dipan-dipan) yaitu ranjang di balik hijab-hijab,
(Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan) yaitu: dari semua jenis buah-buahan, (dan memperoleh apa saja yang mereka inginkan) yaitu: bagaimanapun yang mereka inginkan dari berbagai jenis sesuatu yang lezat.
((Kepada mereka dikatakan), "Salām," sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang) sebagaimana firmanNya SWT: (Penghormatan mereka (orang-orang mukmin itu) ketika mereka menemui-Nya ialah, "Salam,") [Surah Al-Ahzab: 44)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 56: Allah mengabarkan bahwasanya ahli surga dan orang-orang yang mengikuti mereka dari kekasih-kekasih mereka (di dunia), bersenang-senang di dalam surga, (dan) mereka beristirahat di dalamnya dengan kesenangan yang menenangkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Berupa bidadari yang bermata jeli yang cantik parasnya, indah tubuhnya dan baik akhlaknya.

Di balik pepohonan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 56

Orang-orang beriman itu bersenang-senang di surga. Mereka dan pasangan-pasangannya di surga berada dalam tempat yang teduh, bersandar di atas dipan-dipan sambil berbincang dan menikmati berbagai rezeki dari Allah. 57. Di surga itu mereka memperoleh berbagai macam buah-buahan yang segar lagi lezat (lihat pula: surah ad-dukh'n/44: 55) dan memperoleh apa saja yang mereka inginkan dari berbagai macam kebutuhan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beragam penjelasan dari banyak mufassirun berkaitan kandungan dan arti surat Yasin ayat 56 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita. Dukunglah perjuangan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Sering Dikunjungi

Tersedia berbagai topik yang paling sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-A’la, Seribu Dinar, An-Naba, Al-Qadr, Do’a Setelah Adzan, Al-Isra 32. Termasuk Al-Hujurat 13, Adh-Dhuha, Al-Fatihah, Al-Falaq, Al-Kafirun, Yusuf 28.

  1. Al-A’la
  2. Seribu Dinar
  3. An-Naba
  4. Al-Qadr
  5. Do’a Setelah Adzan
  6. Al-Isra 32
  7. Al-Hujurat 13
  8. Adh-Dhuha
  9. Al-Fatihah
  10. Al-Falaq
  11. Al-Kafirun
  12. Yusuf 28

Pencarian: hud, surah wal asri, surat al jalalah, al baqarah ayat 245, yasin arab dan latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: