Surat Yasin Ayat 55

إِنَّ أَصْحَٰبَ ٱلْجَنَّةِ ٱلْيَوْمَ فِى شُغُلٍ فَٰكِهُونَ

Arab-Latin: Inna aṣ-ḥābal-jannatil-yauma fī syugulin fākihụn

Artinya: Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka).

« Yasin 54Yasin 56 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Berkaitan Dengan Surat Yasin Ayat 55

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 55 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan kandungan berharga dari ayat ini. Diketemukan kumpulan penjabaran dari para mufassirun terkait isi surat Yasin ayat 55, misalnya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya penduduk surga di hari itu sibuk dengan berbagai macam kenikmatan yang mereka rasakan, sehingga mereka tidak menghiraukan orang lain.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

55. Pada hari itu para penduduk surga tersibukkan dari selain mereka dengan segala jenis kenikmatan yang mereka rasakan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

55. Sesungguhnya penghuni Surga pada hari Kiamat sangat sibuk sehingga tidak bisa memikirkan orang lain, karena mereka menyaksikan kenikmatan abadi, kemenangan besar, mereka sedang berbahagia dan bersuka cita.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

55. إِنَّ أَصْحٰبَ الْجَنَّةِ الْيَوْمَ فِى شُغُلٍ (Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu dalam kesibukan (mereka))
Dengan segala kenikmatan yang tidak pernah dilihat sebelumnya, tidak pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah terbesit pada hati manusia. Mereka sibuk dengan kenikmatan itu sehingga lalai dari urusan orang-orang kafir dan kesudahan mereka di neraka, walau mereka adalah kerabat mereka.

فٰكِهُونَ (untuk bersenang-senang)
Yakni menikmatinya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

55. Sesungguhnya penduduk surga itu berada dalam kenyamanan dan kenikmatan ketika hari kiamat yang mana manusia berada dalam kondisi sibuk satu sama lain.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu berada dalam kesibukan} dalam kenikmatan yang agung yang mengalihkan mereka dari orang lain {lagi bersenang-senang} bersenang-senang dan merasa nyaman


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

55-56. setelah Allah menjelaskan bahwa setiap orang tidak akan dibalas kecuali menurut apa yang dikerjakannya, Allah lalu menjelaskan balasan kedua golongan itu. Allah memulai dengan menjelaskan balasan untuk para penghuni surga dan Dia mengabarkan bahwa mereka pada hari itu “bersenang-senang dalam kesibukan,” maksudnya, berada dalam kesibukan yang menyenangkan jiwa dan membuatnya merasakan kelezatan akan segala apa yang disuka oleh nafsunya, sedap dipandang mata dan didamba-dambakan oleh orang-orang yang mendambakannya. Diantara kesenangan itu adalah bertebarannya gadis-gadis cantik sebagaimana difirmankanNya “mereka dan istri-istri mereka” dari bidadari-bidadari yang memadukan semua unsur keelokan pada wajah, tubuh, dan akhlak, “berada dalam tempat yang teduh, diatas dipan-dipan,” yakni, dipan-dipan yang dihiasi dengan kain-kain bercorak sangat indah dan menarik, “bertelekan,” di atasnya, yang menunjukan puncak kesenangan, kedamaian dan kelezatan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 55-58
Allah SWT memberitahukan tentang penghuni surga bahwa mereka pada hari kiamat ketika mereka lepas dari segala kesulitan, mereka turun ke kebun-kebun surga. Mereka sibuk dengan apa yang mereka dapatkan berupa kenikmatan yang kekal dan kemenangan yang besar.
Isma'il bin Abi Khalid berkata tentang kesibukan dari apa yang didapatkan penghuni neraka berupa azabnya.
Mujahid berkata tentang firmanNya: (bersenang-senang dalam kesibukan (mereka)) yaitu: dalam kenikmatan yang menakjubkan, demikian juga dikatakan Qatadah.
Ibnu Abbas berkata bahwa mereka merasa senang.
Ibnu Abbas, Sa'id Al-Musayyib, Ikrimah, Al-Hasan, Qatadah, dan Al-A'masy berkata tentang firman Allah SWT: (Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka)) mereka berkata bahwa kesibukan mereka adalah dalam kenikmatan dengan para perawan.
FirmanNya: (Mereka dan pasangan-pasangannya) Mujahid berkata: Dan wanita-wanita halal mereka (berada dalam tempat yang teduh) yaitu dalam naungan pepohonan, (bersandar di atas dipan-dipan).
Ibnu Abbas, Mujahid, Ikrimah, Al-Hasan, Qatadah, dan As-Suddi berkata: (dipan-dipan) yaitu ranjang di balik hijab-hijab,
(Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan) yaitu: dari semua jenis buah-buahan, (dan memperoleh apa saja yang mereka inginkan) yaitu: bagaimanapun yang mereka inginkan dari berbagai jenis sesuatu yang lezat.
((Kepada mereka dikatakan), "Salām," sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang) sebagaimana firmanNya SWT: (Penghormatan mereka (orang-orang mukmin itu) ketika mereka menemui-Nya ialah, "Salam,") [Surah Al-Ahzab: 44)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 55: Allah mengabarkan bahwasanya ahli surga pada hari kiamat menikmati dengan kenikmatan surga, mereka bersenang-senang di dalamnya dengan apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah terbetik dalam hati manusia.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan bahwa setiap orang tidaklah dibalas kecuali sesuai amal yang dia kerjakan, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan balasan untuk kedua golongan (golongan penghuni surga dan golongan penghuni neraka). Allah memulai dengan balasan kepada penghuni surga, bahwa ketika mereka pindah dari beberapa area di hari Kiamat lalu mereka menempati taman-taman surga, mereka berada dalam kesibukan sehingga tidak memperhatikan yang lain karena kenikmatan yang kekal di dalamnya dan keberuntungan yang besar. Al Hasan Al Bashri berkata, “(Mereka) berada dalam kesibukan (sehingga tidak mempedulikan) penduduk neraka yang sedang merasakan azab.” Menurut Mujahid tentang firman Allah Ta’ala, “Bersenang-senang dalam kesibukan (mereka).” Yakni mereka berada dalam kesenangan dan berbangga dengannya. Sedangkan menurut Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Al Hasan, dan Qatadah tentang firman Allah tersebut, “Yakni mereka disibukkan dengan memecahkan keperawanan (istri mereka yang cantik).”

Meskipun mereka sibuk, namun mereka tidak pernah lelah.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 55

Beralih dari penjelasan tentang keniscayaan hari kiamat dan kebangkitan, Allah kemudian menggambarkan kebahagiaan orang mukmin di surga. Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan mereka. Mereka merasakan kesenangan dan kenikmatan yang belum pernah mereka temukan, keindahan yang belum pernah mereka lihat, dan suara menyejukkan kalbu yang belum pernah mereka dengar. 56. Orang-orang beriman itu bersenang-senang di surga. Mereka dan pasangan-pasangannya di surga berada dalam tempat yang teduh, bersandar di atas dipan-dipan sambil berbincang dan menikmati berbagai rezeki dari Allah.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beragam penjabaran dari kalangan ahli tafsir berkaitan makna dan arti surat Yasin ayat 55 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi kita bersama. Sokong usaha kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Sering Dicari

Nikmati ratusan topik yang sering dicari, seperti surat/ayat: Do’a Setelah Adzan, Al-Isra 32, Al-A’la, An-Naba, Al-Kafirun, Adh-Dhuha. Juga Al-Fatihah, Al-Falaq, Yusuf 28, Seribu Dinar, Al-Qadr, Al-Hujurat 13.

  1. Do’a Setelah Adzan
  2. Al-Isra 32
  3. Al-A’la
  4. An-Naba
  5. Al-Kafirun
  6. Adh-Dhuha
  7. Al-Fatihah
  8. Al-Falaq
  9. Yusuf 28
  10. Seribu Dinar
  11. Al-Qadr
  12. Al-Hujurat 13

Pencarian: al baqarah ayat 5, at tin dan artinya, al ankabut ayat 17, al mudatsir ayat 38, al baqarah ayat 1 sampai 5

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: