Surat Yasin Ayat 54

فَٱلْيَوْمَ لَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْـًٔا وَلَا تُجْزَوْنَ إِلَّا مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Arab-Latin: Fal-yauma lā tuẓlamu nafsun syai`aw wa lā tujzauna illā mā kuntum ta'malụn

Terjemah Arti: Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikitpun dan kamu tidak dibalasi, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Yasin Ayat 54

Tersedia sekumpulan penjelasan dari kalangan mufassirin terkait makna surat Yasin ayat 54, sebagiannya sebagaimana termaktub:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Di hari itu hisab terlaksana dengan adil, suatu jiwa tidak dizhalimi sedikitpun dengan dikurangi kebaikannya atau ditambah keburukannya, dan kalian tidak dibalas kecuali dengan apa yang dulu kalian kerjakan di dunia.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

54. Keputusan pada hari itu ditetapkan dengan adil. Kalian -wahai para hamba- tidak dizalimi sedikit pun, keburukan kalian tidak ditambah, kebaikan kalian tidak dikurangi, akan tetapi kalian mendapatkan balasan sempurna atas apa yang kalian perbuat di dunia.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

54. Pada hari yang besar itu pembalasan akan dilakukan secara adil; tidak akan ada yang terzalimi dengan pengurangan balasan kebaikan atau penambahan balasan keburukan, namun semuanya akan mendapat balasan masing-masing apa yang telah mereka lakukan di dunia, jika mereka melakukan kebaikan maka akan mendapat balasan kebaikan, dan jika mereka melakukan keburukan maka akan mendapat balasan keburukan.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

54. Pada hari kiamat, tidak ada satupun jiwa yang terzalimi dengan pengurangan pahalanya atau penambahan hukumannya. Kalian juga tidak dibalas kecuali sesuai amal perbuatan yang kalian kerjakan di dunia


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

54. “maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikitpun” tidak dikurangi sedikitpun dari amal kebajikannya dan tidak pula ditambah amal-amal buruknya, “dan kamu tidak dibalasi, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan,” dari kebaikan dan kejahatan.
Barangsiapa yang menemukan kebaikan, maka hendaklah ia memuji Allah, dan siapa saja yang menjumpai lain dari itu, maka hendaklah ia tidak mencela kecuali terhadap dirinya sendiri.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 54: Pada hari ini, yaitu hari kiamat, hari dimana dibalas dan dihisab, Tidak seorangpun di dzolimi atas diri mereka meskipun hanya sedikit. Juga tidak dikurangi dari kebaikan mereka secara zalim, tidak juga ditambah kejelekan mereka secara zalim, serta tidak juga dibalas satupun kecuali dengan apa yang telah di amalkan mereka di dunia. Maka jika baik, akan dibalas dengan kebaikan dan apabila buruk akan dibalas dengan keburukan.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni tidak akan dikurangi kebaikannya dan tidak akan ditambah keburukannya.

Baik atau buruk. Barang siapa yang mendapatkan kebaikan, maka hendaknya ia memuji Allah terhadap hal itu, dan barang siapa yang mendapatkan kebalikannya, maka jangan ada yang ia cela selain dirinya.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 54

Maka pada hari kebangkitan itu seseorang tidak akan dirugikan sedikit pun dalam menerima imbalan atau balasan dari Allah atas amal perbu-atan mereka, dan kamu tidak akan diberi balasan berupa siksa atau pahala kecuali sesuai dengan apa yang telah kamu kerjakan di dunia. 55. Beralih dari penjelasan tentang keniscayaan hari kiamat dan kebangkitan, Allah kemudian menggambarkan kebahagiaan orang mukmin di surga. Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan mereka. Mereka merasakan kesenangan dan kenikmatan yang belum pernah mereka temukan, keindahan yang belum pernah mereka lihat, dan suara menyejukkan kalbu yang belum pernah mereka dengar.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah sekumpulan penjabaran dari berbagai ahli tafsir berkaitan kandungan surat Yasin ayat 54, semoga berfaidah untuk kita semua. Dukung syi'ar kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Yasin Ayat 55 Arab-Latin, Yasin Ayat 56 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Yasin Ayat 57, Terjemahan Tafsir Yasin Ayat 58, Isi Kandungan Yasin Ayat 59, Makna Yasin Ayat 60

Kategori: Surat Yaa Siin

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi