Surat Yasin Ayat 49

مَا يَنظُرُونَ إِلَّا صَيْحَةً وَٰحِدَةً تَأْخُذُهُمْ وَهُمْ يَخِصِّمُونَ

Arab-Latin: Mā yanẓurụna illā ṣaiḥataw wāḥidatan ta`khużuhum wa hum yakhiṣṣimụn

Artinya: Mereka tidak menunggu melainkan satu teriakan saja yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar.

« Yasin 48Yasin 50 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Mengenai Surat Yasin Ayat 49

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 49 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan kandungan menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan sekumpulan penafsiran dari beragam pakar tafsir terhadap isi surat Yasin ayat 49, misalnya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Orang-orang yang musyrik yang berharap disegerakannya ancaman Allah tersebut tidak menunggu kecuali tiupan al-faza saat kiamat tiba yang menghancurkan mereka sedang sibuk dengan urusan hidup mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

49. Antara mereka dengan apa yang mereka tunggu itu tidak lain hanyalah tiupan kehancuran pada hari kiamat yang membinasakan mereka secara tiba-tiba, saat mereka sedang berselisih pada urusan dunia, sehingga seketika itu juga mereka menjadi mayat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

49. Orang-orang yang mendustakan Kebangkitan dan menilainya tidak mungkin itu tidak menunggu kecuali tiupan pertama saat sangkakala ditiup, suaranya mengejutkan mereka padahal saat itu mereka sedang sibuk dengan urusan dunia, jual beli, mengurus kebun, menggembala dan sebagainya dari kesibukan-kesibukan dunia.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

49. مَا يَنظُرُونَ إِلَّا صَيْحَةً وٰحِدَةً (Mereka tidak menunggu melainkan satu teriakan saja)
Yakni tipuan sangkakala oleh malaikat Israfil.

تَأْخُذُهُمْ وَهُمْ يَخِصِّمُونَ (yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar)
Yakni mereka sedang bertengkar dalam jual beli dan urusan dunia lainnya.
Kematian ini akan menimpa seluruh makhluk hidup.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

49-50

1 ). Apakah Anda tidak malu untuk memperlambat serangan maut, dengan mengikuti contoh rakyat jelata yang lalai, orang-orang yang { مَا يَنْظُرُونَ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً تَأْخُذُهُمْ وَهُمْ يَخِصِّمُونَ } "Mereka tidak menunggu melainkan satu teriakan saja yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar", Kemudian penyakit menimpa mereka; Peringatan akan kematian, agar mereka tidak dapat menolak, dan uban menghampiri mereka; Kemudian penyakit menimpa mereka; peringatan akan kematian, agar mereka tidak putus asa, dan uban akan menimpa mereka. Seorang Utusan dari-Nya dan mereka tidak mengambil pelajaran, { يَٰحَسْرَةً عَلَى ٱلْعِبَادِ ۚ مَا يَأْتِيهِم مِّن رَّسُولٍ إِلَّا كَانُوا۟ بِهِۦ يَسْتَهْزِءُونَ } "Alangkah besarnya penyesalan terhadap hamba-hamba itu, tiada datang seorang rasulpun kepada mereka melainkan mereka selalu memperolok-olokkannya." [Yasin : 30].

2 ). { فَلَا يَسْتَطِيعُونَ تَوْصِيَةً وَلَآ إِلَىٰٓ أَهْلِهِمْ يَرْجِعُونَ } "Lalu mereka tidak kuasa membuat suatu wasiatpun dan tidak (pula) dapat kembali kepada keluarganya." Seolah-olah wasiat adalah hal terpenting yang menjadi perhatian mereka yang dikejutkan dengan kematian, maka segeralah tuliskan wasiat Anda mulai sekarang. Anda tidak tahu apa yang ditentukan kepada Anda.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

49. Apa yang ditunggu mereka tidak lain kecuali satu suara (suara yang sangat menggelisahkan lagi menghancurkan) yaitu tiupan sangkakala pertama oleh Israfil. Gambarannyaa yaitu tiupan yang mana seluruh makhluk akan mati. Suara itu membinasakan mereka dengan cepat. Mereka saling bertengkar dalam jual-beli dan urusan-urusan dunia.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka tidak hanya menunggu} mereka tidak menunggu {melainkan hanya satu teriakan yang akan membinasakan mereka dan mereka dalam keadaan bertengkar} bertengkar tentang urusan dunia mereka, lalu mereka mati di tempat mereka


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

48-49. “dan mereka berkata,” dengan nada mendustakan dan minta agar disegerakan, “bilakah janji ini jika kamu adalah orang-orang yang benar?” Allah mengatakan, jangan kalian menganggap tidak mungkin, sebab ia sudah dekat, “mereka tidak menunggu melainkan satu teriakan saja,” yaitu tiupan sangkakala “yang akan mengambil mereka.” Maksudnya, menimpa mereka, “ketika mereka sedang bertengkar,” yakni, mereka sedang ada dalam keadaan lalai darinya, sama sekali tidak terlintas dalam htai mereka saat mereka bertengkar dan berseteru di antara sesama mereka, yang biasanya tidak ada kecuali pada waktu lalai.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 48-50
Allah SWT memberitahukan tentang keyakinan orang-orang kafir yang menganggap mustahil terjadinya hari kiamat yang berkata: (Bilakah (terjadinya) janji ini?) dan (Orang-orang yang tidak beriman kepada hari kiamat meminta supaya hari itu segera didatangkan) (Surah Asy-Syura: 18) Allah SWT berfirman: (Mereka tidak menunggu melainkan satu teriakan saja yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar (49)) yaitu, tidak ada yang mereka tunggu melainkan hanya satu teriakan, dan ini hanya Allah yang lebih Mengetahui adalah tiupan sangkakala yang pertama. Ditiupkan pada sangkakala yaitu tiupan yang mengejutkan, dan manusia sedang berada di dalam pasar-pasar dan kehidupan mereka yang bersaing dan saling bertengkar di antara seperti biasanya. Ketika mereka sedang dalam keadaan seperti itu, tiba-tiba Allah SWT memerintahkan kepada malaikat Israfil. Maka Israfil melakukan tiupan yang cukup panjang, tidak ada seorangpun di permukaan bumi melainkan mendengar suara itu yang terdengar dari arah langit. Kemudian manusia yang ada digiring menuju ke padang Mahsyar pada hari kiamat dengan api yang meliputi mereka dari segala penjuru. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Lalu mereka tidak kuasa membuat suatu wasiat pun) yaitu terhadap apa yang mereka miliki, karena perkara itu lebih penting dari itu (dan tidak (pula) dapat kembali kepada keluarganya) Kemudian setelah tiupan kematian yang karenanya makhluk hidup mati semuanya selain Tuhan Yang Maha Hidup dan Maha Mengatur. Kemudian setelah itu tiupan kebangkitan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 49: Allah mengabarkan bahwasanya urusannya adalah mudah; maka tidaklah mereka akan mendengar kecuali sekali teriakan yang akan mematikan mereka, sedangkan mereka sering berselisih dalam urusan kehidupan mereka. Inilah tiupan pertama yang dinamakan dengan tiupan yang mematikan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Maksudnya, suara tiupan sangkalala pertama yang ditiup oleh malaikat Israfil yang menghancurkan bumi ini.

Yakni ketika mereka sedang lalai dan sibuk, baik dengan jual beli, tawar-menawar, makan, minum, dsb.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 49

Allah mengingatkan orang-orang kafir itu bahwa mereka tidak akan menunggu lama kedatangan hari kebangkitan, melainkan ha-Nya menunggu satu teriakan saja, yaitu tiupan sangkakala pertama yang menghancurkan alam semesta. Suara sangkakala itu yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar karena ia datang secara tiba-tiba (lihat pula: surah az-zukhruf/43: 66). 50. Tiupan sangkakala yang pertama itu terjadi dengan cepat dan tiba-tiba sehingga mereka tidak mampu membuat suatu wasiat atau pesan kepada keluarganya dan mereka juga tidak dapat kembali berkumpul kepada keluarganya lagi.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penafsiran dari beragam pakar tafsir terkait kandungan dan arti surat Yasin ayat 49 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita bersama. Support syi'ar kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Sering Dikaji

Tersedia berbagai topik yang paling sering dikaji, seperti surat/ayat: Yusuf 28, Al-Hujurat 13, Al-Kafirun, Seribu Dinar, Adh-Dhuha, Al-Falaq. Juga An-Naba, Do’a Setelah Adzan, Al-A’la, Al-Isra 32, Al-Qadr, Al-Fatihah.

  1. Yusuf 28
  2. Al-Hujurat 13
  3. Al-Kafirun
  4. Seribu Dinar
  5. Adh-Dhuha
  6. Al-Falaq
  7. An-Naba
  8. Do’a Setelah Adzan
  9. Al-A’la
  10. Al-Isra 32
  11. Al-Qadr
  12. Al-Fatihah

Pencarian: surat ar, al thariq, an nisa ayat 32, terjemahan surat al insyirah, al baqarah ayat 70

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.