Surat Yasin Ayat 36

سُبْحَٰنَ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْأَزْوَٰجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنۢبِتُ ٱلْأَرْضُ وَمِنْ أَنفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Sub-ḥānallażī khalaqal-azwāja kullahā mimmā tumbitul-arḍu wa min anfusihim wa mimmā lā ya'lamụn

Artinya: Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.

« Yasin 35Yasin 37 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Terkait Surat Yasin Ayat 36

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 36 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam hikmah menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan bermacam penafsiran dari banyak mufassir mengenai makna surat Yasin ayat 36, misalnya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maha suci Allah yang maha agung yang telah menciptakan berbagai macam makhluk seluruhnya meliputi berbagai macam tanaman di bumi ini, manusia, baik laki-laki maupun perempuan, dan makhluk-makhluk lainnya yang tidak mereka ketahui hanya Allah yang menciptakan sehinggga tidak patut ada selainnya yang dipersekutukan denganNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

36. Maha Suci Allah Yang Esa dalam menciptakan berbagai macam jenis tanaman yang tumbuh di bumi, manusia yang laki-laki dan perempuan, dan makhluk-makhluk lain yang tidak mereka ketahui.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

36. Mahasuci Allah lagi Mahatinggi yang telah menciptakan berbagai jenis tanaman dan buah-buahan, yang telah menciptakan manusia laki-laki dan perempuan dan yang telah menciptakan makhluk-makhluk lainnya yang tidak manusia ketahui di darat, laut dan lainnya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

36. سُبْحٰنَ الَّذِى خَلَقَ الْأَزْوٰجَ كُلَّهَا (Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya)
Makna (الأزواج) yakni dari segala jenis, sebab dari setiap jenis seperti kurma memiliki warna, rasa, dan bentuk yang berbeda-beda.
Namun pendapat lain mengatakan makna yang benar dari kata (الأزواج) adalah jenis jantan dan betina dari setiap tumbuhan dan hewan.

وَمِنْ أَنفُسِهِمْ (dan dari diri mereka)
Yakni Allah juga menciptakan pasangan-pasangan dari golongan mereka, yakni laki-laki dan perempuan dari golongan manusia.

وَمِمَّا لَا يَعْلَمُونَ (maupun dari apa yang tidak mereka ketahui)
Seperti jenis-jenis yang Allah ciptakan yang ada di daratan dan di lautan, di langit maupun di bumi.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

36. Maha suci Allah dari sesuatu yang tidak pantas. Dialah Dzat yang menciptakan beraneka ragam jenis sesuatu yang berbeda-beda yang ditumbuhkan kan oleh bumi berupa tanaman dan pohon-pohonan. Dia juga menciptakan pasangan dari diri mereka yaitu golongan laki-laki dan perempuan dari anak cucu Adam dan setiap sesuatu dari berbagai jenis makhluk yang mengagumkan serta ciptaan di daratan maupun lautan, serta di langit maupun bumi.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Maha suci Dzat yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan} beragam {baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri maupun dari apa yang tidak mereka ketahui


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

36. “Mahasuci Allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya,” yakni, semua jenis makhluk. “baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi,” dimana Dia aneka-ragamkan berbagai jenis tumbuhan, yang sangat sulit untuk bisa dihitung.
“dan dari diri mereka,” Dia meragamkannya juga menjadi laki-laki dan perempuan, Dia beda-bedakan bentuk tubuh, perangai, dan sifat-sifat lahiriyah dan batiniyah mereka, “maupun dari apa yang tidak mereka ketahui,” dari berbagai mahkluk yang telah diciptakan dan alpa dari pengetahuan kita, dan juga yang belum diciptakan.
Maka Mahasuci Allah dari sekutu, tandingan, penolong, pendukung atau istri, anak atau yang sama denganNya, serupa atau semisal denganNYa dalam sifat-sifat kesempurnaanNya dan sifat-sifat keagunganNYa, atau tidak mampu melakukan sesuatu yang dikehendakiNya. (maha suci Allah dari semua kekurangan itu).


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 33-36
Allah SWT berfirman: (Dan suatu tanda bagi mereka) yaitu menunjukkan adanya Pencipta dan kekuasaanNya yang sempurna, kemampuanNya menghidupkan yang telah mati (adalah bumi yang mati) yaitu ketika mati dan tandus, tidak ada tumbuhan pun padanya. Maka ketika Allah SWT menurunkan hujan padanya, maka menjadi subur dan menumbuhkan beragam tumbuhan yang indah. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan darinya biji-bijian, maka darinya mereka makan) yaitu, Kami menjadikannya sebagai rezeki bagi mereka dan ternak mereka (Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air (34))
yaitu Kami menjadikan padanya sungai-sungai yang mengalir di tempat-tempat yang memerlukannya agar mereka memakan buah-buahannya. Setelah menyebutkan karuniaNya kepada makhlukNya dengan menumbuhkan tanaman-tanaman bagi mereka, Dia mengaitkan dengan penyebutan buah-buahan, dan keberagamannya
Firman Allah (dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka) yaitu semuanya tidak lain karena rahmat Allah SWT kepada mereka, bukan karena usaha dan jerih payah mereka, bukan juga karena kemampuan dan kekuatan mereka. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?) yaitu, mengapa mereka tidak mensyukuri nikmat yang telah dilimpahkan Allah kepada mereka yang tidak terhitung. Ibnu Jarir memilih bahkan menetapkannya, dan tidak ada yang meriwayatkan pendapat ini selain dia, kecuali bahwa huruf "maa" dalam firmanNya: (dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka) Bermakna "al-ladzi" yang maknannya adalah agar mereka dapat makan dan buahnya yang diusahakan oleh tangan mereka, yaitu apa yang mereka tanam dan semai. Dia berkata bahwa demikianlah bacaan Ibnu Mas ud (supaya mereka dapat makan dari buahnya yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi) yaitu berbagai macam tanaman, buah-buahan, dan tumbuhan (dan dari diri mereka sendiri) Maka Dia menjadikan mereka ada yang laki-laki dan yang perempuan (maupun dari apa yang tidak mereka ketahui) yaitu dari berbagai makhluk yang tidak mereka ketahui. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah (39)) (Surah Adz-Dzariyat)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 36: Kemudian Allah memuji atas Dzatnya, Allah Maha Suci dan membersihkan dimana Allah yang menciptakan makhluk semuanya, yang menciptakan segala sesuatu beraneka ragam dan saling berkesesuaian dengan kesempurnaan satu sama lain. Allah menciptakan apa yang tumbuh dari bumi yaitu berupa pepohonan, tumbuh-tumbuhan yang beraneka ragam serta Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan laki-laki dan wanita. Allah juga menciptakan kelompok-kelompok yang berbondong-bondong yang banyak, dimana manusia tidak mengetahuinya dan nampak baginya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Mahasuci Dia dari adanya sekutu, pembantu, istri, anak, tandingan dan adanya serupa.

Sebagaimana yang kita saksikan, beraneka macam dan berpasang-pasangan pepohonan yang tumbuh dari bumi.

Seperti laki-laki dan perempuan.

Berupa makhluk-makhluk yang menakjubkan dan asing bagi kita.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 36

Mahasuci Allah dari sifat yang tidak layak bagi-Nya, dialah yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, yaitu keturunan nabi adam dari jenis laki-laki dan perempuan, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui dari semua ciptaan Allah yang terbentang di alam semesta. 37. Dan suatu tanda kebesaran Allah bagi mereka adalah datangnya waktu malam. Ketika malam tiba, kami tanggalkan siang dari malam itu, maka seketika itu mereka berada dalam kegelapan malam.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah bermacam penjelasan dari beragam ulama terkait kandungan dan arti surat Yasin ayat 36 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita bersama. Support usaha kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Sering Dilihat

Kaji ratusan halaman yang sering dilihat, seperti surat/ayat: An-Naba, Al-Fatihah, Adh-Dhuha, Al-Isra 32, Al-A’la, Do’a Setelah Adzan. Serta Al-Hujurat 13, Al-Kafirun, Seribu Dinar, Yusuf 28, Al-Falaq, Al-Qadr.

  1. An-Naba
  2. Al-Fatihah
  3. Adh-Dhuha
  4. Al-Isra 32
  5. Al-A’la
  6. Do’a Setelah Adzan
  7. Al-Hujurat 13
  8. Al-Kafirun
  9. Seribu Dinar
  10. Yusuf 28
  11. Al-Falaq
  12. Al-Qadr

Pencarian: ad duha latin, surat al qiyamah latin, chordtela aku yang malang 4, an nisa 59, surat 9 ayat 3

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: