Quran Surat Yasin Ayat 10

وَسَوَآءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

Arab-Latin: Wa sawā`un 'alaihim a anżartahum am lam tunżir-hum lā yu`minụn

Terjemah Arti: Sama saja bagi mereka apakah kamu memberi peringatan kepada mereka ataukah kamu tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman.

Tafsir Quran Surat Yasin Ayat 10

Sama saja bagi orang-orang kafir yang menentang itu, apakah kamu (wahai Rasul) memperingatkan mereka atau tidak memperingatkan, mereka tetap tidak akan membenarkan dan tidak akan beramal.

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

10. Sama saja bagi orang-orang kafir yang menentang kebenaran itu, apakah kamu -wahai Muhammad- memperingatkan mereka atau tidak, mereka tetap tidak akan membenarkan apa yang kamu datangkan dari sisi Allah.

📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

10-11. Dan sama saja bagi mereka; apakah kamu memberi mereka peringatan ataupun tidak; sebab mereka akan tetap dalam kekafiran meski mereka telah mendapat peringatan.

Orang yang mendapat manfaat dari peringatan hanyalah orang yang mengikuti dan mengamalkan al-Qur’an, dan takut kepada Allah meski di saat sendiri. Berilah kabar gembira kepadanya, berupa ampunan yang agung dan pahala yang besar di surga atas ketaatan dan ketakwaannya.

📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

10. وَسَوَآءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ (Sama saja bagi mereka apakah kamu memberi peringatan kepada mereka ataukah kamu tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman)
Yakni kamu memberi mereka peringatan maupun tidak, sama saja bagi mereka, karena peringatan itu tidak akan bermanfaat bagi mereka, selama mereka tidak mau menerima kebenaran dan tunduk kepada Allah.

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

10. Adanya peringatanmu tentang azab akhirat terhadap orang-orang kafir itu sama saja dengan tidak adanya peringatanmu, yaitu tidak berguna bagi mereka. Mereka juga tidak beriman kepada risalahmu.

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Allah mengabarkan bahwa mereka orang-orang kafir keadaan mereka sama saja ketika diberikan peringatan oleh Nabi dan mereka meninggalkan peringatan itu, mereka tidak membenarkan apa yang datang dari nabi selamanya.

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Yakni bagaimana akan beriman orang yang telah dicap hatinya, di mana ia sudah melihat yang hak sebagai kebatilan dan yang batil sebagai hak.

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Itu membuktikan bahwa peringatan apa pun sama sekali tidak ada pengaruhnya bagi kaum kafir. Dan sama saja bagi mereka, apakah engkau, wahai nabi Muhammad, memberi peringatan kepada mereka akan adanya azab atau engkau tidak memberi peringatan kepada mereka; pada akhirnya mereka tetap tidak akan beriman juga. Itu semua diakibatkan oleh keengganan mereka menerima petunjuk Allah yang disampaikan oleh para rasul. 11. Untuk meneguhkan hati nabi Muhammad atas penolakan kaum kafir mekah, sesungguhnya engkau hanya memberi peringatan kepada orang-orang yang mau mengikuti peringatan, yakni peringatanmu hanya berguna bagi mereka yang mau mengikuti, yang percaya akan surga, dan yang takut berbuat durhaka kepada tuhan yang maha pengasih karena mereka yakin tuhan selalu mengawasi, walaupun mereka tidak melihat-Nya. Maka, berilah mereka kabar gembira dengan ampunan yang menghapus dosa-dosa mereka dan pahala yang mulia, yaitu surga.

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Terkait: « | »

Kategori: 036. Yaa Siin