Quran Surat Yasin Ayat 2

وَٱلْقُرْءَانِ ٱلْحَكِيمِ

Arab-Latin: Wal-qur`ānil-ḥakīm

Terjemah Arti: Demi Al Quran yang penuh hikmah,

Tafsir Quran Surat Yasin Ayat 2

2-4. Allah bersumpah dengan al-Qur’an yang muhkam yang di dalamnya terkandung hokum-hukum, hikmah-hikmah dan hujjah-hujjah, bahwa sesungguhnya kamu (wahai Rasul) benar-benar termasuk orang-orang yang diutus oleh Allah dengan wahyuNya kepada hamba-hambaNya, yang berjalan di atas jalan lurus lagi seimbang, yaitu Islam.

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

2. Allah bersumpah dengan Al-Qur`ān yang ayat-ayatnya disusun dengan sangat rapi, tidak disusupi kebatilan dari depan dan belakangnya.

📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

2. وَالْقُرْءَانِ الْحَكِيمِ (Demi Al Quran yang penuh hikmah)
Allah bersumpah bagi Nabi Muhammad dengan al-Qur’an yang mengandung hikmah, bahwa Muhammad adalah rasul yang diutus Allah agar tidak ada yang meragukan bahwa dia adalah seorang rasul.

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

2. Aku Allah bersumpah demi Al-Qur’an yang dengan susunan menakjubkan dan makna luar biasa, memberi hikmah bahwa Muhammad adalah utusan dari sisi Allah. Ayat ini diturunlan saat orang-orang dari suku Quraisy berencana membawa Rasulallah SAW yang bacaan surah Sajdahnya membuat mereka merasa kesakitan sehingga meletakkan tangan mereka di leher dan berkata: “Wahai Muhammad, kami mencari Allah dan kasih sayang” lalu nabi (Muhammad) berdoa sampai hal tersebut menghilang dari mereka, lalu turunlah ayat ini dan ayat setelahnya sampai ayat ke-10

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

2-4. Surat ini diawali dengan sumpah Allah terhadap Al Qur’an Al Adziem, yang muhkam atas nasihat, serta syariat-syariat dan adab-adab yang terpuji di dalamnya. Dan dengan kebenaran Al Qur’an ini, maka sunggu engkau wahai Nabi Allah, adalah sebagian dari hamba Allah yang diutus. Engkau adalah termasuk orang yang koko di atas jalan yang terang yaitu jalan islam. Ini adalah persaksian dari Allah atas Muhammad ﷺ atas syariat yang agung.

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Ini adalah sumpah Allah Subhaanahu wa Ta'aala dengan Al Qur’anul Karim, di mana sifatnya adalah hikmah (bijaksana) dan menempatkan sesuatu pada tempatnya, perintahnya tepat dan larangannya tepat, memberikan balasan pada tempatnya, hukum-hukum syar’i dan jaza’i(balasan)nya juga penuh dengan hikmah. Di antara kebijaksanaan Al Qur’an adalah menggabung antara menyebutkan hukum dengan hikmahnya, mengingatkan akal terhadap hal-hal yang sesuai dan sifat-sifat yang menghendaki untuk dihukumi.

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Lalu Allah berfirman, 'aku bersumpah demi Al-Qur'an yang penuh hikmah, yakni pasti benarnya dan tidak ada sedikit pun yang tidak benar di dalamnya. 3. Aku bersumpah bahwa sungguh, engkau adalah salah seorang dari rasul-rasul, wahai nabi Muhammad. Engkau kami utus untuk mengingatkan manusia dan memberi mereka petunjuk guna meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Terkait: « | »

Kategori: 036. Yaa Siin