Surat Yasin Ayat 1

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يسٓ

Arab-Latin: Yā sīn

Artinya: Yaa siin

« Fatir 45Yasin 2 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Berkaitan Surat Yasin Ayat 1

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 1 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran penting dari ayat ini. Terdokumentasi beberapa penjabaran dari para ulama berkaitan isi surat Yasin ayat 1, sebagiannya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

(Yasin). Pembicaraan tentang huruf-huruf terpisah-pisah (di awal surat seperti ini) telah hadir di awal Surat al-baqarah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

1-2. Huruf-huruf al-Muqattha’ah yang menjadi pembuka beberapa surat mengandung isyarat pada keagungan dan mukjizat al-Qur’an yang diturunkan dalam bahasa Arab dengan huruf-hurufnya. Dan tantangan untuk mendatangkan sesuatu yang semisal al-Qur’an tetap berlaku hingga sekarang, dan ini menjadi saksi bahwa al-Qur’an adalah kalamullah dan risalah-Nya yang ditujukan bagi manusia.

Allah bersumpah dengan firman-Nya yang menjadi kalam yang paling mulia untuk diucapkan dan senantiasa diperdengarkan dengan penuh kekhusu’an. Ia mengandung banyak hikmah dan ilmu; dan ia terlindungi sehingga tidak ada tangan yang mampu merubahnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

1. Yā Sīn. Pembahasan tentang huruf-huruf semacam ini sudah ada di awal surah Al-Baqarah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

1. يسٓ (Yaa siin)
Penjelasan tentang huruf-huruf muqattha’ah seperti ini telah disebutkan pada awal surat al-Baqarah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Keutamaan: Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Imam Hakim dari Muaqqal bin Yasar (itu adalah hadits Hasan) dari Nabi SAW bersabda: “Bacakanlah surah Yasin untuk orang-orang mati kalian, karena di dalamnya ada petunjuk tentang hari kebangkitan, kekuasaan dan keesaan Tuhan dengan menghidupkan bumi yang mati dan penyebutan ayat-ayat kauniyyah.

1. {Yaasiin} : Yaa’ dan Siin. Perumpamaan lainnya berupa huruf-huruf hijaiyyah yang terpisah-pisah di awal-awal surah itu berfungsi untuk memberi perhatian sesuatu setelahnya dan menunjukkan betapa kokohnya Al-Qur’an dan menentang bangsa Arab, karena Al-Qur’an itu tersusun dari huruf-huruf yang membentuk suatu kalam dan mereka ahli dalam menyusunnya. Kelemahan mereka (dalam hal itu) adalah sejelas-jelas hujjah bagi mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Yā Sīn


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-7
Telah disebutkan penjelasan tentang huruf-huruf hijaiyyah di permulaan surah Al-Baqarah. Diriwayatkan dari Ikrimah, bahwa Yasin artinya wahai manusia.
Malik bin Zaid bin Aslam berkata bahwa Yasin adalah salah satu dari asma Allah SWT.
(Demi Al-Qur'an yang penuh dengan hikmah) yaitu yang muhkam yang tidak datang kepadanya kebathilan, baik dari depan maupun dari belakang (sesungguhnya kamu) Wahai Muhammad (salah seorang dari rasul-rasul (3) (yang berada) di atas jalan yang lurus (4)) yaitu, berada pada suatu tuntunan, agama yang benar, dan syariat yang lurus ((sebagai wahyu) yang diturunkan oleh Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang (5)) yaitu jalan, tuntunan dan agama yang kamu sampaikan ini diturunkan dari Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang untuk hamba-hambaNya yang beriman. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus (52) (yaitu) jalan Allah yang kepunyaan-Nya segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Ingatlah, bahwa kepada Allah-lah kembali semua urusan (53)) (Surah Asy-Syura)
Firman Allah SWT: (agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapak mereka belum pernah diberi peringatan, karena itu mereka lalai) (6)) yaitu orang-orang Arab, karena sesungguhnya belum pernah datang kepada mereka seorang pemberi peringatan sebelum beliau. Penyebutan 'mereka secara tersendiri, bukan berarti meniadakan yang lainnya. Sebagaimana penyebutan beberapa orang tertentu, tidak meniadakan pengertiannya secara umum. Telah disebutkan ayat-ayat dan hadits-hadits yang mutawatir tentang keumuman dari pengutusan nabi Muhammad SAW pada firmanNya: (Katakanlah, "Hai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah untuk kalian semuanya”) (Surah Al-A'raf: 158)
Firman Allah SWT: (Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka) Ibnu Jarir berkata bahwa azab Allah pasti kepada sebagian besar mereka, bahwa Allah SWT menetapkan kepada mereka di dalam Lauhil Mahfuz, bahwa mereka tidak beriman (karena mereka tidak beriman) kepada Allah dan tidak membenarkan para rasulNya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 1: Telah berlalu penjelasan dari huruf muqatha'ah di awal surat Al Baqarah. Dan berkata sebagian ahli tafsir: Yasin adalah nama surat, dan berkata Ibnu Abbas: Sesungguhnya maknanya adalah wahai manusia, dengan sebagian lahjah Arobiyah, dan berkata Ibnu Hanifiyyah: Ia adalah nama Nabi Muhammad dengan dalil firman Allah "Sesungguhnya engkau sebagian dan utusan".


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 1

Allah memulai surah ini dengan huruf y' s'n. 2. Lalu Allah berfirman, 'aku bersumpah demi Al-Qur'an yang penuh hikmah, yakni pasti benarnya dan tidak ada sedikit pun yang tidak benar di dalamnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah berbagai penjelasan dari kalangan mufassirun mengenai makna dan arti surat Yasin ayat 1 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita bersama. Dukung dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dicari

Terdapat berbagai konten yang cukup sering dicari, seperti surat/ayat: Al-Hujurat 13, An-Naba, Yusuf 28, Adh-Dhuha, Al-A’la, Al-Isra 32. Serta Seribu Dinar, Do’a Setelah Adzan, Al-Qadr, Al-Kafirun, Al-Fatihah, Al-Falaq.

  1. Al-Hujurat 13
  2. An-Naba
  3. Yusuf 28
  4. Adh-Dhuha
  5. Al-A’la
  6. Al-Isra 32
  7. Seribu Dinar
  8. Do’a Setelah Adzan
  9. Al-Qadr
  10. Al-Kafirun
  11. Al-Fatihah
  12. Al-Falaq

Pencarian: al hijr 94, al baqarah 229, doa yusuf ayat 4, surat alzalzalah, albaqarah ayat 155

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: