Surat Yasin Ayat 1

يسٓ

Arab-Latin: Yā sīn

Terjemah Arti: Yaa siin

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Yasin Ayat 1

Ditemukan kumpulan penjelasan dari kalangan ahli tafsir berkaitan kandungan surat Yasin ayat 1, antara lain sebagaimana di bawah ini:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

(Yasin). Pembicaraan tentang huruf-huruf terpisah-pisah (di awal surat seperti ini) telah hadir di awal Surat al-baqarah.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

1. Yā Sīn. Pembahasan tentang huruf-huruf semacam ini sudah ada di awal surah Al-Baqarah.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

1-2. Huruf-huruf al-Muqattha’ah yang menjadi pembuka beberapa surat mengandung isyarat pada keagungan dan mukjizat al-Qur’an yang diturunkan dalam bahasa Arab dengan huruf-hurufnya. Dan tantangan untuk mendatangkan sesuatu yang semisal al-Qur’an tetap berlaku hingga sekarang, dan ini menjadi saksi bahwa al-Qur’an adalah kalamullah dan risalah-Nya yang ditujukan bagi manusia.

Allah bersumpah dengan firman-Nya yang menjadi kalam yang paling mulia untuk diucapkan dan senantiasa diperdengarkan dengan penuh kekhusu’an. Ia mengandung banyak hikmah dan ilmu; dan ia terlindungi sehingga tidak ada tangan yang mampu merubahnya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

1. يسٓ (Yaa siin)
Penjelasan tentang huruf-huruf muqattha’ah seperti ini telah disebutkan pada awal surat al-Baqarah.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Keutamaan: Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Imam Hakim dari Muaqqal bin Yasar (itu adalah hadits Hasan) dari Nabi SAW bersabda: “Bacakanlah surah Yasin untuk orang-orang mati kalian, karena di dalamnya ada petunjuk tentang hari kebangkitan, kekuasaan dan keesaan Tuhan dengan menghidupkan bumi yang mati dan penyebutan ayat-ayat kauniyyah.

1. {Yaasiin} : Yaa’ dan Siin. Perumpamaan lainnya berupa huruf-huruf hijaiyyah yang terpisah-pisah di awal-awal surah itu berfungsi untuk memberi perhatian sesuatu setelahnya dan menunjukkan betapa kokohnya Al-Qur’an dan menentang bangsa Arab, karena Al-Qur’an itu tersusun dari huruf-huruf yang membentuk suatu kalam dan mereka ahli dalam menyusunnya. Kelemahan mereka (dalam hal itu) adalah sejelas-jelas hujjah bagi mereka


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 1: Telah berlalu penjelasan dari huruf muqatha'ah di awal surat Al Baqarah. Dan berkata sebagian ahli tafsir: Yasin adalah nama surat, dan berkata Ibnu Abbas: Sesungguhnya maknanya adalah wahai manusia, dengan sebagian lahjah Arobiyah, dan berkata Ibnu Hanifiyyah: Ia adalah nama Nabi Muhammad dengan dalil firman Allah "Sesungguhnya engkau sebagian dan utusan".


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 1

Allah memulai surah ini dengan huruf y' s'n. 2. Lalu Allah berfirman, 'aku bersumpah demi Al-Qur'an yang penuh hikmah, yakni pasti benarnya dan tidak ada sedikit pun yang tidak benar di dalamnya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian pelbagai penjabaran dari para ulama tafsir berkaitan kandungan surat Yasin ayat 1, semoga bermanfaat untuk kita. Support kemajuan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Yasin Ayat 2 Arab-Latin, Yasin Ayat 3 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Yasin Ayat 4, Terjemahan Tafsir Yasin Ayat 5, Isi Kandungan Yasin Ayat 6, Makna Yasin Ayat 7

Kategori: Surat Yaa Siin

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi