Surat Luqman Ayat 24

نُمَتِّعُهُمْ قَلِيلًا ثُمَّ نَضْطَرُّهُمْ إِلَىٰ عَذَابٍ غَلِيظٍ

Arab-Latin: Numatti'uhum qalīlan ṡumma naḍṭarruhum ilā 'ażābin galīẓ

Artinya: Kami biarkan mereka bersenang-senang sebentar, kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam siksa yang keras.

« Luqman 23Luqman 25 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Terkait Surat Luqman Ayat 24

Paragraf di atas merupakan Surat Luqman Ayat 24 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran penting dari ayat ini. Terdokumentasi aneka ragam penjelasan dari kalangan mufassir mengenai isi surat Luqman ayat 24, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kami membiarkan mereka menikmati kehidupan dunia ini untuk waktu yang pendek, kemudian di Hari Kiamat, Kami akan menggiring mereka dan mencampakkan mereka ke dalam azab yang menyakitkan, yaitu azab Jahanam.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

24. Kami berikan kenikmatan kepada mereka dengan memberikan berbagai kesenangan di dunia dalam waktu yang sebentar, kemudian Kami kembalikan mereka pada hari Kiamat kepada siksa yang pedih, yaitu siksa Neraka.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

24. نُمَتِّعُهُمْ قَلِيلًا (Kami biarkan mereka bersenang-senang sebentar)
Yakni Kami biarkan orang-orang kafir di dunia sebentar saja untuk mereka nikmati, sebab kenikmatan dunia yang fana jauh lebih sedikit dari kenikmatan yang kekal.

ثُمَّ نَضْطَرُّهُمْ إِلَىٰ عَذَابٍ غَلِيظٍ(kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam siksa yang keras)
Yakni menggiring mereka ke dalam azab neraka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

24. Kami biarkan mereka menikmati segala tipu daya dunia yang hanya sebentar, karena ibaratnya itu semua hanya sedikit sekali jika dibandingkan dengan sesuatu yang kekal. Kemudian akan Kami lemparkan mereka ke dalam azab neraka yang sangat pedih dan dahsyat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kami membiarkan mereka bersenang-senang sebentar kemudian Kami memaksa mereka} menggiring mereka {ke dalam azab yang keras} yang sangat mengerikan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

24. “Kami biarkan mereka bersenang-senang sebentar,” di dunia ini agar dosa-dosa mereka bertambah dan siksaannya berlipat-lipat, “kemudian Kami paksa mereka,” maksudnya, Kami pulangkan mereka, “ke dalam siksa yang keras,” maksudnya, yang memuncak kekerasan, keburukan, kepedihan, dan kedahsyatannya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 22-24
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang orang yang berserah diri kepada Allah, yaitu ikhlas dalam beramal dan tunduk kepada perintahNya serta mengikuti syariatNya. Oleh karena itu Allah berfirman: (sedangkan dia orang yang berbuat kebaikan) yaitu dalam amalnya dengan mengikuti apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang (maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh) yaitu, sungguh dia mengambil janji yang kuat dari Allah bahwa Dia tidak akan mengazabnya.
(Dan hanya kepada Allahlah kesudahan segala urusan (22) Dan barangsiapa kafir, maka kekafirannya itu janganlah menyedihkanmu) yaitu wahai Muhammad, janganlah bersedih hati atas kekafiran mereka kepada Allah dan kepada apa yang kamu sampaikan kepada mereka. Sesungguhnya takdir Allah pasti dilaksanakan terhadap mereka, dan hanya kepada Allah tempat mereka kembali, lalu Kami akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan, yakni Allah akan membalas mereka atas hal itu (Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati) yaitu tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagiNya. Kemudian Allah SWT berfirman: (Kami biarkan mereka bersenang-senang sebentar) di dunia (kemudian Kami paksa mereka) kami memaksa mereka ((masuk) ke dalam siksa yang keras) yaitu siksaan yang mengerikan, sulit, berat bagi jiwa, sebagaimana Allah SWT berfirman (Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan ke­bohongan terhadap Allah tiadalah beruntung. (Katakanlah, "Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tidak akan beruntung." (69) (Bagi mereka) kesenangan (sesaat) ketika di dunia, selanjutnya kepada Kamilah mereka kembali, kemudian Kami rasakan kepada mereka azab yang berat, karena kekafiran mereka (70)) (Surah Yunus)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Luqman ayat 24: Allah mengabarkan bahwasanya Dia akan mengulur waktu kepada mereka orang-orang-orang musyrik untuk menikmati kesenangan dunia dengan kesenangan yang sedikit yang akan lenyap dengan (tipuan) yang hanya menambah dosa mereka, kemudian mereka akan dikembalikan kepada adzab yang berat, keras yang tidak mungkin mereka akan kuat menahannya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Di dunia agar dosa mereka bertambah dan hukuman mereka semakin sempurna.

Di akhirat.

Yaitu azab neraka yang begitu besar azabnya, begitu mengerikan siksanya dan begitu pedih rasanya, di mana mereka tidak menemukan tempat untuk melarikan diri di sana.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Luqman Ayat 24

23-24. Wahai nabi Muhammad, jika segala urusan kembali kepada Allah untuk diputuskan dengan adil maka siapa saja yang memilih jalan kafir maka kekafirannya itu janganlah menyedihkanmu. Hanya kepada kami tempat kembali mereka di akhirat nanti, lalu kami beritakan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan kemudian kami balas dengan setimpal. Tidak ada yang bisa disembunyikan di akhirat nanti karena sesungguhnya Allah maha mengetahui segala sesuatu, bahkan yang tersirat dalam isi hati. Semua akan mendapat balasan setimpal, karena itulah kami biarkan mereka bersenang-senang di dunia yang hanya sebentar dan serba terbatas. Kemudian apabila masa yang telah kami tentukan tiba, kami paksa mereka masuk ke dalam azab yang keras. 25. Kesadaran manusia, bahkan orang musyrik, tentang eksistensi tuhan sesungguhnya merupakan fitrah sehingga tidak bisa dihilangkan. Dan sebagai buktinya, sungguh jika engkau wahai nabi Muhammad tanyakan kepada mereka, 'siapakah yang menciptakan langit dan bumi'' tentu mereka mengakui dan akan menjawab, 'Allah. ' meski demikian, adalah mengherankan bagaimana mereka tetap menyembah selain Allah. Jika demikian, katakanlah, wahai nabi Muhammad, 'segala puji bagi Allah bahwa mereka mengakui eksistensi Allah yang memang tidak bisa diingkari oleh siapa pun. ' tetapi, kebanyakan mereka tidak mengetahui dan menyadari kesesatannya dalam menyekutukan Allah.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah berbagai penjabaran dari beragam mufassirin berkaitan makna dan arti surat Luqman ayat 24 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita semua. Sokong dakwah kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Tersering Dibaca

Terdapat berbagai konten yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 148, At-Tahrim 8, At-Takwir, Al-Mu’minun, Al-Insyirah 8, At-Taubah 105. Termasuk Al-Hujurat 10-12, Al-Isra 26-27, Ath-Thalaq 2-3, At-Taubah 122, Al-Alaq 1-5, Al-Insyiqaq.

  1. Al-Baqarah 148
  2. At-Tahrim 8
  3. At-Takwir
  4. Al-Mu’minun
  5. Al-Insyirah 8
  6. At-Taubah 105
  7. Al-Hujurat 10-12
  8. Al-Isra 26-27
  9. Ath-Thalaq 2-3
  10. At-Taubah 122
  11. Al-Alaq 1-5
  12. Al-Insyiqaq

Pencarian: rozakokum artinya adalah, quran surat al hajj ayat 7, ayat al maidah ayat 3, surat aroman, ayat akhlak

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: