Surat An-Naml Ayat 53

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَأَنجَيْنَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَكَانُوا۟ يَتَّقُونَ

Arab-Latin: Wa anjainallażīna āmanụ wa kānụ yattaqụn

Artinya: Dan telah Kami selamatkan orang-orang yang beriman dan mereka itu selalu bertakwa.

« An-Naml 52An-Naml 54 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Tentang Surat An-Naml Ayat 53

Paragraf di atas merupakan Surat An-Naml Ayat 53 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan hikmah mendalam dari ayat ini. Terdapat kumpulan penafsiran dari kalangan pakar tafsir terhadap makna surat An-Naml ayat 53, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Kami selamatkan dari kebinasaan yang menimpa kaum Tsamud, Shaleh dan orang-orang yang beriman kepadanya, yang takut kepada siksaan Allah dengan keimanan mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

53. Dan Kami telah menyelamatkan orang-orang yang beriman kepada Allah dari kalangan kaum Ṣāleḥ, sebab mereka dahulu selalu bertakwa kepada Allah dengan mengerjakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

53. وَأَنجَيْنَا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ (Dan telah Kami selamatkan orang-orang yang beriman)
Yaitu Shalih dan orang-orang yang beriman kepadanya.

وَكَانُوا۟ يَتَّقُونَ(dan mereka itu selalu bertakwa)
Yakni bertakwa kepada Allah dan takut dari azab-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

53. Kami telah selamatkan Shaleh beserta orang-orang yang beriman yang takut atas azab Allah, dan takut berbuat maksiat dan kesyirikan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman dan selalu bertakwa


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

53 oleh karena itu Allah berfirman,”dan telah kami selamatkan orang-orang yang beriman dan mereka itu selalu bertakwa,” maksudnya, kami menyelamatkan orang-orang yang beriman kepada Allah, para malaikatNya, kitab-kitabNya, para RasulNya, Hari akhir dan kepada takdir, yang baik dan yang buruk; dan mereka selalu mewaspadai syirik kepada Allah dan berbagai kemaksiatan, dan mereka melaksanakan ketaatan kepadaNya dan ketaatan kepada para RasulNya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 48-53
Allah SWT memberitahukan kejahatan kaum Tsamud dan para pemimpin mereka yang merupakan orang-orang yang mengajak kaumnya menuju kesesatan, kekufuran dan mendustakan Shalih. Akhirnya mendorong mereka kepada keadaan untuk menyembelih unta betina itu, dan mereka berniat untuk membunuh nabi Shalih juga. Mereka berniat membunuhnya di rumah keluarganya di malam hari, lalu mereka membunuhnya dengan diam-diam, kemudian mereka mengatakan kepada para ahli warisnya dari kerabatnya bahwa mereka tidak mengetahui kejadian itu. Maka sesungguhnya mereka akan membenarkan apa yang mereka sampaikan itu bahwa mereka tidak mengetahui apa-apa tentang hal itu. Lalu Allah SWT berfirman: (Dan adalah di kota itu) yaitu kota kaum Tsamud (terdapat sembilan orang laki-laki) yaitu sembilan kelompok (yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan) yaitu hanya orang yang mewakili perkara kaum Tsamud, karena mereka adalah para pemimpin dan pembesar mereka.
Firman Allah SWT: (Mereka berkata, "Bersumpahlah kalian dengan nama Allah, bahwa kita sungguh-sungguh akan menyerangnya dengan tiba-tiba beserta keluarganya di malam hari”) yaitu mereka saling bersumpah dan berjanji untuk membunuh nabi Shalih dan orang-orang yang mereka jumpai bersamanya di malam hari dengan sembunyi-sembunyi. Maka Allah membalas tipu daya mereka dan menjadikan mereka sendiri yang terjerumus ke dalam perangkap mereka.
Mujahid berkata bahwa mereka saling bersumpah dan berjanji untuk membinasakan nabi Shalih. Lalu mereka tidak bisa sampai kepada nabi Shalih sampai mereka binasa dan seluruh kaum mereka.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Naml ayat 53: Allah selamatkan mereka yang beriman kepada para rasul dari adzab dan kebinasaan, dan itulah di antara sifat-sifat orang-orang yang beriman, yang mereka menjadikan di antara mereka dan adzab Allah benteng dengan ketauhidan, keimanan kepada Allah dan beramal dengan perintah-Nya serta meninggalkan kesyirikan dan menjauhkannya begitu juga meninggalkan apa yang Allah larang.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu Shaleh ‘alaihis salam dan orang-orang yang beriman bersamanya.

Yakni dari syirk dan perbuatan maksiat, serta mengerjakan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Naml Ayat 53

Kemudian Allah menjelaskan nasib dari nabi shaleh dan pengikutnya. Dan kami selamatkan orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa. Keimanan dan ketakwaan akan membawa keberuntungan bagi pelakunya baik dunia maupun akhirat, karena itulah kehendak Allah pada manusia. 54. Dan ingatlah, wahai rasul, dan ceritakan kepada kaummu kisah nabi lut, ketika dia berkata kepada kaumnya, 'mengapa kamu mengerjakan perbuatan fahisyah, perilaku keji, yaitu melakukan hubungan seksual antara lelaki dengan sesama jenis padahal kamu melihatnya yaitu kekejian perbuatan maksiat itu' mengapa kamu membiarkan hal itu terus terjadi dan kamu melakukannya'.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beberapa penjelasan dari para ahli tafsir terhadap kandungan dan arti surat An-Naml ayat 53 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita bersama. Sokong dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dibaca

Tersedia banyak materi yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 133, Al-Baqarah 2, Al-Infithar, Al-Jumu’ah 9, Al-Ahzab 21, Ali ‘Imran 134. Ada juga Al-Isra 23-24, Ar-Ra’d, Al-Baqarah 186, Al-Isra 1, Az-Zariyat 56, Al-Baqarah 30.

  1. Ali ‘Imran 133
  2. Al-Baqarah 2
  3. Al-Infithar
  4. Al-Jumu’ah 9
  5. Al-Ahzab 21
  6. Ali ‘Imran 134
  7. Al-Isra 23-24
  8. Ar-Ra’d
  9. Al-Baqarah 186
  10. Al-Isra 1
  11. Az-Zariyat 56
  12. Al-Baqarah 30

Pencarian: al isra ayat 82 dan artinya, al insyirah ayat, tafsir surat al mu'minun ayat 12-24, surat hud ayat 88, setelah kesulitan ada kemudahan arab

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: