Surat Asy-Syu’ara Ayat 143

إِنِّى لَكُمْ رَسُولٌ أَمِينٌ

Arab-Latin: Innī lakum rasụlun amīn

Artinya: Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu,

« Asy-Syu'ara 142Asy-Syu'ara 144 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Terkait Dengan Surat Asy-Syu’ara Ayat 143

Paragraf di atas merupakan Surat Asy-Syu’ara Ayat 143 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan pelajaran mendalam dari ayat ini. Diketemukan kumpulan penjabaran dari banyak pakar tafsir terkait makna surat Asy-Syu’ara ayat 143, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

142-145. Ketika saudara mereka, Shaleh berkata kepada mereka, “Tidakkah kalian takut terhadap siksaan Allah dengan cara mengesakanNya dengan ibadah? Sesungguhnya aku adalah orang yang diutus kepada kalian dan dipercaya untuk membawa risalah ini sebagaimana aku menerimanya dari Allah. Maka takutlah kalian akan siksaan Allah, dan laksanakanlah ajaran yang aku seru kalian kepadanya. Dan aku tidaklah meminta imbalan apa pun dari kalian atas nasihat dan dakwahku kepada kalian. Balasanku hanyalah dari Penguasa alam semesta."


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

143. Sesungguhnya aku adalah seorang Rasul yang diutus oleh Allah kepada kalian, lagi terpercaya yang tidak menambah dan mengurangi wahyu yang disampaikan-Nya padaku.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

143. Sesungguhnya aku adalah seorang rasul yang diutus dan dipercaya menyampaikan risalah kepadamu,


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya aku adalah seorang rasul tepercaya untuk kalian


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

141-144 “kaum tsamud telah mendustakan,” mereka adalah suku terkenal di al-mada’in al-hijr, “rasul-rasul” mereka mendustakan Nabi shaleh yang datang kepada mereka dengan membawa tauhid yang telah diserukan oleh para rasul. Maka demikian, pendustaan mereka terhadap shaleh adalah pendustaan terhadap semua rasul. “ketika saudara mereka, shaleh berkata kepada mereka,” maksudnya adalah saudara senasab, dan ia berkata kepada mereka dengan lembut dan lunak, “mengapa kamu tidak bertakwa,” kepada Allah dan (tidak) meninggalkan syirik dan kemaksiatan? ”sesungguhnya aku adalah seorang rasul untuk kalian,” dari Allah, Rabb kalian. Aku diutus kepada kalian sebagai kasih sayang dan rahmatNya dengan baik dan sikapilah ia dengan tunduk.
“terpercaya,” kalian mengetahui hal itu dariku, dan hal ini mengharuskan kalian beriman kepadaku dan kepada ajaran yang aku bawa (ajaranku), “dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu,” sehingga kalian bisa mengatakan, ”yang menghalangi kami untuk mengikutimu adalah karena kamu ingin mengambil harta kami,” “upahku tidak lain hanyalah dari Rabb semesta alam,” maksudnya, aku tidak meminta upah kecuali hanya dari Allah.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 141-145
Ini adalah pembritahuan Allah SWT tentang hamba dan RasulNya nabi Shalih bahwa Dia telah mengutusnya kepada kaumnya, kaum Tsamud. Mereka adalah bangsa Arab yang tinggal di kota Hajar yang terletak di antara lembah Al-Qura dan negeri Syam. Bekas tempat tinggal mereka telah dikenal dan termasyhur.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Asy-Syu’ara ayat 143: 142-145. Kemudian berkata Nabi mereka Shalih dan saudara senasab dengan Shalih : Tidakkah kalian bertaqwa kepada Allah dan takut dari adzab-Nya karena sebab kesyirikan dan peribadatan kalian kepada selain Allah ?! Shalih berkata kepada mereka : Sungguh telah Allah khususkan kalian dengan diutusnya aku kepada kalian, dan aku adalah orang yang terpercaya atas apa yang aku sampaikan kepada kalian dari Rabbku; Aku tidak mengada-ada dan membuat-buat atas pribadiku, maka bertaqwalah kepada Allah dan berimanlah kepada-Nya, serta taatilah atas apa yang kalian diseru padanya dari tauhid dan menjauhi kesyirikan. Ketahuilah wahai kaum bahwasanya aku tidak meminta kepada kalian upah atas nama dakwahku kepada kalian yang mengajak kepada tauhid, dan aku hanyalah meminta upah dari Allah Rabb semesta alam.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni dari Allah Tuhan kamu, Dia mengutusku kepadamu karena kelembutan dan rahmat-Nya kepada kamu. Oleh karena itu, terimalah rahmat-Nya dan tunduklah kepada-Nya.

Yakni yang menghendaki kamu untuk beriman kepadaku dan kepada yang aku bawa.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Asy-Syu’ara Ayat 143

143. "sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan Allah yang diutus kepadamu, untuk mengingatkanmu akan jalan kebenaran untuk kebaikanmu juga. "144. Karena itu, bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku terhadap apa yang aku perintahkan dan yang aku larang kepadamu.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penjabaran dari para ulama tafsir terhadap isi dan arti surat Asy-Syu’ara ayat 143 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi ummat. Bantulah perjuangan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Terbanyak Dibaca

Kami memiliki ratusan materi yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Isra 23-24, Al-Infithar, Al-Ahzab 21, Ali ‘Imran 133, Al-Baqarah 2, Az-Zariyat 56. Serta Ar-Ra’d, Al-Jumu’ah 9, Al-Baqarah 186, Al-Isra 1, Al-Baqarah 30, Ali ‘Imran 134.

  1. Al-Isra 23-24
  2. Al-Infithar
  3. Al-Ahzab 21
  4. Ali ‘Imran 133
  5. Al-Baqarah 2
  6. Az-Zariyat 56
  7. Ar-Ra’d
  8. Al-Jumu’ah 9
  9. Al-Baqarah 186
  10. Al-Isra 1
  11. Al-Baqarah 30
  12. Ali ‘Imran 134

Pencarian: surat al baqarah berapa ayat, inna anzalnahu fi lailatul qadar artinya, karomah surat al an'am 103, ayat dan hadits tentang tolong menolong, al-fill

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: