Surat Asy-Syu’ara Ayat 46

فَأُلْقِىَ ٱلسَّحَرَةُ سَٰجِدِينَ

Arab-Latin: Fa ulqiyas-saḥaratu sājidīn

Artinya: Maka tersungkurlah ahli-ahli sihir sambil bersujud (kepada Allah),

« Asy-Syu'ara 45Asy-Syu'ara 47 »

Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Tafsir Mendalam Terkait Dengan Surat Asy-Syu’ara Ayat 46

Paragraf di atas merupakan Surat Asy-Syu’ara Ayat 46 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi tafsir mendalam dari ayat ini. Terdokumentasi variasi penafsiran dari kalangan ulama terkait kandungan surat Asy-Syu’ara ayat 46, antara lain sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

46-48. Maka Tatkala mereka menyaksikan kejadian itu, dan mereka tahu itu bukanlah sebuah tipu daya ilusi ahli-ahli sihir, mereka beriman kepada Allah dan bersujud kepadaNya. Dan mereka berkata, “Kami beriman kepada Tuhan sesmesta alam, Tuhan Musa dan Harun.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

46-48. Maka para penyihir itu menjadi beriman kepada Musa dan sujud tersungkur kepada Allah; mereka mengingkari kebesaran Fir’aun dan menyatakan keimanan mereka di depan orang-orang: “Kami beriman kepada Tuhan semesta alam, yaitu Tuhannya Musa dan Harun, dan Fir’aun bukanlah tuhan.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

46. Tatkala para penyihir tersebut menyaksikan tongkat Musa menelan semua yang mereka lempar dengan cara sihir, merekapun tersungkur sambil bersujud kepada Allah.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

46. فَأُلْقِىَ السَّحَرَةُ سٰجِدِين (Maka tersungkurlah ahli-ahli sihir sambil bersujud)
Setelah mereka menyaksikan hal itu, mereka mengetahui bahwa hal itu merupakan kekuatan dari Yang Maha Bijaksana, dan bukan dari kekuatan manusia atau tipu daya penyihir. Maka mereka beriman kepada Allah dan bersujud kepada-Nya serta mengikuti dakwah Musa dan mengakui kenabiannya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

46. Lalu para ahli sihir itu beriman kepada Allah dan tersungkur seraya bersujud kepadaNya karena kekuatan mukjizat itu dan kerelaan mereka atasnya. Boleh jadi mereka meyakini bahwa apa yang diciptakan oleh Musa itu bukanlah sihir dan mengakui kenabian Musa.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Maka tersungkurlah para penyihir itu dengan bersujud


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

46-48 setelah para ahli sihir itu melihat mukjizat agung ini, maka mereka yakin berdasarkan pengetahuan mereka bahwa ini bukan sihir, ia hanyalah salahsatu dari ayat-ayat Allah dan mukjizat yang memberitakan kebenaran Musa dan apa yang dibawanya(ajaranya) “maka tersungkurlah ahli-ahli sihir sambil bersujud,” kepada Rabb mereka,Allah “mereka berkata, ’kami beriman kepada Rabb semesta alam,(yaitu) Rabb Musa dan Harun.”
Maka padamlah kebatilan di hadapan kumpulan manusia itu dan para pembesarpun mengakui kebatilannya, sedangkan yang haq menjadi jelas dan tampak, hingga semua orang yang melihat dapat melihatnya dengan mata kepala mereka.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Asy-Syu’ara ayat 46: 45-47. Maka Musa melemparkan tongkatnya, maka berubahlah menjadi ular besar yang nyata, dimakanlah ular-ular yang palsu, terkejutlah mereka para penyihir dan terpesona akan tanda-tanda yang agung ini. Ketahuilah bahwasanya Musa adalah utusan dari sisi Allah, dan tidaklah kalian kecuali mesti sujud kepada Allah. Dan para penyihir tersebut berkata : Kami beriman kepada Allah dan membenarkan bahwasanya Allah Rabb semesta alam, Rabb Musa dan Harun.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ketika mereka menyaksikan hal tersebut, dan mereka mengetahui bahwa itu bukanlah tipuan pesihir, tetapi salah satu di antara ayat Allah, sebagai mukjizat yang membuktikan kebenaran Nabi Musa’alaihis salam dan apa yang Beliau bawa, maka mereka beriman kepada Allah dan bersujud kepada-Nya sambil berkata, “Kami beriman kepada Tuhan seluruh alam…dst.”


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Asy-Syu’ara Ayat 46

Sehabis menelan 'ular-ular' para pesihir, nabi musa mengambil tongkatnya kembali. Melihat kejadian yang sangat dramatis ini, para pesihir tertegun, terpana, dan merasa terkalahkan. Mereka yakin bahwa nabi musa bukanlah pesihir. Lalu serta merta mereka bersujud. Maka tanpa menunggu lebih lama lagi menyungkurlah para pesihir itu, bersujud di tanah tanpa ragu-ragu, karena mereka telah menemukan kebenaran. 47-48. Mereka, yakni para pesihir, berkata, dengan penuh keyakinan 'kami beriman, yakin, dan percaya kepada tuhan pencipta seluruh alam sebagaimana yang diyakini oleh musa. Yaitu tuhannya musa dan harun, tuhan seluruh alam. ".


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Demikianlah sekumpulan penjabaran dari berbagai pakar tafsir berkaitan makna dan arti surat Asy-Syu’ara ayat 46 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi ummat. Dukunglah kemajuan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Paling Banyak Dicari

Tersedia banyak konten yang paling banyak dicari, seperti surat/ayat: At-Taubah 128-129, Al-Baqarah 155, Al-Baqarah 275, At-Tahrim 6, Ar-Ra’d 28, Ath-Thariq. Juga An-Nahl 125, As-Sajdah, Al-Baqarah 1-5, Al-Hujurat, Al-Waqi’ah 35-38, Al-Furqan 63.

  1. At-Taubah 128-129
  2. Al-Baqarah 155
  3. Al-Baqarah 275
  4. At-Tahrim 6
  5. Ar-Ra’d 28
  6. Ath-Thariq
  7. An-Nahl 125
  8. As-Sajdah
  9. Al-Baqarah 1-5
  10. Al-Hujurat
  11. Al-Waqi’ah 35-38
  12. Al-Furqan 63

Pencarian: jelaskan pengertian hubban dalam ayat tersebut?, surah al hujurat ayat 49, quran surat al-baqarah ayat 185, arti surat ar ra'd, ayat al kausar

Dapatkan pahala jariyah dan juga dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Surat dan Ayat Rezeki

Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: