Quran Surat An-Nur Ayat 64

Dapatkan Amal Jariyah

أَلَآ إِنَّ لِلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ قَدْ يَعْلَمُ مَآ أَنتُمْ عَلَيْهِ وَيَوْمَ يُرْجَعُونَ إِلَيْهِ فَيُنَبِّئُهُم بِمَا عَمِلُوا۟ ۗ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌۢ

Arab-Latin: Alā inna lillāhi mā fis-samāwāti wal-arḍ, qad ya'lamu mā antum 'alaīh, wa yauma yurja'ụna ilaihi fa yunabbi`uhum bimā 'amilụ, wallāhu bikulli syai`in 'alīm

Terjemah Arti: Ketahuilah sesungguhnya kepunyaan Allahlah apa yang di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia mengetahui keadaan yang kamu berada di dalamnya (sekarang). Dan (mengetahui pula) hati (manusia) dikembalikan kepada-Nya, lalu diterangkan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Dan Allah Maha mengehui segala sesuatu.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Ketahuilah, sesungguhnya kepunyaan Allah semua yang ada di langit dan di bumi dari segi ciptaan, milik dan hambaNya. ilmuNya sungguh telah meliputi seluruh keadaan yang mengitari kalian, dan pada hari hamba-hamba kembali kepadaNya di akhirat, Dia akan mengabarkan kepada mereka tentang amal perbuatan mereka, dan memberikan balasan kepada mereka dengan itu. Dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu, perbuatan-perbuatan dan keadaan-keadaan mereka tidak tersembunyi bagiNya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

64. Ketahuilah! Sesungguhnya kepunyaan Allah lah apa yang ada di langit dan di bumi. Dia lah yang menciptakan, menguasai dan mengatur semuanya. Sesungguhnya Dia mengetahui keadaan yang sedang kalian alami -wahai sekalian manusia-, tidak ada yang tersembunyi dari-Nya sedikitpun. Dan pada hari Kiamat kelak, mereka semua akan dikembalikan kepada-Nya dengan dibangkitkan setelah mati, lalu diterangkan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan di dunia. Dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu, tidak ada sesuatupun yang tersembunyi bagi-Nya baik di langit maupun di bumi.

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

64. Hai para hamba, perhatikanlah, milik Allah segala yang ada di tujuh langit dan bumi. Ilmu-Nya meliputi segala keimanan, kekafiran, dan segala yang kalian lakukan; dan Allah mengetahui hari ketika para hamba kembali kepada-Nya untuk menyampaikan kepada mereka segala amal yang telah mereka kerjakan. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu, tidak ada yang tersembunyi dari-Nya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

64. أَلَآ إِنَّ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۖ (Ketahuilah sesungguhnya kepunyaan Allahlah apa yang di langit dan di bumi)
Yakni seluruh makhluk-makhluk yang ada.

قَدْ يَعْلَمُ مَآ أَنتُمْ عَلَيْهِ(Sesungguhnya Dia mengetahui keadaan yang kamu berada di dalamnya)
Yakni Allah mengetahui apa yang kalian kerjakan dan Dia akan membalas kalian sesuai dengan pekerjaan itu.

وَيَوْمَ يُرْجَعُونَ إِلَيْهِ(Dan (mengetahui pula) hari (manusia) dikembalikan kepada-Nya)
Yakni dan Allah mengetahui hari ketika mereka di kembalikan, hari mereka dibalas atas apa yang telah mereka perbuat.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

64. Ketahuilah bahwa sesungguhnya milik Allah itu segala sesuatu di langit dan bumi baik kerajaan dan makhluknya. Wahai manusia sekalian, sungguh Dia (Allah) mengetahui sesuatu yang mana kalian berada di dalamnya berupa keadaan beriman atau bermksiat dan akan membalas kalian atas hal itu. Dia juga mengetahui dimana mereka akan dikembalikan kepadaNya, lalu membalas mereka di dalamnya. Dan ilmu Allah itu meliputi setiap sesuatu. Dan balasan itu akan menyesuaikan dengan amal perbuatan. Kata “Alaa” adalah untuk menarik perhatian orang yang diajak bicara terhadap apa yang disebutkan itu

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


64 “ketahuilah sesungguhnya kepunyaan Allahlah segala sesuatu yang di langit dan dibumi,” sebagai kerajaan dan hamba-hamba(Nya), Dia mengendalikan mereka dengan ketetapan hukum takdir dan hukum syar’iNya. “sungguh Dia mengetahui keadaan yang kamu berada di dalamnya (sekarang),” maksudnya ilmu Allah meliputi kondisi kalian, yang berbentuk kebaikan maupun kejelekan, dan mengetahui semua amal kalian. ilmuNya menghitungnya, pena(Nya) terus mengalir berjalan bersama (berjalannya) amal hamba, para malaikat penjaga lagi penulis yang mulia mencatatnya (sebagai keburukan) atas kalian.
“dan (mengetahui pula) hari (manusia) dikembalikan kepadaNya,” yaitu pada Hari Kiamat “lalu diterangkaNya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan,” Dia mengabarkan kepada mereka seluruh amal perbuatan, yang kecil maupun yang besar, sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan, yang dipersaksikan oleh anggota tubuh mereka, sehingga mereka tidak bisa mengurangi dosanya dengan taubat dan tebusan. Tatkala Allah mengaitkan ilmuNya dengan amal perbuatan mereka, yaitu menyebut lafazh yang umum setelah perkara yang khusus, maka Allah berfirman, ”dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu,”

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni milik-Nya, ciptaan-Nya, dan hamba-Nya, Dia mengatur mereka dengan hukum qadari-Nya dan hukum syar’i-Nya.

Apakah sebagai mukmin atau sebagai munafik?

Baik amal yang besar maupun yang kecil dan anggota badan mereka akan menjadi saksi terhadapnya.

Setelah disebutkan secara khusus pengetahuan-Nya terhadap amal mereka, maka disebutkan secara umum, bahwa pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu. Selesai tafsir surah An Nuur dengan pertolongan Allah dan taufiq-Nya, wal hamdulillahi rabbil ‘aalamin.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

'ketahuilah bahwa sesungguhnya milik Allah-lah apa yang di langit dan di bumi serta segala isinya. Sungguh, dia mengetahui keadaan kamu sekarang, baik kamu beriman maupun kamu ingkar. Dan dia mengetahui pula keadaan manusia di hari ketika mereka dikembalikan kepada-Nya, lalu diterangkan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan selama di dunia. Dan Allah maha mengetahui segala sesuatu di alam semesta. []1. Mahasuci Allah yang telah menurunkan furq'n, yaitu Al-Qur'an yang menjelaskan dengan gamblang perbedaan antara hak dan batil. Dia menurunkannya kepada hamba-Nya, nabi Muhammad, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam, baik jin maupun manusia, dan tidak dikhususkan bagi kelompok tertentu.

Lainnya: Al-Furqan Ayat 1 Arab-Latin, Al-Furqan Ayat 2 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Furqan Ayat 3, Terjemahan Tafsir Al-Furqan Ayat 4, Isi Kandungan Al-Furqan Ayat 5, Makna Al-Furqan Ayat 6

Terkait: « | »

Kategori: 024. An-Nur

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi