Quran Surat An-Nur Ayat 38

Dapatkan Amal Jariyah

لِيَجْزِيَهُمُ ٱللَّهُ أَحْسَنَ مَا عَمِلُوا۟ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ يَرْزُقُ مَن يَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Arab-Latin: Liyajziyahumullāhu aḥsana mā 'amilụ wa yazīdahum min faḍlih, wallāhu yarzuqu may yasyā`u bigairi ḥisāb

Terjemah Arti: (Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Supaya Allah memberikan balasan kepada mereka dengan balasan yang lebih baik dari amal perbuatan mereka dan menambahi mereka dari karuniaNya dengan melipatgandakan kebaikan-kebaikan mereka. Dan Allah memberi rizki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa ukuran, bahkan memberinya ganjaran yang tidak sepadan dengan amal perbuatannya, dan tanpa perhitungan dan timbangan.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

38. Mereka mengerjakan yang demikian itu supaya Allah memberikan balasan kepada mereka dengan balasan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka sebagai ganjaran amal saleh mereka tersebut. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa batas sesuai kadar amal baik mereka, bahkan Dia memberikan kepada mereka karunia yang berlipat-lipat dari kadar amal saleh tersebut.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

38. لِيَجْزِيَهُمُ اللهُ أَحْسَنَ مَا عَمِلُوا۟ (supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan)
Balasan yang sesuai dengan apa yang dijanjikan kepada mereka, yakni berupa pelipat-gandaan pahala sampai sepuluh kali lipat atau bahkan sampai tujuh ratus kali lipat.

وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِۦ ۗ (dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka)
Yakni dengan balasan yang lebih banyak daripada yang dijanjikan.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

38. Melalui bertasbih, Allah pasti akan membalas orang-orang mukmin dengan sebaik-baik balasan atas amal shalih mereka dan memberi mereka tambahan dari kabaikan dan kemuliaanNya melebihi balasan yang dijanjikan. Allah memberi hamba-hambaNya yang dikehendaki rejeki yang luas tanpa bisa dihitung

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

38 “supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan,” maksud dari “balasan yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan,” yaitu amal perbuatan mereka yang baik, karena itu merupakan amalan yang terbaik yang mereka kerjakan. Pasalnya, mereka (juga) melakukan hal-hal yang mubah dan sebaginya, dan pahala itu tidak berlaku kecuali atas amal perbuatan yang baik. Sebagaimana Firman Allah, ”supaya Allah menghapuskan dari kejelekan yang telah mereka kerjakan dan Allah berikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.” ( az-zumar : 35)
“dan suapaya Allah menambah karuniaNya kepada mereka,” tambahan yang banyak dari balasan yang setimpal untuk amal-amal mereka. “dan Allah memberi rizki kepada siapa yang dikehendakiNya tanpa batas,” bahkan Allah akan memberikan pahala buat mereka (pahala yang banyak) yang tidak bisa dicapai oleh amalnya, bahkan tidak bisa dicapai oleh angan-angannya. Allah memberikan pahala tanpa hitungan dan takaran. Inilah permisalan mengenai jumlah yang sangat banyak sekali. Ini merupakan dua perumpamaan yang Allah permisalkan bagi amalan-amalan orang-orang kafir dalam aspek kebatilan dan kesirnaannya, ia menjelma menjadi benda yang tiada berujud serta penyesalan para pelakunya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni amal mereka yang saleh, karena amal saleh adalah amal mereka yang paling baik, di mana di antara amal mereka ada yang ibadah dan ada yang mubah, sedangkan pahala tentu diberikan karena amal yang menjadi ibadah, bukan yang mubah.

Dengan tambahan yang banyak melebihi balasan yang sesuai amal mereka.

Dia memberikan pahala kepada hamba-Nya melebihi amal yang dikerjakannya, bahkan melebihi harapannya, dan memberikan balasan tanpa tanggung-tanggung.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Orang-orang yang hatinya tidak terlalaikan oleh kesibukan duniawi itu berbuat demikian agar Allah memberi balasan kepada mereka dengan balasan yang terbaik atas apa yang telah mereka kerjakan, dan agar dia menambah karunia-Nya kepada mereka selain balasan yang telah dijanjikan itu. Dan Allah dengan segala keagungan dan kesempurnaan-Nya melebihkan anugerah-Nya kepada hamba-hamba dan memberi rezeki kepada siapa saja yang dia kehendaki, tanpa batas. 39. Usai menjelaskan sifat orang-orang yang mendapat pancaran cahaya ilahi, pada ayat berikut Allah beralih menguraikan sifat-sifat orang kafir. Dan orang-orang yang kafir yang menutup mata hati mereka sehingga tidak memperoleh cahaya ilahi, sesungguhnya amal perbuatan mereka, yang secara lahir tampak baik dan mereka harapkan untuk dibalas dengan ganjaran, kelak di hari kiamat seperti fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi apabila itu didatangi, yakni ketika dia sampai di tempat fatamorgana itu tampak, dia tidak mendapati apa pun. Dan didapatinya ketetapan Allah baginya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan sempurna; dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya karena dia maha me-ngetahui segala sesuatu.

Lainnya: An-Nur Ayat 39 Arab-Latin, An-Nur Ayat 40 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti An-Nur Ayat 41, Terjemahan Tafsir An-Nur Ayat 42, Isi Kandungan An-Nur Ayat 43, Makna An-Nur Ayat 44

Terkait: « | »

Kategori: 024. An-Nur

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi