Surat Al-Hajj Ayat 33

لَكُمْ فِيهَا مَنَٰفِعُ إِلَىٰٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ مَحِلُّهَآ إِلَى ٱلْبَيْتِ ٱلْعَتِيقِ

Arab-Latin: Lakum fīhā manāfi'u ilā ajalim musamman ṡumma mahilluhā ilal-baitil-'atīq

Terjemah Arti: Bagi kamu pada binatang-binatang hadyu itu ada beberapa manfaat, sampai kepada waktu yang ditentukan, kemudian tempat wajib (serta akhir masa) menyembelihnya ialah setelah sampai ke Baitul Atiq (Baitullah).

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Al-Hajj Ayat 33

Ada beragam penjelasan dari beragam ulama tafsir berkaitan isi surat Al-Hajj ayat 33, antara lain seperti berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Pada hewan-hewan hadyu ini, kalian dapat mengambil manfaat-manfaat yang kalian nikmati berupa bulu, air susu dan sebagai tunggangan, dan bentuk pemanfaatan lainnya yang tidak berpengaruh buruk padanya hingga hari penyembelihan di sisi Baitullah, yaitu seluruh zona tanah haram.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

33. Dalam binatang hadyu yang kalian sembelih terdapat manfaat bagi kalian -seperti bisa menungganginya, mendapatkan kulit atau susunya, atau ia melahirkan anak keturunan- sampai tiba waktu penyembelihannya yang ditentukan di sekitar Baitullah yang Dia bebaskan dari kuasa para penguasa zalim.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

33. Dalam hewan kurban dan hadyu ini terdapat banyak manfaat bagi kalian, di antaranya dapat kalian kembangbiakkan, kalian ambil air susunya, atau kalian tunggangi, hingga sampai masa penyembelihannya di Makkah al-Mukarramah atau di Mina.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

33. لَكُمْ فِيهَا مَنٰفِعُ (Bagi kamu pada binatang-binatang hadyu itu ada beberapa manfaat)
Dan bagian dari manfaatnya adalah sebagai tunggangan, sumber susu, ternak, bulu, dan lainnya.

إِلَىٰٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى(sampai kepada waktu yang ditentukan)
Yaitu sampai waktu penyembelihannya.

ثُمَّ مَحِلُّهَآ إِلَى الْبَيْتِ الْعَتِيقِ (kemudian tempat wajib (serta akhir masa) menyembelihnya ialah setelah sampai ke Baitul Atiq (Baitullah))
Yakni hewan itu digiring sampai di sebelah baitullah, kemudian disembelih di sana.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

33. Pada syariat-syariat Allah itu ada beberapa manfaat bagi kamu. Yaitu binatang-binatang ternak yang menjadi tanda keagungan-Nya. Yang dapat diambil berbagai manfaat darinya baik untuk kendaraan, peranakan, diambil bulunya dan lainnya hinggga sampai kepada waktu yang ditentukan yaitu hari Nahr. Kemudian tempat wajib (serta akhir masa) menyembelihnya ialah setelah sampai ke Baitul Atiq /Baitullah.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

33. “Bagi kamu pada binatang-binatang kurban,” yaitu pada binatang-binatang sembelihan kurban “ada beberapa manfaat sampai kepada waktu yang ditentukan.” Ini terkandung pada binatang-binatang kurban yang digiring, yang berupa unta dan binatang ternak lainnya. Para pemiliknya dapat memanfaatkannya dengan menungganginya, memeras air susunya dan kegunaan lainnya yang tidak menyebabkan akibat buruk padanya sampai waktu yang telah diketahui dan ditentukan. Yaitu (waktu) penyembelihannya jika sudah sampai pada tempatnya, yaitu “Baitul ‘Atiq,” yakni wilayah kota haram (suci) seluruhnya, Mina dan lainnya. Bila telah disembelih, maka mereka dapat mengkonsumsinya dan membagikannya sebagai hadiah serta memberi makan orang-orang yang sengsara lagi membutuhkannya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hajj ayat 33: Maksudnya, binatang (unta, lembu, kambing, biri-biri) yang dibawa ke ka'bah untuk mendekatkan diri kepada Allah, disembelih di tanah Haram dan dagingnya dihadiahkan kepada fakir miskin dalam rangka ibadat haji.

Maksudnya, binatang-binatang hadyu itu boleh kamu ambil manfaatnya, seperti dikendarai, diambil susunya dan sebagainya, sampai hari nahar untuk disembelih apabila sampai ke tempatnya, yaitu semua tanah Haram, seperti Mina dan lainnya. Setelah mereka menyembelihnya, maka mereka bisa makan, menghadiahkan dan memberikan kepada orang yang sengsara lagi fakir.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hajj Ayat 33

Bagi kamu yang sedang menunaikan ibadah haji padanya, yakni pada hewan hadyu yang disembelih sebagai pengganti (dam) pekerjaan wajib haji yang ditinggalkan; atau sebagai denda karena melanggar hal-hal yang terlarang mengerjakannya di dalam ibadah haji, ada beberapa manfaat yang bisa diambil seperti untuk dikendarai, diambil susunya, dan sebagainya, hingga waktu yang ditentukan, yakni hingga hari nahar, tanggal 10 zulhijah, kemudian tempat penyembelihannya adalah di sekitar baitul atiq, baitullah, di kawasan tanah haram. 34. Dan bagi setiap umat di antara umat para nabi terdahulu telah kami syariatkan penyembelihan hewan kurban guna mendekatkan diri kepada Allah, agar mereka menyebut nama Allah saat menyembelih hewan kurban, atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewaternak yang dikurbankan. Maka mantapkanlah dalam ucapan, pikiran, dan perasaan bahwa tuhanmu ialah tuhan yang maha esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya dengan salat yang khusyuk. Dan sampaikanlah olehmu, Muhammad, kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah bahwa mereka akan mendapat surga.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian beragam penjelasan dari beragam mufassirin mengenai isi surat Al-Hajj ayat 33, moga-moga membawa manfaat bagi kita semua. Sokonglah kemajuan kami dengan memberi hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Al-Hajj Ayat 34 Arab-Latin, Al-Hajj Ayat 35 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Hajj Ayat 36, Terjemahan Tafsir Al-Hajj Ayat 37, Isi Kandungan Al-Hajj Ayat 38, Makna Al-Hajj Ayat 39

Terkait: « | »

Kategori: 022. Al-Hajj

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates