Surat Al-Anbiya Ayat 40

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ุจูŽู„ู’ ุชูŽุฃู’ุชููŠู‡ูู… ุจูŽุบู’ุชูŽุฉู‹ ููŽุชูŽุจู’ู‡ูŽุชูู‡ูู…ู’ ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุณู’ุชูŽุทููŠุนููˆู†ูŽ ุฑูŽุฏู‘ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุง ู‡ูู…ู’ ูŠูู†ุธูŽุฑููˆู†ูŽ

Arab-Latin: Bal ta`tฤซhim bagtatan fa tab-hatuhum fa lฤ yastaแนญฤซ'แปฅna raddahฤ wa lฤ hum yunแบ“arแปฅn

Artinya: Sebenarnya (azab) itu akan datang kepada mereka dengan sekonyong-konyong lalu membuat mereka menjadi panik, maka mereka tidak sanggup menolaknya dan tidak (pula) mereka diberi tangguh.

ยซ Al-Anbiya 39 โœต Al-Anbiya 41 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Terkait Dengan Surat Al-Anbiya Ayat 40

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Anbiya Ayat 40 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan mendalam dari ayat ini. Ada variasi penjabaran dari berbagai pakar tafsir terhadap isi surat Al-Anbiya ayat 40, antara lain seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Hari Kiamat akan datang kepada mereka dengan tiba-tiba, sehingga mereka akan mengalami kepanikan pada saat itu dan mereka dilanda rasa takut yang amat besar. Dan mereka tidak kuasa menolak siksaan dari diri mereka dan mereka tidak diberi kesempatan lagi untuk dapat bertaubat dan meminta ampunan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

40. Azab akan mendatangi mereka secara tiba-tiba sehingga mereka akan terkejut, mereka tidak akan mampu mengelak darinya dan tidak mampu mengundur waktunya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

40. Api neraka yang menjadi azab mereka itu tidak akan datang kepada mereka sedang mereka mengetahuinya, akan tetapi ia akan datang kepada mereka secara tiba-tiba, sehingga mereka tidak kuasa menghindarkan diri darinya, dan mereka tidak pula bisa mengudurnya sehingga mereka bertobat lalu mendapatkan rahmat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

40. ุจูŽู„ู’ ุชูŽุฃู’ุชููŠู‡ูู… ุจูŽุบู’ุชูŽุฉู‹ (Sebenarnya (azab) itu akan datang kepada mereka dengan sekonyong-konyong)
Yakni dengan tiba-tiba.

ููŽุชูŽุจู’ู‡ูŽุชูู‡ูู…ู’ ููŽู„ูŽุง ูŠูŽุณู’ุชูŽุทููŠุนููˆู†ูŽ ุฑูŽุฏูŽู‘ู‡ูŽุง (lalu membuat mereka menjadi panik, maka mereka tidak sanggup menolaknya)
Mereka tidak dapat mengelaknya dari depan maupun belakang mereka.

ูˆูŽู„ูŽุง ู‡ูู…ู’ ูŠูู†ุธูŽุฑููˆู†ูŽ (dan tidak (pula) mereka diberi tangguh)
Mereka tidak diberi kesempatan untuk bertaubat atau meminta maaf.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

40. Bahkan neraka atau kiamat itu mendatangi mereka dengan seketika lalu mengagetkan dan mengacaukan mereka, sehingga mereka tidak bisa melepaskan hal itu dari diri mereka. Mereka juga tidak diberi penangguhan atas taubat dan permohonan maaf mereka.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Bahkan (janji) itu akan datang kepada mereka secara tiba-tiba} secara tiba-tiba {lalu membingungkan mereka} membuat mereka bingung {Lalu mereka tidak sanggup menolaknya} menolaknya {dan tidak pula diberi penangguhan} ditangguhkan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

40. โ€œBahkan api neraka datang kepada mereka,โ€ dalam keadaan โ€œdengan sekonyong-konyong,โ€ menghenyakkan mereka karena kepanikan, kebingungan, dan lantaran rasa takut yang sangat mengerikan. โ€œMaka mereka tidak sanggup menolaknya,โ€ sebab mereka benar-benar hina dan lemah untuk bisa melakukannya โ€œdan tidak (pula) mereka diberi (waktu) tangguh,โ€ maksudnya memperoleh penundaan tempo sehingga diakhirkan siksaan mereka. Seandainya mereka mengetahui hakikat ini dengan sebenarnya, niscaya mereka tidak akan meminta penyegeraan siksaan bagi mereka dan akan benar-benar merasa sangat takut terhadapnya. Hanya saja, karena pengetahuan ini kosong dari diri mereka, akhirnya mereka mengatakan apa yang telah mereka lontarkan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 38-40
Allah SWT memberitahukan tentang orang-orang musyrik, bahwa mereka meminta agar azab disegerakan kepada mereka, dengan penuh kedustaan, penyimpangagan, keingkaran, pembangkangan dan ketidak percayaan. Lalu Allah berfirman: (Mereka berkata, โ€œKapankah janji itu akan datang, jika kamu sekalian adalah orang-orang yang benar?โ€ (38)) Allah SWT berfirman: (Andaikata orang-orang kafir itu mengetahui waktu (di mana) mereka itu tidak mampu mengelakkan api neraka dari muka mereka dan (tidak pula) dari punggung mereka) yaitu seandainya mereka meyakini bahwa azab itu pasti menimpa mereka, maka mereka tidak meminta agar azab disegerakan, yakni ketika mereka mengetahui bahwa azab meliputi mereka dari atas dan bawah kaki mereka (Bagi mereka lapisan-lapisan dari api di atas mereka dan di bawah mereka pun lapisan-lapisan (dari api)) (Surah Az-Zumar: 16) dan di sini Allah berfirman (mereka itu tidak mampu mengelakkan api neraka dari muka mereka dan (tidak pula) dari punggung mereka) dan azab itu meliputi mereka dari segala arah (sedangkan mereka (tidak pula) mendapat pertolongan) yaitu, tidak ada seorang pun yang menolong mereka, sebagaimana Allah SWT berfirman (dan tidak ada bagi mereka seorang pelindung pun dari (azab) Allah) (Surah Ar-Ra'd: 34)
Firman Allah: (Sebenarnya (azab) itu akan datang kepada mereka dengan tiba-tiba) yaitu, neraka itu datang kepada mereka dengan tiba-tiba (lalu membuat mereka menjadi panik) yaitu azab itu mengejutkan mereka, lalu mereka menjadi panik, dan tidak tahu apa yang harus mereka lakukan (maka mereka tidak sanggup menolaknya) yaitu mereka tidak mengelak dari azab itu (dan tidak (pula) mereka diberi tangguh) yaitu, azab itu tidak ditangguhkan sedikitpun meskipun sesaat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Anbiya ayat 40: Untuk bertobat. Kalau seandainya mereka mengetahui keadaan ini, tentu mereka tidak akan meminta disegerakan azab dan mereka akan benar-benar takut.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Anbiya Ayat 40

Tantangan orang-orang kafir agar azab itu didatangkan segera kepada mereka muncul dari kebodohan dan keingkaran, karena mereka menutup diri dari ajaran rasulullah. Sebenarnya hari kiamat itu akan datang kepada mereka secara tiba-tiba, sangat cepat dan tak terduga, lalu mereka menjadi panik menghadapinya; mereka pun tidak sanggup menolaknya, karena dahsyatnya peristiwa kiamat itu; dan tidak pula mereka diberi penangguhan waktu dan kesempatan untuk menyelamatkan diri. 41. Sikap orang-orang kafir terhadap para rasul itu sama, baik umat nabi Muhammad maupun umat terdahulu. Dan sungguh, rasul-rasul sebelum engkau, Muhammad, pun telah diperolok-olokkan oleh mereka, karena kebodohan dan keingkaran mereka. Maka, turunlah hukuman Allah kepada orang-orang yang mencemoohkan para rasul itu dengan jenis azab di dunia yang selalu mereka perolok-olokkan sehingga mereka binasa.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjabaran dari para ahli ilmu berkaitan isi dan arti surat Al-Anbiya ayat 40 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita bersama. Sokong syi'ar kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Sering Dikunjungi

Ada banyak topik yang sering dikunjungi, seperti surat/ayat: An-Nisa 36, Al-Baqarah 177, Innallaha Ma’ash Shabiriin, Al-Qashash 77, Al-Isra, Ar-Rahman 13. Juga Al-Buruj, Ar-Rum 21, Ayat 15 (Lima Belas), Yasin 82, Fatir 37, Ibrahim 7.

  1. An-Nisa 36
  2. Al-Baqarah 177
  3. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  4. Al-Qashash 77
  5. Al-Isra
  6. Ar-Rahman 13
  7. Al-Buruj
  8. Ar-Rum 21
  9. Ayat 15 (Lima Belas)
  10. Yasin 82
  11. Fatir 37
  12. Ibrahim 7

Pencarian: minal masjidil haram ilal masjidil aqsa, surah al hujurat ayat 10-12, surah as-saffat ayat 123 menjelaskan tentang nabi, arti surat al a'la ayat 16, ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุจู’ุณูุทู’ู‡ูŽุง ูƒูู„ูŽู‘ ุงู„ู’ุจูŽุณู’ุทู artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: