Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Thaha Ayat 98

إِنَّمَا إِلَٰهُكُمُ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۚ وَسِعَ كُلَّ شَيْءٍ عِلْمًا

Arab-Latin: Innamā ilāhukumullāhullażī lā ilāha illā huw, wasi'a kulla syai`in 'ilmā

Terjemah Arti: Sesungguhnya Tuhanmu hanyalah Allah, yang tidak ada Tuhan selain Dia. Pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sesungguhnya Tuhan kalian, (wahai sekalian manusia), adalah Allah, Yang tiada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Dia, pengetahuanNya meliputi segala sesuatu.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

98. Sungguh, Tuhan kalian yang berhak disembah -wahai manusia- hanyalah Allah yang tiada tuhan yang berhak disembah selain-Nya, pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu, tidak ada satu pengetahuan pun yang Dia tidak ketahui.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

98. إِنَّمَآ إِلٰهُكُمُ اللهُ الَّذِى لَآ إِلٰهَ إِلَّا هُوَ (Sesungguhnya Tuhanmu hanyalah Allah, yang tidak ada Tuhan selain Dia)
Bukan patung anak sapi yang digunakan Samiri untuk menyesatkan kalian.

وَسِعَ كُلَّ شَىْءٍ عِلْمًا(Pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu)
Ilmu-Nya meliputi segalanya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

98. Lalu Musa berkata kepada kaumnya: “Sesungguhnya Tuhan kalian yang layak disembah hanyalah Allah yang mana tiada Tuhan yang layak disembah selain Dia. Ilmunya meliputi segala sesuatu.”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Setelah jelas kebatilan menyembah patung, maka Musa memberitahukan kepada mereka siapa yang sesungguhnya berhak diibadahi.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah memutuskan untuk membakar patung anak sapi itu, nabi musa berpidato di depan kaumnya, 'sungguh, tuhanmu yang layak disembah itu hanyalah Allah yang esa. Tidak ada tuhan pencipta dan pengatur alam semesta selain dia. Pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu yang ada di alam ini. '99. Wahai nabi Muhammad, demikianlah kami kisahkan kepadamu sebagian kisah umat yang telah lalu agar menjadi ibrah dan pelajaran bagi umatmu. Dan selain itu, sesungguhnya telah kami berikan pula kepadamu dari sisi kami suatu peringatan, yaitu Al-Qur'an, sebagai tuntunan dan petunjuk menuju kesejahteraan hidup mereka di dunia dan akhirat.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Thaha Ayat 99 Arab-Latin, Surat Thaha Ayat 100 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Thaha Ayat 101, Terjemahan Tafsir Surat Thaha Ayat 102, Isi Kandungan Surat Thaha Ayat 103, Makna Surat Thaha Ayat 104

Category: Surat Thaha

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!