Daftar Isi > Al-Kahfi > Al-Kahfi 106

Surat Al-Kahfi Ayat 106

ذَٰلِكَ جَزَآؤُهُمْ جَهَنَّمُ بِمَا كَفَرُوا۟ وَٱتَّخَذُوٓا۟ ءَايَٰتِى وَرُسُلِى هُزُوًا

Arab-Latin: żālika jazā`uhum jahannamu bimā kafarụ wattakhażū āyātī wa rusulī huzuwā

Artinya: Demikianlah balasan mereka itu neraka Jahannam, disebabkan kekafiran mereka dan disebabkan mereka menjadikan ayat-ayat-Ku dan rasul-rasul-Ku sebagai olok-olok.

« Al-Kahfi 105Al-Kahfi 107 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 106 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Kahfi Ayat 106 dengan text arab, latin dan artinya. Terdokumentasikan sekumpulan penjelasan dari kalangan pakar tafsir berkaitan kandungan surat Al-Kahfi ayat 106, antara lain seperti tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Balasan yang telah disediakan bagi mereka karena terhapusnya amalan-amalan mereka adalah neraka jahanam, disebabkan oleh kekafiran mereka kepada Allah dan mereka menjadikan ayat-ayatNya dan hujah-hujah rasulNya sebagai bahan olokan dan ejekan.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

106. Balasan yang disediakan bagi mereka berupa Jahanam itu; disebabkan karena kekafiran mereka kepada Allah, dan karena mereka menjadikan ayat-ayat-Ku yang diturunkan dan para rasul sebagai bahan olok-olok semata.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

106. Keterangan yang telah disebut di atas yaitu tidak dihitung/tidak dinilainya amal yaitu pada lafadz jazauhum dan jahannam sebab kekufuran dan olok-olok mereka atas ayat-ayat dan dakwah rasul-rasul-Ku. Itu menunjukkan bahwa amal mereka tidak dinilai. Jazauhum sebagai khobar mubtada’, dan jahannam sebagai pengganti


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Itulah balasan mereka berupa neraka Jahanam karena mereka telah ingkar serta menjadikan ayat-ayatKu dan rasul-rasulKu sebagai bahan olok-olokan} bahan ejekan dan olok-olok bagi mereka


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

106. Oleh karena itu, Allah berfirman, “Demikianlah, balasan mereka itu,” yaitu terhapusnya amalan-amalan mereka, dan tidak diadakan suatu penilaian (amalan) bagi mereka pada Hari Kiamat lantaran kehinaan dan kerendahan derajat mereka dengan sebab kekufuran mereka kepada ayat-ayat Allah dan disebabkan tindakan mereka menjadikan ayat-ayat Allah dan para RasulNya sebagai bahan ejekan, mereka memperolok dan mencemoohi [nya]. Padahal kewajiban terhadap ayat-ayat Allah dan para RaulNya adalah beriman dengan sempurna kepadanya, mengagungkannya dan menjalankannya dengan sebaik-baiknya. Sedangkan mereka telah membalikkan persoalan, sehingga urusan mereka menjadi morat-marit, mereka celaka dan diceburkan ke dalam siksaan.
Usai menjelaskan kesudahan kaum kafir dan amalan-amalan mereka, maka Allah menerangkan tentang amaliah kaum Mukminin dan tempat kembali mereka.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Kahfi ayat 106: Yakni perkara yang telah disebutkan tentang hapusnya amal mereka.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Kahfi Ayat 106

106. Demikianlah penjelasan dan ancaman yang kami siapkan bagi mereka. Balasan yang paling tepat bagi mereka itu adalah neraka jahanam. Hal itu karena kekafiran yang telah mereka lakukan dan karena mereka telah menjadikan ayat-ayat-ku yang menunjukkan kekuasaan, kebesaran, dan keesaan-ku yang amat jelas dan rasul-rasul-ku yang mengajak mereka ke jalan yang benar sebagai bahan olok-olok. 107. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan membuktikan iman mereka dengan mengerjakan kebajikan yang disertai niat untuk mendapat rida Allah, maka untuk mereka telah disediakan surga firdaus yang penuh kenikmatan sebagai ganjaran dan tempat tinggal bagi mereka.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah berbagai penjabaran dari kalangan ulama tafsir berkaitan makna dan arti surat Al-Kahfi ayat 106 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi ummat. Bantulah usaha kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.


Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: