Surat Al-Baqarah Ayat 143

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَٰكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِّتَكُونُوا۟ شُهَدَآءَ عَلَى ٱلنَّاسِ وَيَكُونَ ٱلرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا ۗ وَمَا جَعَلْنَا ٱلْقِبْلَةَ ٱلَّتِى كُنتَ عَلَيْهَآ إِلَّا لِنَعْلَمَ مَن يَتَّبِعُ ٱلرَّسُولَ مِمَّن يَنقَلِبُ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ ۚ وَإِن كَانَتْ لَكَبِيرَةً إِلَّا عَلَى ٱلَّذِينَ هَدَى ٱللَّهُ ۗ وَمَا كَانَ ٱللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَٰنَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بِٱلنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَّحِيمٌ

Arab-Latin: Wa każālika ja'alnākum ummataw wasaṭal litakụnụ syuhadā`a 'alan-nāsi wa yakụnar-rasụlu 'alaikum syahīdā, wa mā ja'alnal-qiblatallatī kunta 'alaihā illā lina'lama may yattabi'ur-rasụla mim may yangqalibu 'alā 'aqibaīh, wa ing kānat lakabīratan illā 'alallażīna hadallāh, wa mā kānallāhu liyuḍī'a īmānakum, innallāha bin-nāsi lara`ụfur raḥīm

Artinya: Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah; dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia.

« Al-Baqarah 142Al-Baqarah 144 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Terkait Surat Al-Baqarah Ayat 143

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Baqarah Ayat 143 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan kandungan berharga dari ayat ini. Terdapat sekumpulan penjabaran dari banyak ulama tafsir terkait kandungan surat Al-Baqarah ayat 143, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sebagaimana kami telah memberi kalian petunjuk - wahai kaum muslimin- menuju jalan yang lurus dalam agama kami, juga telah menjadikan kalian umat pilihan terbaik dan adil. supaya kalian kelak di akhirat memberikan persaksian di hadapan umat-umat lain bahwa para rasul mereka telah menyampaikan risalah Allah kepada mereka, dan begitu juga  Rasulullah Shalallahu Wassalam akan menjadi saksi atas kalian di akhirat kelak bahwa dia telah menyampaikan risalah Tuhannya. Dan kami tidaklah menjadikan -wahai Rasul- kiblat Baitul Maqdis yang dahulu engkau menghadapnya, lalu kami memalingkan engkau darinya menuju Ka'bah (di Mekkah), kecuali demi menampakkan apa yang telah kami ketahui sejak permulaan (azali).

Pengetahuan yang berhubungan dengan pahala dan siksaan, supaya kami bisa membedakan siapa-siapa saja yang mengikuti dan taat kepadamu serta menghadap ke arah yang sama denganmu ke arah mana pun kamu menghadap, dan siapa saja orang-orang yang lemah imannya sehingga berbalik menjadi murtad meninggalkan agama Islam gara-gara keragu-raguan dan kemunafikannya. Sesungguhnya kejadian ini yang mengalihkan arah dari Baitul Maqdis menuju Ka'bah, betul-betul berat lagi sulit, kecuali bagi orang-orang yang Allah beri hidayah dan Allah anugerahkan iman dan taqwa kepada mereka. Dan Allah benar-benar tidak akan menyia-nyiakan keimanan kalian kepada Nya dan ittiba' kalian kepada rasul Nya, serta tidak membatalkan pahala shalat kalian yang menghadap kiblat sebelumnya. Sesungguhnya Allah ta'ala Maha Pengasih lagi Maha penyayang kepada manusia dengan rahmat yang luas di dunia dan Akhirat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

143. Allah memuji kaum muslimin: “Sebagaimana Kami telah memberi kalian petunjuk kepada agama Islam, Kami juga menjadikan kalian umat pertengahan, agar kalian menjadi saksi atas umat-umat yang lain di akhirat bahwa rasul-rasul mereka telah menyampaikan dakwah kepada mereka; dan Rasulullah Muhammad akan menjadi saksi atas kalian bahwa dia telah menyampaikan kepada kalian risalah yang dibebankan kepadanya.

Dan Kami tidak menjadikan perpindahan kiblat ini kecuali sebagai ujian, agar nampak siapa yang mentaati Rasul dan siapa yang ragu dalam beragama serta keluar dari Islam. Dan perkara perpindahan kiblat ini sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang mendapat hidayah dari Allah sehingga menjadi mudah bagi mereka.”

Dan Allah tidak akan menghilangkan pahala shalat kalian ketika masih menghadap ke Baitul Maqdis, namun Dia akan menerima shalat itu dan membalasnya, sebab Allah Maha Lembut dan Maha Penyayang kepada hamba-hamba-Nya.

Dari Abu Sa’id al-Khudri ia berkata, Rasulullah bersabda: “Nabi Nuh akan dipanggil pada hari kiamat, lalu dia menjawab: “Aku menjawab panggilan-Mu Wahai Tuhanku.” Maka Allah bertanya: “Apakah kamu telah menyampaikan risalah?” Nuh Menjawab: “Sudah”. Maka umatnya akan ditanya: “Apakah Nuh telah menyampaikan risalah kepada kalian?” Mereka menjawab: “Tidak ada seorangpun yang datang kepada kami memberi peringatan.” Maka Allah berfirman kepada Nuh: “Siapa yang akan menjadi saksimu?” Nuh menjawab: “Muhammad dan umatnya.” Maka Nabi Muhammad dan umatnya bersaksi bahwa Nabi Nuh telah menyampaikan risalah kepada umatnya. Kemudian Nabi Muhammad akan menjadi saksi atas kalian. Itulah maksud dari firman Allah:
وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِّتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا

(Shahih Bukhari 8/141 no. 4487, Tafsir surat al-Baqarah, Bab (وكذلك جعلناكم أمة وسطا)).


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

143. Sebagaimana Kami telah memberi kalian kiblat yang Kami ridai untuk kalian, Kami pun telah menjadikan kalian sebagai umat terbaik, adil dan moderat di antara umat-umat lainnya, baik dalam hal akidah, ibadah maupun muamalah, supaya kalian kelak pada hari kiamat menjadi saksi bagi para utusan Allah bahwa mereka telah menyampaikan apa yang Allah perintahkan kepada mereka untuk disampaikan kepada umat mereka. Dan juga supaya Rasulullah Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- menjadi saksi atas kalian bahwa dia telah menyampaikan kepada kalian apa yang harus dia sampaikan. Dan tidaklah Kami menjadikan pengalihan kiblatmu yang pertama (Baitul Maqdis) itu kecuali supaya Kami mengetahui secara nyata balasan apa yang akan diterima oleh orang yang mau menerima ketentuan Allah secara sukarela dan tunduk kepada-Nya, kemudian mengikuti Rasulullah. Dan juga supaya Kami mengetahui siapa yang murtad dari agamanya dan mengikuti hawa nafsunya, sehingga tidak mau tunduk kepada ketentuan Allah. Peristiwa pengalihan dari kiblat yang pertama ini terasa sangat berat kecuali bagi orang-orang yang mendapat bimbingan dari Allah untuk beriman kepada-Nya dan percaya bahwa apapun yang ditetapkan Allah bagi hamba-hamba-Nya pasti didasari oleh hikmah-hikmah tertentu yang sangat bijaksana. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan iman kalian kepada-Nya, termasuk salat yang kalian lakukan sebelum pengalihan kiblat. Sesungguhnya Allah Maha Penyantun lagi Maha Penyayang, Dia tidak akan memberatkan mereka dan tidak akan menyia-nyiakan pahala amal perbuatan mereka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

143. وَسَطًا (umat pertengahan)
Yakni umat pilihan dan pertengahan.

لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ (agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia)
Yakni di hari kiamat kalian akan menjadi saksi untuk para Nabi atas umat mereka bahwa Nabi-Nabi itu telah menyampaikan apa yang Allah perintahkan untuk disampaikan kepada umat mereka.

وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا ۗ (dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu)
Yakni bersaksi atas kalian bahwa Beliau telah menyampaikan kepada mereka. Dalam hadist yang dikeluarkan Imam Bukhari dari Abu Sa’id, dia berkata: Rasulullah bersabda: Nabi Nuh akan dipanggil di hari kiamat, kemudian dikatakan kepadanya: Apakah kamu telah menyampaikan risalah? Dia pun menjawab: Iya. Lalu dipanggil-lah umatnya dan dikatakan kepada mereka: apakah Nuh telah menyampaikan kepada mereka? Mereka pun menjawab: tidak ada peringatan yang datang kepada kami, dan tidak ada satupun yang datang memperingatkan kami. Lalu Nabi Nuh ditanya: siapa yang akan bersaksi untukmu? Dia pun menjawab: Muhammad dan umatnya yang akan bersaksi.

وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِي كُنْتَ عَلَيْهَا (Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu)
Yakni Baitul Maqdis.

إِلَّا لِنَعْلَمَ (melainkan agar Kami mengetahui)
Yakni Kami tidak menjadikan kiblat itu bagi kalian kecuali untuk menguji kalian agar Kami mengetahui siapa mukmin yang taat dan siapa yang murtad dan kafir.

وَإِنْ كَانَتْ لَكَبِيرَةً (Dan sungguh itu terasa amat berat)
Yakni masalah pemindahan kiblat ini sangat menyusahkan dan menguji iman; kecuali bagi orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah menuju kebenaran maka dada mereka lapang dalam membenarkanmu (Muhammad)

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمْ ۚ (dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu)
Potongan ayat ini diturunkan untuk menjelaskan nasib dari orang yang meninggal ketika dia masih sholat menghadap Baitul Maqdis (sebelum pemindahan kiblat). Pendapat lain mengatakan yang dimaksud adalah Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala keteguhan orang-orang mukmin diatas keimanan pada kejadian pemindahan kiblat.

لَرَءُوفٌ ((Sesungguhnya Allah) Maha Pengasih)
Yakni memiliki banyak sifat kelembutan. Dan ini adalah kasihsayang yang paling tinggi.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Kemajuan hakikatnya menjadi keistimewaan bagi orang-orang yang berpegang teguh pada ajaran islam, dan keterbelakangan adalah keburukan bagi mereka yang berpaling dari islam, Allah berfirman : { وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِي كُنْتَ عَلَيْهَا إِلَّا لِنَعْلَمَ مَنْ يَتَّبِعُ الرَّسُولَ مِمَّنْ يَنْقَلِبُ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ } sesungguhnya ini adalah bukti keterbelakangan dari petunjuk, karena barangsiapa yang membelot dari ajaran Rasulullah hakikatnya dia tidak melihat apa yang terjadi dibelakangnya; dan barangsiapa yang mengatakan kepada orang-orang yang berpegang teguh dengan kitab Allah dan Rasul-Nya bahwa mereka adalah orang yang terbelakang, maka kita katakan kepada mereka : kamu lah sesungguhnya orang orang yang terbelakang itu.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

143. Sebagaimana menunjukkan kalian kepada Islam dan qiblatnya Ibrahim AS, Kami jadikan kalian umat terpilih, adil dan tengah-tengah supaya kalian bisa bersaksi atas semua manusia pada hari kiamat bahwa nabi-nabi mereka telah menyampaikan risalah Allah kepada mereka. Dan Rasulullah Muhammad SAW akan menjadi saksi atas kalian bahwa beliau telah menyampaikan risalah kepada kalian. Dan tidaklah Kami jadikan kiblat Baitul Maqdis yang kamu gunakan untuk qiblat ketika shalat itu kecuali sebagai ujian supaya Kami mengetahui dengan jelas dan untuk membuktikan mana yang mukmin, murtad, dan munafik. Dan jika perubahan kiblat itu itu sulit dan menyakitkan, maka keyakinan terhadap kiblat itu pun akan sulit kecuali orang-orang yang diberi hidayah oleh Allah kepada kebenaran. Tidaklah Allah itu menghilangkan shalat kalian menghadap Baitul Maqdis, melainkan mengubah arahnya. Sesungguhnya Allah itu Dzat yang sangat banyak ra’fahNya (yaitu kasih sangat paling dahsyat) bagi hamba-hambaNya dan Maha Penyayang kepada mereka. Ayat ini turun untuk orang yang mati, sedangkan dia sedang shalat menghadap Baitul Maqdis. Disebutkan dalam Shahih Bukhari dan Muslim dari Al-Bara’ bahwa Dia mati saat menghadap kiblat sebelum orang-orang berubah kiblatnya, sehingga kami tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Lalu turunlah ayat {Wa maa kaanallahu liyudhi’a iimaanakum}


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Demikian pula Kami telah menjadikan kalian umat pertengahan} yang adil dan pilihan {agar kalian menjadi saksi atas manusia dan agar Rasul (nabi Muhammad) menjadi saksi atas kalian. Kami tidak menetapkan kiblat yang dahulu kalian berkiblat kepadanya, kecuali agar Kami mengetahui siapa saja yang mengikuti Rasul dan siapa saja yang berbalik ke belakang} menolak agamanya {Sesungguhnya itu} Sesunggugnya perkara mengubah arah kiblat itu {sangat besar} sangat berat dan sulit {kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Allah tidak akan menyia-nyiakan iman kalian} membatalkan pahala shalat kalian yang menghadap Baitul Maqdis {Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

143. Allah taala berfirman, “Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (dahulu),” yaitu menghadap Baitul Maqdis pertama-tama, “melainkan agar Kami mengetahui” yakni, pengetahuan yang berkaitan dengan ganjaran maupun hukuman, karena sesungguhnya Allah itu Maha Mengetahui segla perkara sebelum terjadinya.
Akan tetapi pengetahuan itu tidak Dia kaitkan dengan ganjaran dan tidak pula hukuman karena kesempurnaan keadilanNya dan penegakan hujjah terhadap hamba-hambaNya. Akan tetapi apabila amal-amal meraka telah ada, itulah yang mengakibatkan ganjaran atau hukuman. Artinya, Kami mensyariatkan perpindahan kiblat itu agar Kami mengetahui dan menguji, “siapa yang mengikuti Rasul” beriman kepadanya dengan mengikutinya dalam segala kondisi, karena dia adalah seorang hamba yang diperintah dan dibimbing, dan karena kitab-kitab terdahulu telah mengabarkan bahwa sanya dia menghadap Ka’bah. Maka orang yang memandang secara adil yang hanya mencari kebenaranlah yang akan membuat iman dan ketaatannya kepada Rasul bertambah. Adapun orang yang membelot, berpaling dari kebenaran, dan mengikuti hawa nafsunya, maka hal itu akan menambah kekufuran baginya di atas kekufurannya dan kebingungan diatas kebingungannya, dan dia mengemukakan hujjah batil yang didasari oleh syubhat yang tidak ada hakikatnya sama sekali.
“Dan sungguh perpindahan kiblat itu,” yakni pengalihanmu darinya, “terasa amat berat,” maksudnya sangat sulit, “kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah,” sehingga mereka mengetahui nikmat Allah atas mereka dalam hal teersebut lalu mereka bersyukur dan mengakui kebaikanNya dalam memberikan perintah untuk menghadapkan wajah ke Ka’bah, yang telah Dia muliakan atas tempat-tempat di seluruh bumi, dan menuju kepadanya (untuk haji) adalah salah satu di antara rukun-rukun Islam serta sebagai penggugur dosa dan kesalahan. Oleh kaena itulah hal tersebut terasa ringan bagi mereka, dan terasa berat bagi selain mereka.
Kemudian Allah berfirman, “Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu,” maksudnya tidaklah patut dan tidaklah pantas bagiNya, bahkan hal itu merupakan perkara yang tidak mungkin dilakukanNya. Allah mengabarkan bahwa hal itu tidak mungkin dilakukanNya dan sangat mustahil Dia menyia-nyiakan keimanan kalian. Dalam hal ini ada sebuah kabar gembira bagi orang yang telah dikaruniakan keimanan dan keislaman oleh Allah, yaitu bahwa Allah akan menjaga keimanan mereka dan tidak menyia-nyiakan.
Penjagaan Allah itu ada dua macam.
Pertama: Penjagaan dari kesia-siaan dan kehilangan, dengan pelindunganNya dari segala hal yang dapat merusak, menghapus, dan menguranginya, berupa ujian-ujian yang menggoncangkan dan hawa nafsu yang menghalangi.
Kedua: Penjagaan dengan menumbuhkannya untuk mereka dan memberikan taufik terhadap mereka kepada perkara yang dapat menambah keimanan dan menguatkan keyakinan mereka, dan sebagaimana Allah memulai dengan memberikan hidayahNya untuk kalian kepada keimanan, maka begitu pula Allah akan menjaga keimanan itu bagi kalian dan akan menyempurnakan nikmatNya dengan menumbuhkannya dan memperbanyak ganjaran dan balasan, serta memeliharanya dari segala hal yang mengotorinya.
Bahkan bila ujian-ujian yang dimaksudkan darinya terjadi, hal itu akan menampakkan Mukmin yang hakiki dari Mukmin yang bohongan, dan menyaring kaum Mukminin dan menampakkan kejujuran mereka, seolah-olah merupakan seikap kewaspadaan dari suatu dugaan yang muncul dari firman Allah, “Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot,” yang terkadang menjadi penyebab bagi sebagian kaum Mukminin untuk meninggalkan keimanan mereka, maka untuk mmbantah dugaan seperti itu, Allah berfirman, “Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu,” dengan pertimbanganNya atas ujian-ujian itu atau yang selainnya.
Dan termasuk dalam hal itu juga adalah orang yang meninggal dari kaum Muslimin sebelum peralihan kiblat ke Ka’bah, sesungguhnya Allah tidak akan menyia-nyiakan keimanan mereka, karena mereka adalah orang-orang yang menunaikan perintah-perintah Allah dan menaati Rasulullah pada waktunya, dan taat kepada Allah dengan menunaikan perintahNya pada setiap waktu sesuai dengan hal tersebut.
Ayat ini merupakan dalil bagi Ahlus Sunnah wal Jamaah bahwa perbuatan-perbuatan anggota tubuh termasuk ke dalam iman.
Firmannya, “Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia,” maksudnya, rahmat yang sangat banyak atas mereka, karena diantara bentuk kasih sayang dan rahmatNya terhadap mereka adalah dengan menyempurnakan nikmatNya yang telah Dia anugerahkan kepada mereka dan Dia bedakan dari mereka orang yang beriman dengan lisannya saja tanpa hatinya, dan Dia menguji mereka dengan ujian yang membuat keimanan mereka bertambah dan derajat mereka meningkat, serta membimbing mereka kepada rumah yang paling mulia dan paling agung.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 142-143

Dikatakan bahwa yang dimaksud dengan "orang-orang bodoh" di sini adalah orang-orang musyrik Arab. Hal ini diungkapkan oleh Az-Zajjaj.
Dikatakan, yaitu para uskup Yahudi. Hal ini diungkapkan oleh Mujahid.
Dikatakan, yaitu rang-orang munafik. Hal ini diungkapkan oleh al-Suddi.
Ayat ini umum untuk semua kelompok ini, dan hanya Allah lebih mengetahui.
Diriwayatkan dari Bara' bahwa Nabi SAW shalat menghadap Baitul Maqdis selama enam belas atau tujuh belas bulan. Beliau berharap agar kiblatnya adalah kiblatnya menghadap ke Baitullah. Beliau melakukan shalat pertama yang menghadap Baitul Maqdis adalah shalat Ashar, dan beberapa orang ikut shalat bersamanya. Kemudian, seorang lelaki yang telah shalat sebelumnya keluar dan berjalan melewati orang-orang yang sedang ruku', dan berkata, "Demi Allah, aku telah shalat bersama Nabi SAW menghadap Mekah". Orang-orang tersebut pun berbalik menghadap Baitullah dalam shalat mereka. Adapun orang-orang yang wafat dalam keadaan menghadap kiblat sebelum kiblat Baitullah diubah itu ada beberapa orang yang meninggal sebelum perubahan tersebut dan kami tidak mengetahui berapa banyak jumlah mereka. Allah SWT berfirman tentang mereka (dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia)
Diriwayatkan dari Bara' juga disebutkan bahwa Nabi SAW biasa melaksanakan shalat menghadap Baitul Maqdis, dan beliau seringkali menengadah ke langit, menantikan perintah Allah. Lalu Allah SWT menurunkan firmanNya, (Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram) (Surah Al-Baqarah: 144). Lalu ada sekelompok orang muslim berkata, "Kami berharap kita mengetahui siapa dari kalangan kami yang meninggal sebelum kami menghadap kiblat baru, dan bagaimana shalat kami yang menghadap Baitul Maqdis?" Lalu Allah SWT menurunkan firmanNya, (dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu) Lalu orang-orang yang bodoh, yaitu Ahli Kitab, berkata, (Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?)
Ali bin Abi Thalhah mengatakan dari Ibnu Abbas: Sesungguhnya Rasulullah SAW ketika hijrah ke Madinah, Allah memerintahkan beliau untuk menghadap ke Baitul Maqdis. Hal ini membuat orang Yahudi senang. Lalu Rasulullah SAW kemudian mematuhi perintah ini selama kurang lebih sepuluh bulan. Rasulullah SAW menyukai kiblat nabi Ibrahim, dan sering kali berdoa kepada Allah sambil menengadah ke langit. Kemudian Allah SWT menurunkan ayat: (Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya) (Surah Al-Baqarah: 144), atau mengarah ke sana. Lalu tindakan ini membuat orang Yahudi merasa ragu dan berkata: (Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?) Maka Allah menurunkan ayat: (Katakanlah: "Kepunyaan Allah-lah timur dan barat; Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus")
Banyak hadits yang menjelaskan tentang hal ini, dan intinya adalah bahwa Rasulullah SAW diperintahkan untuk menghadap batu di Baitul Maqdis. Ketika masih di Makkah, beliau shalat di antara dua sudut Ka'bah, sehingga posisi beliau berada di antara Ka'bah, dan beliau menghadap batu di Baitul Maqdis. Namun, setelah hijrah ke Madinah, sulit untuk menghadap keduanya secara bersamaan. Maka Allah memerintahkan beliau untuk menghadap Baitul Maqdis. Pendapat ini dinyatakan oleh Ibnu Abbas dan mayoritas ulama. Namun, ada yang berbeda dengan pendapat itu mengenai apakah perintah ini diberikan melalui Al-Qur'an atau melalui wahyu lain. Ada dua pandangan yang berbeda. Al-Qurtubi dalam tafsirnya meriwayatkan dari ‘Ikrimah, Abu Al-‘Aliyah, dan Hasan Al-Bashri bahwa Rasulullah SAW dengan isjtihad beliau sendiri yaitu beliau mengarahkan dirinya sendiri ke Baitul Maqdis ketika datang di Madinah, dan hal itu berlanjut sampai sekitar sepuluh bulan, dan memperbanyak berdoa dan memohon untuk menghadap Ka'bah yang merupakan kiblat nabi Ibrahim, lalu doa beliau dikabulkan, lalu beliau diperintahkan untuk menghadap ke Baitullah. Kemudian Rasulullah SAW memberitahukannya kepada orang-orang, dan shalat pertama yang beliau lakukan ketika menghadap kiblat itu adalah shalat ashar, sebagaimana telah disebutkan dalam hadits shahih Bukhari Muslim dari riwayat Bara’. Sedangkan yang ada pada An-Nasa’i diriwayatkan Abu Sa’id bin Mu’alla bahwa itu adalah shalat zhuhur, beliau bersabda,”Aku dan para sahabatku sahabatku adalah orang yang pertama shalat menghadap Ka’bah”

Disebutkan oleh beberapa mufasir dan bahwa perubahan kiblat turun kepada Rasulullah SAW ketika beliau telah melaksanakan dua rakaat shalat zhuhur, dan hal ini terjadi di Masjid Bani Salamah, maka dinamakanlah masjid tersebut: Masjid Al-Qiblatain.
Laki-laki berpindah di tempat perempuan, dan perempuan berpindah di tempat laki-laki. Hal ini disebutkan oleh Syaikh Abu Umar bin Abdul Barr An-Namari. Adapun penduduk Quba, mereka tidak mendapat kabar tersebut sampai waktu shalat subuh pada hari kedua seperti yang disebutkan dalam hadits shahih Bukhari Muslim yang diriwayatkan dari Ibnu Umar, dia berkata: Ketika orang-orang yang berada di Quba sedang melaksanakan shalat Subuh, tiba-tiba datanglah seorang utusan yang mengatakan, “Sesungguhnya Rasulullah SAW telah menerima wahyu malam ini dan beliau diperintahkan untuk menghadap Ka'bah, maka menghadaplah kalian ke arah Ka'bah. Lalu mereka pun berbalik menghadap Ka'bah."
Dalam peristiwa ini terdapat petunjuk bahwa nasakh itu tidak mengikat hukumnya kecuali setelah mengetahuinya, bahkan jika sudah lewat pemberitahuannya. Hal ini karena mereka tidak diperintahkan untuk mengulangi shalat ashar, maghrib, dan isya', hanya Allah yang lebih mengetahui.
Ketika peristiwa ini terjadi, orang-orang munafik, orang-orang yang ragu, dan orang-orang kafir dari kalangan Yahudi merasa bingung, serta meragukan petunjuk. Mereka berkata, (Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?) artinya mereka berkata,”Mengapa mereka itu, terkadang menghadap ke sana, dan terkadang menghadap ke sini” Lalu Allah menurunkan jawaban atas keraguan mereka dengan firmanNya: (Katakanlah: "Kepunyaan Allahlah timur dan barat) yaitu hukum, aturan dan perintah, semua itu adalah milik Allah (maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah) (Surah Al-Baqarah: 115) dan (Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah) (Surah Al-Baqarah: 177) yaitu bahwa semua itu hanya untuk melaksanakan perintah Allah. Kemanapun kita menghadap, itulah arah kita. Maka haruslah taat dalam melaksanakan perintah perintahNya. Meskipun kita mengarahkan ke berbagai arah setiap hari, kita tetaplah hambaNya dan kita bertindak sebagai hambaNya, di mana pun kita menghadap, itulah arah kita. Allah SWT memiliki perhatian besar terhadap hambaNya, RasulNya nabi Muhammad SAW, dan umatNya. Itu memberi bantuan yang besar ketika menunjukkan mereka untuk menghadap ke arah kiblat nabi Ibrahim. Dia menjadikan arah mereka menuju Ka'bah yang dibangun atas nama Allah SWT dan tidak ada sekutu bagiNya. Ka'bah adalah rumah Allah yang paling mulia di bumi, yang dibangun oleh nabi Ibrahim. Oleh karena itu, Allah berfirman: (Katakanlah: "Kepunyaan Allah-lah timur dan barat; Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus)
Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda (dalam konteks Ahli Kitab) Sesunguhnya mereka tidak iri terhadap kita dalam hal apa pun sebagaimana mereka iri terhadap kita pada hari Jumat yang ditunjukkan Allah kepada kita jalan, sementara mereka tersesat darinya, dan terhadap kiblat yang ditunjukkan Allah kepada kita untuk menghadapnya, serta iri terhadap perkataan kita di belakang imam: “Amin”
Allah SWT berfirman, (Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu) Allah berfirman,”Kami mengubah kiblat kalian ke arah kiblat nabi Ibrahim, dan Kami memilihnya untuk kalian agar kalian menjadi umat terpilih, agar kalian menjadi saksi atas umat-umat lain di hari kiamat, karena semua orang mengakui keutamaan kalian” Adapun “wasatha” di sini mengandung arti terpilih dan paling utama, sebagaimana dikatakan, “Quraisy adalah orang-orang terpilih dari bangsa Arab dalam hal keturunan” yaitu yang terbaik dari mereka. Rasulullah SAW adalah orang yang paling utama di antara kaumnya, yaitu keturunan terbaik dari mereka. Dari sini pula datang nama shalat wustha yang merupakan shalat paling utama, yaitu shalat Ashar, sebagaimana tercatat dalam hadits-hadits shahih dan yang lainnya. Ketika Allah menjadikan umat ini sebagai umat pertengahan, Dia memberikan kepada mereka hukum yang paling sempurna, jalan yang paling benar, dan metode yang paling tepat. Sebagaimana Allah SWT berfirman, (Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia) (Surah Al-Hajj: 78)
Diriwayatkan dari Abu Sa’id, dia berkata,”Rasulullah SAW bersabda”nabi Nuh akan dipanggil pada hari kiamat, dan akan dikatakan kepadanya, “Apakah kamu telah menyampaikan (risalahmu)?” dia menjawab, Iya” Kemudian kaumnya dipanggil, dan akan dikatakan kepada mereka, “Apakah telah sampai kepada kalian?” Mereka menjawab,” dan tidak ada yang memberi peringatan kepada kami dan tidak siapapun yang datang kepada kami” Maka nabi Nuh akan ditanya, “Siapakah yang akan menjadi saksi bagimu?” dia menjawab, “nabi Muhammad dan umatnya” maka hal itu merupakan makna firman Allah (Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil) “Wasatha” artinya adalah keadilan Kemudian kalian akan dipanggil dan akan menjadi saksi untuk nabi Nuh bahwa dia telah menyampaikan, kemudian aku akan menjadi saksi atas kalian”,
Diriwayatkan dari Sa’id Al-Khudri berkata, Rasulullah SAW bersabda,”Nabi akan datang pada hari kiamat dan bersamanya dua orang atau lebih lalu dipanggil kaumnya dan dikatakan kepada mereka,”apakah telah sampai kepada kalian hal ini?, lalu mereka berkata, “tidak” lalu dikatakan kepada nabi itu,”Apakah kamu telah menyampaikannya kepada kaummu?”, lalu dia menjawab,”Iya”. Lalu dikatakan,”Siapakah yang akan bersaksi untukmu?”, lalu dia menjawab,”nabi Muhammad dan umatnya” lalu nabi Muhammad dan kaumnya dipanggil dan ditanya kepada mereka,”Apakah kaum ini telah menerima hal ini?”. Kemudian mereka berkata,”Apa yang menjadi dasar pengetahuan kalian”. Lalu mereka berkata,”Telah datang kepada kami nabi kami, dan memberitahu kepada kami bahwa telah menerima hal itu” Hal tersebut sesuai dengan firman Allah (Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil) dia bertanya: adil (dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu).
Diriwaatkan dari Abu Sa'id al-Khudri, dari Nabi SAW, tentang firman Allah SWT, (Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil) beliau bersabda, “Yaitu adil”

Diriwayatkan dari Abu Al-Aswad, dia berkata: Aku pernah berkunjung ke kota Madinah saat sedang berjangkitnya penyakit. Saat aku sedang duduk dekat ['Umar bin Al Khaththab radliallahu 'anhu] tiba-tiba ada jenazah yang lewat di hadapan mereka lalu mereka menyanjungnya dengan kebaikan. Maka 'Umar radliallahu 'anhu berkata,: "Pasti baginya". Tak lama kemudian lewat jenazah yang lain lalu jenazah itu pun disanjung dengan kebaikan. Maka 'Umar radliallahu 'anhu berkata, lagi: "Pasti baginya". Kemudian lewat jenazah yang ketiga lalu jenazah itu disebut dengan keburukan, maka 'Umar radliallahu 'anhu pun berkata,: "Pasti baginya". Berkata, Abu Al Aswad; maka aku bertanya: "Apa yang dimaksud pasti baginya, wahai Amirul mu'minin?". Maka dia berkata,: "Aku mengatakannya seperti yang dikatakan oleh Nabi Shallallahu'alaihiwasallam: "Bilamana seorang muslim (meninggal dunia) lalu disaksikan (disanjung) oleh empat orang muslim lainnya dengan kebaikan maka pasti Allah akan memasukakannya ke dalam surga". Maka kami bertanya kepadanya: "Bagaimana kalau tiga orang muslim?". Dia menjawab; "Juga oleh tiga orang". Kami berkata lagi: "Bagaimana kalau dua orang muslim?". Dia menjawab; "Juga oleh dua orang". Dan kami tidak menanyakannya lagi bagaimana kalau satu orang".

Diriwayatkan dari Abu Bakar bin Abi Zuhair Ats-Tsaqafi, dari ayahnya, dia berkata: “Rasulullah SAW bersabda ketika di An-Nabawah: Hampir saja kalian mengetahui orang-orang yang terpilih dari kalian dan orang-orang yang jahat dari kalian. Mereka bertanya, "Dengan melalui apakah, wahai Rasulullah?" Rasulullah Saw. menjawab, "Dengan melalui pujian yang baik dan sebutan yang buruk; kalian adalah saksi-saksi Allah yang ada di bumi."

Terkait firman Allah SWT, (Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah) Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Kami memerintahkan kepadamu, wahai Muhammad, untuk menghadap pertama ke arah Baitul Maqdis, kemudian Kami menghadapkanmu ke arah Ka'bah, untuk membedakan siapa yang mengikutimu, menaatimu, dan menghadap bersamamu dimanapn kamu menghadap dari orang yang berbalik arah, yaitu murtad dari agamanya.
(Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat) artinya tindakan ini, yaitu mengubah arah dari Baitul Maqdis menuju Ka’bah, yaitu, ini merupakan perkara yang sangat berat bagi diri mereka kecuali orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dalam hati mereka dan meyakini dengan kebenaran Rasulullah SAW, dan semua yang dia bawa adalah kebenaran yang tidak keraguan lagi, dan bahwa Allah berbuat sesuatu yang Dia kehendaki dan menghukum apa yang Dia kehendaki. Maka Allah berhak membebankan kepada hamba-hambaNya dengan apa yang Dia kehendaki dan mencabut apa yang Dia kehendaki, dan bagiNya hikmah yang sempurna dan hujjah yang kuat di semua hal ini, berbeda dengan orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit. Oleh sebab itu, setiap kali ada sesuatu yang terjadi, hal itu menimbulkan keraguan bagi mereka, seperti yang terjadi pada orang-orang yang beriman dengan yakin. Sebagaimana Allah SWT berfirman,( Dan apabila diturunkan suatu surat, maka di antara mereka (orang-orang munafik) ada yang berkata: "Siapakah di antara kamu yang bertambah imannya dengan (turannya) surat ini?" Adapun orang-orang yang beriman, maka surat ini menambah imannya, dan mereka merasa gembira (124) Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka) [Surah At-Taubah] dan (Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan) [Surah Fushshilat: 44] serta firmanNya (Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian) [Surah Al-Isra': 82] Terkait hal ini, orang-orang yang kuat keyakinannya kepada Rasulullah SAW dan mengikuti perintahnya tanpa ragu itu adalah para pemimpin para sahabat.
Beberapa ulama’ berpendapat bahwa mereka yang pertama-tama beriman dari golongan Muhajirin dan Ansar adalah orang yang melaksanakan shalat menghadap dua kiblat.
Diriwayatkan dari Ibnu Umar, dia berkata, "Saat orang-orang sedang melaksanakan shalat subuh di Masjid Quba, tiba-tiba seseorang datang dan berkata, “Sesungguhnya Allah telah menurunkan ayat Al-Qur'an kepada Nabi SAW, dan beliau diperintahkan untuk menghadap Ka'bah. Lalu mereka pun menghadap ke Ka'bah"
Hal ini menunjukkan kesempurnaan ketaatan mereka kepada Allah SWT dan RasulNya, serta ketaatan mereka kepada perintah Allah SWT, dan Allah SWT meridhai mereka semua.
Firman Allah (dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu) yaitu, shalatmu menghadap Baitul Maqdis sebelum ini, dan tidak akan sia-sia pahala di sisi Allah.
Dalam hadits shahih yang diriwayatkan dari Abu Ishaq As-Sabi'I, dari Al-Bara' berkata, "Sejumlah orang yang sudah shalat menghadap Baitul Maqdis telah meninggal dunia. Lalu orang-orang berkata, “Bagaimana keadaan mereka?” Lalu Allah SWT menurunkan ayat, (dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu)
Hasan Al-Basri berkata tentang firman Allah (Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu) dan Allah tidak mengabaikan nabi Muhammad SAW, dan kalian bersamanya ke mana pun dia pergi. (Sungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia)

Dalam hadits shahih: Rasulullah SAW melihat seorang wanita dari tawanan perang yang terpisah dengan anaknya. Setiap kali dia menemukan seorang anak yang dia cintai dari tawanan perang, dia mengambilnya dan memeluknya sambil berjalan mengelilingi tempat mencari anaknya. Ketika dia menemukan anaknya, dia memeluknya erat. Kemudian Rasulullah SAW bersabda: "Apakah kalian mengira wanita ini akan membuang anaknya ke dalam api neraka sedangkan dia mampu untuk tidak membuangnya?" Mereka menjawab, "Tidak, wahai Rasulullah." Beliau bersabda, "Demi Allah, Allah lebih lembut terhadap hamba-hambaNya daripada wanita ini terhadap anaknya"


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
{ أُمَّةٗ وَسَطٗا } Ummatan Wasathan : Pertengahan sesuatu adalah hal yang terbaik. Yang dimaksud adalah bahwa umat Nabi Muhammad ﷺ adalah umat yang pertengahan dan paling baik.
{ يَنقَلِبُ عَلَىٰ عَقِبَيۡهِۚ } Yanqolibu ‘ala ‘aqibaih : Kembali kepada kekufuran setelah merasakan hidayah iman.
{ لَكَبِيرَةً } Lakabiirah : Berat bagi jiwa untuk menerimanya, karena membutuhkan usaha yang besar untuk merubah kiblat dari yang sudah terbiasa menuju kiblat yang baru.
{ إِيمَٰنَكُمۡۚ } Imaanakum : Shalat yang kalian lakukan menghadap Baitul Maqdis sebelum dirubah menghadap Ka’bah.
{ رَءُوفٞ رَّحِيمٞ } Raufun rahiim : Maha Penyayang dengan mencegah bahaya yang menimpa kalian dan memberikan kebaikan yang melimpah untuk kalian.

Makna ayat :
Pada ayat (143) Allah Ta’ala mengatakan (وَكَذَٰلِكَ جَعَلۡنَٰكُمۡ أُمَّةٗ وَسَطٗا ) “Dan begitulah kami menjadikan kalian sebagai umat pertengahan.” Yaitu umat terbaik dan pilihan. Maknanya, sebagaimana kami berikan petunjuk kalian kepada kiblat yang terbaik yaitu Ka’bah sebagai kiblatnya Nabi Ibrahim ‘alahissalam, kami jadikan kalian juga sebagai umat terbaik dan yang paling lurus. Kami persiapkan kalian dengan hal itu untuk menjadi saksi bagi umat yang lain pada hari kiamat nanti, karena umat-umat lain itu mengingkari bahwa rasul-rasulnya telah menyampaikan risalah dari Allah, dan untuk kalian yang akan menjadi saksi adalah rasul kalian sendiri. Ini adalah bentuk penghormatan dan kenikmatan hanya Allah Ta’ala yang mengetahuinya. Kemudian Allah Ta’ala menyebutkan alasan pergantian kiblat dalam firmanNya,”Kami jadikan bagi kalian kiblat yang baru agar diketahui siapa saja yang mengikuti rasul.” Akan menjadi kuat dan tetap keimanan, ketaatan, ketundukan orang tersebut kepada Allah dan rasulNya karena tidak terpengaruh omongan orang-orang yang kurang akalnya. Sedangkan orang yang terpengaruh omongan itu hatinya akan terombang ambing dalam kebimbangan dan binasa karena murtad bersama mereka.
Kemudian Allah Ta’ala memberitahukan jikan perubahan kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka’bah berat diterima oleh jiwa, kecuali orang-orang yang diberikan petunjuk oleh Allah untuk mengetahui rahasianya, mengetahui hal-hal yang disukai dan dibenci oleh Allah Ta’ala. Oleh karena itu mereka tidak mendapatkan kesulitan sedikitpun untuk berubah dair ketaatan yang satu kepada ketaatan yang lain, dan dari kiblat yang satu menuju kiblat yang lain. Selama Rabbnya mencintai itu dan memerintahkannya.
Terakhir, Allah Ta’ala menenangkan jiwa mereka dengan pahala shalat mereka yang telah dilakukan menghadap Baitul Maqdis sekitar 17 bulan lamanya. Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala shalat mereka dan akan membalasnya dengan sempurna baik bagi orang yang telah meninggal yang selama hidupnya shalat menghadap Baitul Maqdis, atau bagi oragn yang hidup sampai mendapat shalat menghadap Ka’bah. Inilah bentuk kasih sayang dan rahmat Allah kepada hamba-hambaNya.

Pelajaran dari ayat :
• Keutamaan umat Islam dibandingkan umat-umat yang lain, karena umat Islam adalah umat pertengahan dan pertengahan adalah syiarnya.
• Kebolehan untuk menguji seorang mukmin dan memberikan penilaian baginya.
• Sahnya shalat orang yang tidak menghadap kiblat apabila tidak mengetahuinya, dan dia mendapatkan pahala tanpa perlu mengulangi shalatnya. Walaupun telah shalat selama berbulan-bulan menghadap selain kiblat, selama itu merupakan hasil ijtihad untuk mengetahui arah kiblat dan shalat sesuai hasil ijtihadnya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Baqarah ayat 143: Allah mengajarkan bahwasannya Ia meberikan hidayah kepada kalian wahai orang-orang yang beriman kepada agama islam dan kepada kiblat bapak kalian Ibrahim, begitu juga menjadikan kalian adil dalam memilih tidak menyepelekan serta berlebihan; sebagai saksi atas kalian bagi umat-umat dihari kiamat yang bahwasannya para utusan telah menyampaikan kerisalahan Rabb mereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Umat Islam dijadikan umat pertengahan, yakni umat yang adil dan pilihan, karena mereka akan menjadi saksi atas perbuatan orang yang menyimpang dari kebenaran baik di dunia maupun di akhirat dan akan bersaksi di akhirat bahwa para rasul telah menyampaikan risalah kepada kaumnya, sebagaimana Nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam akan menjadi saksi terhadap umatnya, bahwa Beliau telah menyampaikan riasalahnya.

Umat Islam adalah umat pertengahan, mereka pertengahan dalam masalah agama antara orang-orang yang ghuluw (berlebihan) dan orang-orang yang meremehkan. Contoh pertengahan umat Islam adalah mereka tidak seperti orang-orang Nasrani yang berlebihan kepada nabi mereka sampai menuhankannya, dan tidak seperti orang-orang Yahudi yang bersikap kasar kepada nabi-nabi mereka. Umat Islam beriman kepada semua nabi dan tidak membeda-bedakannya dalam beriman. Mereka juga diberikan beberapa kelebihan, di antaranya:

- Bumi seluruhnya dijadikan masjid selain kuburan dan kamar mandi, sedangkan orang-orang ahli kitab hanya boleh shalat di biara dan gereja mereka saja.

- Dihalalkan untuk umat Islam yang baik-baik dan diharamkan yang kotor, sedangkan kepada orang-orang yahudi diharamkan beberapa hal yang baik sebagai hukuman untuk mereka, adapun orang-orang Nasrani tidak menajiskan sesuatu, tidak mengharamkan sesuatu bahkan menghalalkan semua hewan yang merangkak tanpa pengecualian.

- Dihalalkan untuk umat Islam ghanimah

- Dll.

Umat Islam diberikan agama yang paling sempurna, akhlak yang paling mulia dan amal yang paling utama. Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberikan kepada mereka ilmu, hilm (santun), adil dan ihsan yang tidak diberikan kepada umat selainnya. Oleh karena itu, mereka adalah umat yang adil dan pilihan agar mereka menjadi saksi bagi manusia karena keadilan, mereka menghukumi manusia tidak dihukumi dan oleh karenanya kesepakatan mereka juga maqbul (diterima).

Di antara persaksian umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam terhadap umat yang lain adalah ketika di hari kiamat, saat Allah Subhaanahu wa Ta'aala bertanya kepada para rasul tentang tugas mereka menyampaikan risalah, sedangkan kaum mereka mengaku belum pernah didatangi oleh rasul, maka para nabi mengangkat umat Islam sebagai saksi terhadap mereka bahwa mereka telah menyampaikan risalahnya.

Pada ayat ini juga terdapat dalil bahwa ijma' umat ini adalah hujjah dan ma'shum berdasarkan firman-Nya "wasathaa" dan berdasarkan firman-Nya juga "litakuunuu syuhadaa'a 'alan naas".

Mengetahui di sini karena terkait dengan pahala dan siksa, yakni agar jelas asalannya mengapa orang ini berhak diberi pahala dan mengapa orang itu berhak disiksa, meskipun Allah Subhaanahu wa Ta'aala sudah mengetahui segala perkara sebelum terwujudnya. Hal ini menunjukkan keadilan-Nya dan penegakkan hujjah terhadap hamba-hamba-Nya.

Allah Subhaanahu wa Ta'aala tidaklah mensyari'atkan menghadap ke Baitul Maqdis melainkan agar diketahui dan diuji-Nya siapa yang mengikuti Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beriman kepadanya dan mengikuti Beliau dalam semua keadaan dengan orang yang malah berbalik. Di samping itu, Beliau adalah seorang hamba yang diperintah Allah dan diatur, dan lagi kitab-kitab terdahulu pun mengabarkan bahwa ia akan menghadap ke Ka'bah. Oleh karena itu orang yang sadar, di mana tujuannya adalah mengejar yang hak akan bertambah iman dan keta'atannya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Sebaliknya, orang yang malah berbalik, berpaling dari kebenaran dan mengikuti hawa nafsunya, maka ia akan bertambah kufur dan kufur, bingung dan bertambah bingung, termakan oleh hujjah yang batil yang didasari syubhat dan tidak ada hakikatnya.

Mereka adalah orang-orang yang mengenal nikmat Allah, bersyukur dan mengakui ihsan-Nya yang menjadikan mereka menghadap ke rumah yang agung itu; rumah yang diutamakan-Nya di atas semua dataran bumi, dijadikan-Nya pergi ke rumah itu sebagai salah satu rukun Islam yang dapat menghapuskan dosa dan kesalahan. Oleh karena itu, bagi mereka hal ini terasa ringan dan mudah.

Imam Bukhari meriwayatkan dalam bagian tafsir juz 9 hal. 237 dari Al Barra' radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam shalat menghadap Baitulmaqdis selama 16 atau 17 bulan. Beliau ingin sekali kiblatnya menghadap ke Baitullah (di Mekah). Pernah suatu ketika, Beliau melakukan shalat atau melakukan shalat Ashar menghadap Baitullah, dan ikut pula bersama Beliau beberapa orang sahabat, lalu seseorang yang ikut shalat bersama Beliau pergi setelah shalat dan melewati orang-orang yang berada di masjid yang ketika itu sedang ruku, maka ia berkata, "Aku bersaksi dengan nama Allah, sungguh aku telah shalat bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menghadap ke Mekah", maka mereka pun berputar (menghadap ke Mekah) sebagaimana mereka menghadap ke Baitulmaqdis. Di antara mereka ada beberapa orang yang meninggal terbunuh ketika kiblat belum dirubah, kami tidak mengetahui apa yang harus kami ucapkan terhadap mereka itu, maka Allah menurunkan ayat, "Wa maa kaanallahu liyudhii'a iimaanakum...dst." (Al Haafizh dalam Al Fat-h juz 1 hal. 104 berkata, "Penyusun (Imam Bukhari) dalam bagian tafsir menyebutkan dari jalan Ats Tsauri dari Abu Ishaq, "Bahwa aku mendengar Al Barra', sehingga menjadi amanlah dari tadlis yang dilakukan Abu Ishaq).

Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Simak dari Ikrimah dari Ibnu Abbas ia berkata, "Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menghadap ke Ka'bah, para sahabat berkata, "Wahai Rasulullah! Bagaimana keadaan saudara-saudara kita yang meninggal dalam keadaan masih shalat menghadap Baitulmaqdis?" Maka Allah menurunkan ayat, "Wa maa kaanallahu liyudhii'a iimaanakum...dst." (Imam Tirmidzi berkata, "Hadits ini hasan shahih", dan dalam periwayatan Simak dari Ikrimah terdapat idhthirab (kegoncangan), akan tetapi hadits ini memiliki syahid (penguat), yaitu hadits sebelumnya).

Yakni shalatmu yang dahulu menghadap ke Baitul Maqdis. Dalam ayat ini terdapat dalil bagi Ahlussunnah bahwa amal termasuk bagian dari iman, karena shalat disebut dengan iman.

Dalam ayat ini terdapat berita gembira kepada orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah dengan Islam dan iman, yakni Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan menjaga iman mereka dan tidak akan menyia-nyiakannya. Penjagaan-Nya terhadap iman, bisa berupa penjagaan-Nya agar tidak hilang dan batal dengan cara menjaganya dari semua yang bisa merusak, menghilangkan dan mengurangi berupa cobaan-cobaan yang menghanyutkan dan hawa nafsu yang biasa menghalangi. Demikian juga bisa berupa pengembangan-Nya kepada iman itu, memberinya taufiq kepada hal yang dapat menambah iman mereka dan menguatkan keyakinan mereka.

Firman-Nya "dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu" seakan-akan untuk menjaga anggapan-anggapan yang timbul dari firman-Nya "Kami tidak menjadikan kiblat yang (dahulu) kamu berkiblat kepadanya melainkan agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang" bahwa hal itu bisa menjadi sebab sebagian kaum mukmin meninggalkan imannya, maka anggapan ini ditolak dengan firman-Nya "dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu".


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Baqarah Ayat 143

Jika Allah menjadikan kakbah sebagai kiblat yang paling utama karena dibangun oleh bapak para nabi, yaitu nabi ibrahim, maka demikian pula kami telah menjadikan kamu, umat islam, umat pertengahan, yaitu umat terbaik yang pernah ada di bumi ini. Umat yang terbaik sangatlah pantas menjadi saksi. Tujuannya adalah agar kamu menjadi saksi atas perbuatan manusia, yaitu ketika nanti pada hari kiamat jika ada dari mereka yang mengingkari bahwa rasul-rasul mereka telah menyampaikan pesan-pesan Allah atau adanya penyimpangan pada ajaran mereka. Di samping itu, juga agar rasul, Muhammad, menjadi saksi atas perbuatan kamu yaitu dengan memberikan petunjuk dan arahan-arahannya ketika masih hidup serta jalan kehidupannya juga petunjuknya ketika sudah meninggal. Allah kemudian menjelaskan tujuan pengalihan kiblat, yaitu menguji keimanan seseorang. Kami tidak menjadikan kiblat yang dahulu kamu berkiblat kepadanya melainkan agar kami mengetahui siapa yang mengikuti rasul dan siapa yang berbalik ke belakang. Bagi mereka yang tetap istikamah dengan keimanannya, mereka akan mengikuti apa pun yang diperintahkan oleh Allah dan rasul-Nya, baik dalam pengalihan kiblat atau lainnya. Sebaliknya, bagi yang lain, mereka akan menolak dan enggan mengikuti perintah Allah dan rasul-Nya. Ihwal pemindahan kiblat memang mengundang persoalan bagi sebagian kelompok. Oleh karena itu, pemindahan kiblat itu sangat berat kecuali bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Sebagian kelompok menganggap persoalan kiblat adalah termasuk ajaran yang sudah baku, tidak bisa diubah lagi, seperti halnya tauhid. Namun, sebagian lagi, yaitu orang-orang yang istikamah dalam beriman, menganggap bahwa persoalan ini termasuk kebijakan Allah yang bisa saja berubah. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sungguh, Allah maha pengasih, maha penyayang kepada manusia. Sebelum arah kiblat dipindahkan kembali ke kakbah, nabi sering menengadahkan wajahnya ke arah langit. Nabi sangat berharap agar Allah segera memindahkan kiblat dari baitulmakdis ke kakbah, maka turunlah ayat ini. Kami melihat wajahmu, wahai nabi Muhammad, sering menengadah ke langit. Kami maha mengerti tentang keinginanmu, oleh karena itu akan kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah masjidilharam. Dan di mana saja engkau berada, wahai pengikut nabi Muhammad, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. Dengan pemindahan ini, baitulmakdis sudah tidak lagi menjadi kiblat salat yang sah. Orang yahudi dan nasrani tahu benar akan hal ini. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi kitab taurat dan injil tahu bahwa pemindahan kiblat itu adalah kebenaran dari tuhan mereka. Hal itu mereka ketahui dari kitab-kitab suci mereka. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan. Allah pasti akan mencatat semua langkah perbu-atan mereka yang melawan ketentuan-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penafsiran dari para mufassir terhadap isi dan arti surat Al-Baqarah ayat 143 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita. Bantu syi'ar kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Sering Dilihat

Ada ratusan topik yang cukup sering dilihat, seperti surat/ayat: Do’a Sholat Dhuha, Shad 54, Ar-Rahman, Al-Mulk, Asmaul Husna, Al-Baqarah. Ada juga Al-Kahfi, Al-Kautsar, Yasin, Al-Ikhlas, Al-Waqi’ah, Ayat Kursi.

  1. Do’a Sholat Dhuha
  2. Shad 54
  3. Ar-Rahman
  4. Al-Mulk
  5. Asmaul Husna
  6. Al-Baqarah
  7. Al-Kahfi
  8. Al-Kautsar
  9. Yasin
  10. Al-Ikhlas
  11. Al-Waqi’ah
  12. Ayat Kursi

Pencarian: al maidah ayat 48, an nisa ayat 7, surat maryam 1-11, surah an naba, surat al humazah latin

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kunjungan kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.