Surat Al-Kahfi Ayat 91

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

كَذَٰلِكَ وَقَدْ أَحَطْنَا بِمَا لَدَيْهِ خُبْرًا

Arab-Latin: Każālik, wa qad aḥaṭnā bimā ladaihi khubrā

Artinya: Demikianlah. dan sesungguhnya ilmu Kami meliputi segala apa yang ada padanya.

« Al-Kahfi 90Al-Kahfi 92 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Mengenai Surat Al-Kahfi Ayat 91

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Kahfi Ayat 91 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa tafsir menarik dari ayat ini. Terdapat beberapa penafsiran dari beragam mufassir mengenai makna surat Al-Kahfi ayat 91, sebagiannya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Demikianlah, ilmu kami telah meliputi apa yang dimilikinya berupa kebaikan dan semua cara yang besar, kemanapun dia berlalu dan berjalan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

91. Kisah Dzulkarnain telah Kami sebutkan kepada kalian. Kami mengetahui cara-cara agung yang dia miliki dan langkah-langkah mulia yang dia lakukan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

91. Demikianlah perihal Zulkarnain, dan sungguh ilmu Kami mencakup segala sesuatu yang ada pada dirinya berupa kekuatan dan kekuasaannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

91. كَذٰلِكَ وَقَدْ أَحَطْنَا بِمَا لَدَيْهِ خُبْرًا (demikianlah. dan sesungguhnya ilmu Kami meliputi segala apa yang ada padanya)
Yakni dan Kami telah mengetahui ketika Kami berikan kepada Dzulkarnain kemampuan untuk mengatur kerajaannya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

91. Dzulqarnain memerintahkan sebagaimana apa yang Kami jelaskan kepadamu wahai Nabi. Sesungguhnya telah Kami liputi dia dengan berbagai ilmu peralatan, bala tentara, kemenangan dan lainnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Demikianlah. Sungguh Kami meliputi segala yang ada padanya} sesuatu yang ada di sisinya berupa jalan, jumlah dan persiapannya {dengan sebenar-benar pengetahuan} dengan pengetahuan dan pemahaman


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

91. Kendatipun demikian, ini semua berjalan atas takdir Allah dan ilmuNya. Oleh karena itu, Allah berfirman, “Demikianlah, dan sungguh ilmu Kami meliputi segala apa yang ada padanya,” yaitu dengan kebaikan dan sebab kausalitas yang agung dan ilmu Kami yang akan selalu bersamanya kemanapun ia mengarah dan berjalan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 89-91
Allah SWT berfirman,”Kemudian Dzulqarnain menempuh suatu jalan, dia berjalan dari tempat tenggelamnya matahari (belahan bumi barat) menuju ke tempat terbitnya matahari. Setiap kali dia mendapati suatu umat maka dia mengalahkan, dan menguasainya, lalu menyeru mereka menyembah Allah SWT, Jika mereka taat kepadanya maka dibebaskan, dan jika tidak, maka dia akan menghancurkan, dan memerangi mereka serta merampas harta serta barang mereka. Dia mengambil dari setiap umat sebagian golongan untuk membantu pasukannya dalam memerangi negeri yang berdekatan dengan mereka. Allah SWT berfirman: (dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat) yaitu umat (yang Kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang menghalanginya dari (cahaya) matahari itu) yaitu mereka tidak mempunyai rumah untuk tempat istirahatnya, dan tidak mempunyai pepohonan yang menaungi dan menutupi mereka dari panasnya matahari.
Firman Allah: (demikianlah. Dan sesungguhnya ilmu Kami meliputi segala apa yang ada padanya (91)) Mujahid dan As-Suddi berkata bahwa maknannya adalah ilmu, yaitu Kami melihat semua keadaannya dan pasukannya, tidak ada yang tersembunyi dari Kami keadaan mereka itu, sekalipun umat mereka menyebar ke mana-mana di bumi, karena sesungguhnya Allah SWT berfirman: (tidak ada satu pun yang tersembunyi di bumi dan tidak (pula) di langit) (Surah Ali Imran: 5)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Kahfi ayat 91: Allah mengetahui semua keadaannya, keadaan tentaranya, keadaan perlengkapannya, dll.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Kahfi Ayat 91

Demikianlah kisah perjalanan zulkarnain dan semua perilakunya, baik ketika dia menuju ke barat maupun timur. Dan sesungguhnya kami mengetahui segala sesuatu yang ada padanya dan diperbuatnya. 92. Setelah berhasil menguasai kawasan timur, zulkarnain melanjutkan perjalanannya. Kemudian dia menempuh suatu jalan menuju daerah yang lain lagi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penjelasan dari para ulama terhadap kandungan dan arti surat Al-Kahfi ayat 91 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita bersama. Support kemajuan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Tersering Dikunjungi

Baca banyak materi yang tersering dikunjungi, seperti surat/ayat: Yasin 40, Al-Fatihah 1, Luqman 13-14, Al-Fatihah 7, Yunus 41, Al-Baqarah 284-286. Termasuk Ali ‘Imran 191, Al-Fatihah 2, Al-A’raf, Assalaamualaikum, Ali ‘Imran 104, Al-Baqarah 216.

  1. Yasin 40
  2. Al-Fatihah 1
  3. Luqman 13-14
  4. Al-Fatihah 7
  5. Yunus 41
  6. Al-Baqarah 284-286
  7. Ali ‘Imran 191
  8. Al-Fatihah 2
  9. Al-A’raf
  10. Assalaamualaikum
  11. Ali ‘Imran 104
  12. Al-Baqarah 216

Pencarian: surat ke 67, al baqarah 156 dan artinya, surah al mu'min ayat 60 menjelaskan kepada kita tentang, bacaan latin surat al baqarah ayat 30, surah al-ahqaf ayat 35

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: