Surat Al-Kahfi Ayat 83

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَيَسْـَٔلُونَكَ عَن ذِى ٱلْقَرْنَيْنِ ۖ قُلْ سَأَتْلُوا۟ عَلَيْكُم مِّنْهُ ذِكْرًا

Arab-Latin: Wa yas`alụnaka 'an żil-qarnaīn, qul sa`atlụ 'alaikum min-hu żikrā

Artinya: Mereka akan bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Dzulkarnain. Katakanlah: "Aku akan bacakan kepadamu cerita tantangnya".

« Al-Kahfi 82Al-Kahfi 84 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Terkait Dengan Surat Al-Kahfi Ayat 83

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Kahfi Ayat 83 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa kandungan menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan beberapa penjabaran dari kalangan ahli ilmu terhadap kandungan surat Al-Kahfi ayat 83, sebagiannya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Orang-orang musyrik dari kaummu (wahai rasul) akan bertanya kepadamu mengenai Dzulqarnain, seorang raja yang shalih. katakanlah kepada mereka, ”aku akan ceritakan kepada kalain kisahnya yang akan kalian ingat dan kalian ambil pelajaran darinya. ’


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

83. Hai Rasulullah, Orang-orang musyrik bertanya kepadamu tentang kisah Dzulkarnain, seorang pemimpin yang shalih. Katakanlah kepada mereka: “Aku akan membacakan kepadamu kisah-kisah yang telah Allah ajarkan kepadaku, agar kalian dapat mengambil pelajaran darinya.”

Seseorang bertanya kepada Ali bin Abi Thalib tentang Dzulkarnain, bagaimana dia dapat sampai di timur dan barat?

Dia menjawab: “Subhanallah, telah ditundukkan baginya awan, dimudahkan baginya cara, dan dibentangkan baginya cahaya.”

Kemudian Ali bertanya: “Bagaimana, perlu aku Perjelas lagi?” Maka lelaki itu diam, sehingga Ali juga diam.

(al-Mukhtarah 2/32 no. 409, pentahqiqnya menshahihkan riwayat ini. Tafsir as-Shahih 4/166).


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

83. "Dan orang-orang musyrik dan kaum Yahudi bertanya kepadamu tentang berita Zulkarnain -wahai Rasul-, untuk menguji kebenaranmu. Maka katakanlah, "Akan kuberitahukan kepada kalian beberapa berita tentangnya agar kalian bisa mengambil pelajaran dan peringatan."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

83. وَيَسْـَٔلُونَكَ عَن ذِى الْقَرْنَيْنِ ۖ (Mereka akan bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Dzulkarnain)
Orang-orang yang bertanya tersebut adalah orang-orang Yahudi.
Adapun tentang Dzulkarnain, terdapat pendapat mengatakan dia adalah Iskandar (Alexander) bin Philips al-Yunany, orang yang membangun kota Iskandariyah. Namun pendapat ini bermasalah sebab Iskandar adalah orang kafir dan salah seorang murid dari Ariestoteles. Pendapat lain mengatakan dia adalah Abu Karb al-Himyary. Dan pendapat lain mengatakan ia adalah seorang malaikat.
Dinamakan sebagai Dzulkarnain karena ia telah mencapai tempat terbitnya matahari di sebelah timur dan tempat tenggelamnya di sebelah barat.

قُلْ سَأَتْلُوا۟ عَلَيْكُم مِّنْهُ ذِكْرًا(Katakanlah: “Aku akan bacakan kepadamu cerita tantangnya”)
Yakni dengan wahyu yang akan aku bacakan.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1 ). { قُلْ سَأَتْلُوا۟ عَلَيْكُم مِّنْهُ ذِكْرًا } "Katakanlah: "Aku akan bacakan kepadamu cerita tentangnya" Jawaban kepada orang-orang Quraisy tatkala mereka bertanya tentang dzul Qornain, Rasulullah menjawab dengan pentunjuk tuhannya : bahwasanya beliau akan menjawab dengan jawaban yang dibutuhkan saja, yang memberikan dampak positif dan pelajaran penting, tanpa berbasa-basi dan menyelam ke dalam kata-kata yang tidak berfaedah, maka apakah hal ini disadari oleh para da'i tatkala mereka menyampaikan sesuatu namun keluar dari judul?

2 ). Membatasi ucapan pada hal-hal yang bermanfaat adalah bagian daripada manhaj qur'ani, begitulah yang disampaikan oleh Rasulullah kepada orang yang bertanya tenang dzul qornain padahal beliau diberikan oleh Allah pengetahuan tentang itu yang lebih luas.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

83. Mereka akan bertanya kepadamu wahai Nabi, tentang kisah penguasa dunia dan segala isinya yaitu raja Dzulkarnain. Mereka yang bertanya adalah orang-orang Yahudi. Katakanlah: "Aku akan bacakan kepadamu cerita tantangnya dari Al-quran yang Allah turunkan". Disebut dzul qarnain adalah orang yang telah mencapai ujung barat dan timur dunia


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka bertanya kepadamu tentang Dzulqarnain} Dzulqarnain adalah seorang hamba yang shalih yang dijadikan raja oleh Allah di bumi, diberi pengetahuan dan hikmah, sehingga kekuasaannya mencapai bagian timur dan barat {Katakanlah,“Akan aku membacakan kepada kalian sebagian kisahnya”} beritanya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

83. Orang-orang Ahli KItab atau kaum musyrikin bertanya kepada Rasulullah tentang kisah Dzulqarnain. Maka Allah memerintahkan beliau untuk berkata, “Aku akan bacakan kepadamu cerita tentangnya” di dalam kisah ini, terdapat berita yang bermanfaat dan arah pembicaraan yang menakjubkan. Maksudnya, aku akan menceritakan kepada kalian tentang sifat-sifatnya yang bisa menjadi bahan perenungan dan pelajaran. Adapun keadaan-keadaan selain itu, maka beliau tidak membacakan (ceritanya) kepada mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 83-84
Allah SWT berfirman kepada NabiNya: (Mereka akan bertanya kepadamu) wahai Muhammad (tentang Dzulqarnain) yaitu tentang kisahnya.
Dikatakan bahwa dia dinamakan Dzulqarnain karena telah mencapai belahan bumi timur dan barat sehingga dia sampai di tempat terbit dan tenggelamnya matahari.
Firman Allah: (Sesungguhnya Kami telah memberikan kekuasaan kepadanya di (muka) bumi) yaitu Kami memberikan kepadanya kerajaan yang agung, kokoh, dan menguasai semua yang dimiliki oleh semua raja, berupa kekuasaan, pasukan, peralatan perang, dan perlengkapannya. Oleh karena itu dia bisa menguasai belahan bumi timur dan barat. Semua negeri dan semua raja tunduk kepadanya. Semua bangsa baik Arab maupun non-Arab melayaninya. Oleh karena itu sebagian ulama mengatakan bahwa sesungguhnya dia dijuluki Dzulqarnain karena kekuasaannya mencapai dua tanduk matahari, yaitu bagian timur dan barat.
Firman Allah: (dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu) Ibnu Abbas, Mujahid, Sa'id bin Jubair, Ikrimah, As-Suddi, Qatadah, Adh-Dhahhak, dan lainnya berkata bahwa yang dimaksud adalah ilmu.
Diriwayatkan dari Habib bin Jammaz, dia berkata,”Aku berada di dekat Ali, lalu ada seorang lelaki bertanya kepadanya tentang Dzulqarnain,”Bagaimana bisa dia sampai ke belahan bumi timur dan barat. Ali menjawab, "Maha suci Allah, Allah telah menundukkan awan baginya, dan menentukan baginya sebab-sebab mencapai sesuatu, serta kekuasaan yang luas"


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Kahfi ayat 83: Yakni orang-orang musyrik dan Ahli Kitab.

Namanya adalah Iskandar, ia seorang raja, namun bukan seorang nabi.

Yakni kisahnya yang dapat diambil pelajaran, adapun selain dari itu, maka tidak diceritakan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Kahfi Ayat 83

Usai menjelaskan kisah perjalanan nabi musa dalam rangka mencari ilmu kepada seorang hamba yang saleh, pada ayat-ayat berikut Allah menceritakan kisah perjalanan jihad zulkarnain. Cerita itu dikisahkan untuk menjawab pertanyaan kaum kafir mekah kepada nabi Muhammad. Wahai nabi Muhammad, mereka bertanya kepadamu tentang jati diri zulkarnain. Katakanlah kepada mereka, 'dengan izin Allah, akan kubacakan kepadamu kisahnya agar kamu dapat memperoleh pelajaran darinya. '83. Usai menjelaskan kisah perjalanan nabi musa dalam rangka mencari ilmu kepada seorang hamba yang saleh, pada ayat-ayat berikut Allah menceritakan kisah perjalanan jihad zulkarnain. 1 cerita itu dikisahkan untuk menjawab pertanyaan kaum kafir mekah kepada nabi Muhammad. ' 83. '84


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah sekumpulan penjelasan dari berbagai pakar tafsir terkait makna dan arti surat Al-Kahfi ayat 83 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi ummat. Bantu kemajuan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Banyak Dibaca

Baca berbagai konten yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Fatihah 7, Al-Baqarah 284-286, Yasin 40, Al-Fatihah 1, Luqman 13-14, Al-Baqarah 216. Serta Ali ‘Imran 104, Assalaamualaikum, Yunus 41, Ali ‘Imran 191, Al-Fatihah 2, Al-A’raf.

  1. Al-Fatihah 7
  2. Al-Baqarah 284-286
  3. Yasin 40
  4. Al-Fatihah 1
  5. Luqman 13-14
  6. Al-Baqarah 216
  7. Ali ‘Imran 104
  8. Assalaamualaikum
  9. Yunus 41
  10. Ali ‘Imran 191
  11. Al-Fatihah 2
  12. Al-A’raf

Pencarian: faidza faraghta fanshab, surat yusuf ayat4, untukmu agamamu dan untukku agamaku, al maidah ayat 81, surat al kautsar ayat 2 beserta artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: