Surat Al-Hijr Ayat 86

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّ رَبَّكَ هُوَ ٱلْخَلَّٰقُ ٱلْعَلِيمُ

Arab-Latin: Inna rabbaka huwal-khallāqul-'alīm

Artinya: Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah Yang Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui.

« Al-Hijr 85Al-Hijr 87 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Terkait Dengan Surat Al-Hijr Ayat 86

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 86 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah menarik dari ayat ini. Diketemukan beraneka penjabaran dari kalangan mufassirin terkait kandungan surat Al-Hijr ayat 86, sebagiannya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya tuhanmu, Dialah DZat yang maha pencipta segala sesuatu lagi mahamengetahuinya, tidak ada sesuatupun yang melemahkanNya, baik yang ada di bumi maupun langit, tidak ada yang samar bagiNya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

86. Sesungguhnya Rabbmu -wahai Rasul- adalah Maha Pencipta segala sesuatu lagi Maha mengetahui tentang itu semuanya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

86. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah Yang Maha Pencipta segala sesuatu lagi Maha Mengetahui atas segala perbuatan makhluk-Nya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya Tuhanmu adalah Dzat Yang Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


86. “sesungguhnya Rabbmu Dialah yang Maha pencipta” yang menciptakan segala mahkluk “lagi maha mengetahui” segala sesuatu. Tidak ada seorangpun yang sanggup menghalangi Allah dari segala yang diliputi oleh ilmuNya, dan berjalan diatas penciptaanNYa. Itu berlaku pada seluruh benda yang ada.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 85-86
Firman Allah SWT: (Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya) yaitu dengan adil (Dia akan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat jahat sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan dan Dia akan memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik dengan pahala yang lebih baik (surga)) (Surah An-Najm: 31) dan (Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka (27)) (Surah Shad)
Kemudian Allah SWT memberitahukan kepada NabiNya tentang terjadinya hari kiamat, dan sesungguhnya hari kiamat itu pasti terjadi. Kemudian Allah SWT memerintahkan kepadanya untuk memaafkan dengan cara yang baik terhadap orang-orang musyrik yang telah menyakiti dan mendustakan apa yang beliau bawa kepada mereka. Sebagaimana firmanNya: (Maka berpalinglah kamu (hai Muhammad) dari mereka dan katakanlah, "Salam (selamat tinggal)." Kelak mereka akan mengetahui (nasib mereka yang buruk) (89)) (Surah Az-Zukhruf)
Mujahid, Qatadah, dan lainnya berkata bahwa hal ini sebelum perintah berperang. Hal ini sebagaimana keduanya berkata, dan ayat ini adalah ayat Makkiyyah, dan ayat peperangan hanya setelah hijrah.
Firman Allah: (Sesungguhnya Tuhanmu. Dialah Yang Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui (86)) Penetapan tentang hari kiamat dan bahwa Allah SWT Maha Kuasa menjadikan hari kiamat, karena sesungguhnya Dia adalah Dzat Yang Maha Pencipta, tidak ada sesuatu pun yang bisa melemahkan penciptaanNya. Dia Maha Mengetahui semua jasad yang telah berpisah-pisah di tempat yang berbeda-beda di bumi. Sebagaimana firmanNya: (Dan tidakkah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu ber­kuasa menciptakan kembali jasad-jasad mereka yang sudah hancur itu? Benar, Dia berkuasa. Dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui (81) Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, "Jadilah!" Maka terjadilah ia (82) Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu dan kepada-Nyalah kalian dikembalikan (83)) (Surah Yasin)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat:
Firman-Nya “Dan sungguh Rabbmu adalah Yang Maha Pencipta dan Maha Mengetahui.” Menciptakan segala sesuatu dan mengetahui tujuan penciptaannya, sekalipun ciptaan-Nya sangat banyak, Dia tetap mengetahui niat, amal, serta keadaan mereka, tidak ada yang tersembunyi dari-Nya dan kelah Dia akan mengembalikan mereka sebagaimana sediakala, menghisab, dan membalas segala perbuatan mereka. Hal ini dapat membantu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam untuk dapat bersabar dan tegar dalam dakwah beliau, hingga datang pertolongan Allah ta’ala pada masa yang telah ditentukan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 86

Sungguh, tuhan yang selalu memeliharamu dan membimbing-Mu, wahai nabi Muhammad, dia-lah tuhan yang maha pencipta. Dia-lah pencipta segala sesuatu di alam raya ini. Dia juga maha mengetahui segala sifat, ciri, dan keadaan makhluk-makhluk ciptaan-Nya. Setelah pada ayat-ayat sebelumnya Allah mengisahkan hinaan kaum pendurhaka kepada para rasul Allah dan siksaan yang ditimpakannya kepada mereka, dalam ayat ini Allah menjelaskan anugerah yang diberikan-Nya kepada nabi Muhammad. Allah berfirman, dan sungguh, kami telah memberikan kepadamu, wahai nabi Muhammad, tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dalam salat, yaitu surah al-fa'tihah dan ayat-ayat lain dari Al-Qur'an yang agung.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penjabaran dari banyak mufassirin berkaitan makna dan arti surat Al-Hijr ayat 86 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita bersama. Sokonglah usaha kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dikunjungi

Terdapat banyak konten yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 285-286, Al-Ma’idah 32, Yasin 9, At-Taubah 40, Al-Hujurat 10, Al-Fatihah 6. Ada pula Luqman 13, ‘Abasa, Al-Lail, An-Naas, Maryam, Dua (2) Terakhir al-Baqarah.

  1. Al-Baqarah 285-286
  2. Al-Ma’idah 32
  3. Yasin 9
  4. At-Taubah 40
  5. Al-Hujurat 10
  6. Al-Fatihah 6
  7. Luqman 13
  8. ‘Abasa
  9. Al-Lail
  10. An-Naas
  11. Maryam
  12. Dua (2) Terakhir al-Baqarah

Pencarian: as sajdah ayat 7, doa al quraisy, hud 6, arti surat annisa ayat 59, surat al-jumu'ah ayat 9 beserta artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: