Surat Al-Hijr Ayat 87

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَٰكَ سَبْعًا مِّنَ ٱلْمَثَانِى وَٱلْقُرْءَانَ ٱلْعَظِيمَ

Arab-Latin: Wa laqad ātaināka sab'am minal-maṡānī wal-qur`ānal-'aẓīm

Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al Quran yang agung.

« Al-Hijr 86Al-Hijr 88 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Berkaitan Dengan Surat Al-Hijr Ayat 87

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 87 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai hikmah penting dari ayat ini. Diketemukan berbagai penjabaran dari beragam ahli tafsir terkait isi surat Al-Hijr ayat 87, sebagiannya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan sungguh kami telah memberikan kepadamu (wahai nabi), surat pembuka al-qur’an yaitu surat yang berjumlah tujuh ayat yang berulang-ulang(dibaca) di daalm tiap-tiap shalat. Dan kami telah berikan padamu al-qur’an yang agung.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

87. Hai Rasulallah, sungguh Kami telah memberimu tujuh ayat yang mulia yang selalu diulang-ulang dalam setiap shalat, yaitu surat al-fatihah; dan Kami menurunkan al-Qur'an kepadamu yang mengandung hukum-hukum yang lurus dan kefasihan yang jelas.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

87. Kami telah memberimu surah Al-Fātiḥah yang terdiri dari tujuh ayat, dan dia adalah Al-Qur`ān yang agung.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

87. وَلَقَدْ ءَاتَيْنٰكَ سَبْعًا مِّنَ الْمَثَانِى (Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang)
Mayoritas ahli tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud dengan tujuh ayat ini adalah surat al-Fatihah. Dan disebut dengan (المثاني) karena surat ini diulang-ulang dalam shalat.
Pendapat lain mengatakan yang dimaksud dengan (المثاني) adalah tujuh surat panjang, yakni al-Baqarah, Ali Imran, an-Nisa, al-Maidah, al-An’am, al-A’raf, dan al-Anfal.

وَالْقُرْءَانَ الْعَظِيمَ(dan Al Quran yang agung)
Yakni al-Qur’an seluruhnya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

87-88

1 ). Sufyan bin 'Uyainah berkata : barangsiapa yang diberikan kepada al-Qur'an, lantas ia meluaskan pandangkan kepada sesuatu dari perkara dunia ini, maka sesungguhnya ia telah merendahkan al-Qur'an; bukankah Allah tela berfirman : { وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي } "Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang" dan firman-Nya : { وَلَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْهُمْ زَهْرَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا لِنَفْتِنَهُمْ فِيهِ ۚ وَرِزْقُ رَبِّكَ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ } "Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami cobai mereka dengannya. Dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal" [ Thaha : 131 ]. Yakni : al-Qur'an.

2 ). Lihatlah bagaimana jika seseorang dikatakan kepadanya bahwa ia lebih mementingkan sesuatu yang hina dibandingkan sesuatu yang mulia? perhatikanlah ayat ini untuk memahami seberapa banyak mereka yang tergolong ke dalam kelompok ini tatkla mereka membelakangi pemberian tuhannya yang juga telah diberikan kepada Rasul-Nya : { وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي }.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

87. Sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang pada setiap rakaat yaitu surat Alfatihah, serta Kami turunkan juga kepadamu Al Quran yang agung yang mengandung surat itu. Alquran adalah bentuk umum dari yang khusus, dan bentuk utuh dari bagian-bagian


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh Kami benar-benar menganugerahkan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang} tujuh ayat yang dibaca berulang setiap rakaat yaitu Al-fatihah {dan Al-Qur’an yang agung


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

87. Allah menyebutkan kenikmatanNYa yang tercurahkan kepada RasulNya, ”dan sesungguhnya kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang ulang” yang dimaksud tujuh ini menurut pendapat yang shahih adalah tujuh surat yang terpanjang yaitu surat al baqarah, ali Imran, an nisa, al maidah, al an’am, al’araf, al-anfal dan attaubah. Atau maksudnya surat al fatihah, karena berjumlah tujuh ayat. maka, kata penghubung pada “dan al qur’an yang agung” termasuk kategori pengaitan lafazh yang umum (al qur’an) pada kata yang lebih khusus, lantaran di dalam “tujuh ayat yang dibaca berulang ulang” terdapat banyak muatan tauhid, ilmu ilmu ghaib dan huku hukum yang agung serta pengulangan pengulangannya. Sedangkan menurut pendapat yang mengatakan bahwa surat al fatihah itulah sab’ul al matsani , maka maknanya ia berjumlah tujuh ayat yang diulang ulang bacaannya dalam setiap rakaat.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 87-88
Allah SWT berfirman kepada NabiNya SAW bahwa sebagaimana Kami memberimu Al-Qur'an yang agung, maka jangan sekali-kali kamu memandang kepada dunia dan perhiasannya serta kesenangannya yang telah Kami berikan kepada penduduknya, yaitu kesenangan yang fana, agar Kami menguji mereka. Maka janganlah kamu menginginkan apa yang ada pada mereka, dan janganlah kamu bersedih hati karena mendustakan dan menentang agamamu (dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang meng­ikutimu, yaitu orang-orang yang beriman (215)) (Surah Asy-Syu'ara) yaitu, rendah dirilah kamu kepada mereka, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya telah datang kepada kalian seorang rasul dari kaum kalian sendiri, berat terasa olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin (128)) (Surah At-Taubah)
Para ulama’ berbeda pendapat tentang “As-Sab’ul Matsani” apakah itu? Ibnu Abbas, Mujahid, Sa'id bin Jubair, dan lainnya berkata bahwa yang dimaksud dengan “As-Sab’ul Matsani” adalah tujuh surah yang panjang, yaitu Al-Baqarah, Ali Imran, An Nisa, Al-Maidah, Al-An'am, Al-A'raf, dan Yunus. Ibnu Abbas dan Sa'id bin Jubair menjelaskan hal ini.
Sa’id berkata bahwa dalam surah-surah itu ada hal-hal fardu, hukum-hukum, qishash, dan hukum-hukum lain.
Ibnu Abbas berkata, yaitu penjelasan perumpamaan, berita, dan pelajaran.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia berkata bahwa Nabi SAW dianugerahi tujuh surah yang panjang, dan nabi Musa dianugerahi enam buah. Setelah nabi Musa melemparkan lauh-lauhnya, dua bagiannya hilang, dan yang tersisa empat surah.
Pendapat kedua bahwa yang dimaksud itu adalah surah Al-Fatihah, yaitu terdiri atas tujuh ayat. Pendapat ini diriwayatkan dari Ali, Umar, Ibnu Mas'ud, dan Ibnu Abbas. Ibnu Abbas mengatakan bahwa “basmalah” salah satu ayat tujuh ayat, Allah mengkhususkan ini bagi kalian. Pendapat ini dikatakan Ibrahim An-Nakha'i, Abdullah bin Ubaid bin Umair, Ibnu Abi Mulaikah, Syahr bin Hausyab, Hasan Al-Basri, dan Mujahid.
Imam Bukhari menyebutkan dua hadits tentang hal ini.
Hadits pertama dari Abu Sa'id bin Al-Ma'la, dia berkata,"Nabi SAW melewatiku ketika aku sedang shalat, lalu beliau memanggilku, dan aku tidak mendatanginya sehingga aku menyelesaikan shalatku. Lalu aku menghadap kepada beliau, Lalu beliau bertanya,”Apakah yang menghalangmu sehingga tidak datang kepadaku?' Aku menjawab, “Aku sedang mengerjakan shalat” Lalu Nabi SAW bersabda, “Bukankah Allah SWT berfirman: (Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kalian) (Surah Al-Anfal: 24) Maukah aku ajarkan kamu tentang surah dalam Al-Qur'an sebelum aku keluar dari masjid ini?” Ketika Nabi SAW hendak keluar dari masjid, maka aku mengingatkan beliau lalu beliau bersabda: (segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (1)) Surah Al-Fatihah) itu adalah tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al-Qur’an yang agung itu diberikan kepadaku”
Hadits kedua diriwayatkan dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Ummul Qur’an adalah tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al-Qur'an yang agung”
Ini adalah nas yang menyatakan bahwa surah Al-Fatihah adalah “As-Sab’ul Matsani” dan Al-Qur’an yang agung. Akan tetapi, tidaklah penamaan surah lainnya yaitu tujuh surah yang panjang dengan sebutan ini bertentangan dengan hal ini, mengingat di dalamnya terkandung sifat-sifatnya. Sebagaimana tidak bertentangan juga jika seluruh Al-Qur'an seluruhnya disebut dengan ini, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Qur’an yang serupa (ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang) (Surah Az-Zumar: 23) surah ini dari satu sisi disebut surah yang dibaca berulang-ulang, dan dari sisi lain serupa. begitu juga Al-Qur'an yang agung. Sebagaimana Nabi SAW ketika ditanya tentang masjid yang dibangun atas dasar ketakwaan, maka beliau mengisyaratkan kepada masjid beliau, dan ayat itu diturunkan tentang Masjid Quba. Ini tidak bertentangan, karena sesungguhnya menyebutkan sesuatu bukan berarti menafikan sebutan yang lainnya ketika keduanya mempunyai sifat yang sama. Hanya Allah yang lebih mengetahui
Firman Allah: (Janganlah sekali-kali kamu menunjukkan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang-orang kafir itu)) yaitu cukuplah kamu dengan Al-Qur'an yang dianugerahkan Allah kepadamu, dari apa yang mereka alami berupa kesenangan dan perhiasan yang fana.
Mujahid berkata tentang firmanNya: (kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka) mereka adalah orang-orang kaya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (سَبۡعٗا مِّنَ ٱلۡمَثَانِي) sab’am minal matsaanii : yaitu tujuh ayat surat Al-Fatihah.

Makna ayat: Firman-Nya : “Dan sungguh Kami telah memberikanmu tujuh ayat yang diulang-ulang, dan Al-Qur’an yang agung.” Kami telah memberikamu surat Al-Fatihah, Ummul Qur’an dan Al-Qur’an yang agung, kebaikan besar yang tidak dapat diukur.

Pelajaran dari ayat:
• Penjelasan barangsiapa yang diberikan Al-Qur’an maka tidak ada orang lain yang diberikan lebih baik dari itu.
• Keutamaan surat Al-Fatihah, karena ia adalah As-Sab’ul Matsaani (tujuh ayat yang diulang-ulang)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 87: Yang dimaksud tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang adalah surat Al-Faatihah yang terdiri dari tujuh ayat. Sebagian ahli tafsir menafsirkan dengan tujuh surah yang panjang, yaitu Al-Baqarah, Ali Imran, Al-Maaidah, An-Nissa', Al 'Araaf, Al An'aam dan Al-Anfaal bersama At Taubah.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 87

Setelah pada ayat-ayat sebelumnya Allah mengisahkan hinaan kaum pendurhaka kepada para rasul Allah dan siksaan yang ditimpakannya kepada mereka, dalam ayat ini Allah menjelaskan anugerah yang diberikan-Nya kepada nabi Muhammad. Allah berfirman, dan sungguh, kami telah memberikan kepadamu, wahai nabi Muhammad, tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dalam salat, yaitu surah al-fa'tihah dan ayat-ayat lain dari Al-Qur'an yang agung. Anugerah Allah kepada nabi Muhammad dan kaum mukmin berupa surah al-fa'tihah jauh lebih berharga daripada kenikmatan duniawi yang Allah berikan kepada kaum kafir. Allah mengingatkan nabi Muhammad akan hal tersebut dengan firman-Nya, wahai nabi Muhammad, jangan sekali-kali engkau tujukan pandanganmu sehingga tergiur kepada kenikmatan hidup dan kemewahan duniawi yang fana dan sesaat yang telah kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka, yakni kaum kafir, dan jangan pula engkau bersedih hati terhadap mereka karena keengganan mereka menerima dakwahmu menuju iman. Dan berendah hatilah engkau terhadap orang-orang yang beriman serta jagalah hubungan baikmu dengan mereka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah sekumpulan penjelasan dari beragam mufassirin terhadap isi dan arti surat Al-Hijr ayat 87 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita bersama. Bantu dakwah kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Sering Dibaca

Terdapat berbagai halaman yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Lail, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, At-Taubah 40, Yasin 9, Luqman 13, Al-Hujurat 10. Ada pula Maryam, Al-Fatihah 6, ‘Abasa, Al-Ma’idah 32, An-Naas, Al-Baqarah 285-286.

  1. Al-Lail
  2. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  3. At-Taubah 40
  4. Yasin 9
  5. Luqman 13
  6. Al-Hujurat 10
  7. Maryam
  8. Al-Fatihah 6
  9. ‘Abasa
  10. Al-Ma’idah 32
  11. An-Naas
  12. Al-Baqarah 285-286

Pencarian: al isra 85, surat hud ayat 7, al isra ayat 36, al baqarah artinya, isi kandungan surat az zumar ayat 53

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: