Surat Al-Hijr Ayat 75

إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّلْمُتَوَسِّمِينَ

Arab-Latin: Inna fī żālika la`āyātil lil-mutawassimīn

Artinya: Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang memperhatikan tanda-tanda.

« Al-Hijr 74Al-Hijr 76 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Surat Al-Hijr Ayat 75

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 75 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran mendalam dari ayat ini. Ditemukan beberapa penjabaran dari kalangan ulama terkait kandungan surat Al-Hijr ayat 75, antara lain sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

75-77. Sesungguhnya dalam kejadian siksaan yang menimpa mereka benar-benar terkandung pelajaran-pelajaran bagi orang-orang yang memperhatikan lagi mau mengambil pelajaran. Dan sesungguhnya negeri-negeri mereka benar-benar berada dalam lokasi yang tetap yang dapat disaksikan oleh kaum yang menempuh perjalanan jauh lagi melewatinya. Sesungguhnya dalam peristiwa penghancuran kami terhadap mereka benar-benar terdapat petunjuk nyata bagi orang-orang yang beriman dan melaksanakan syariat Allah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

75-77. Sungguh pada siksaan yang menakutkan itu terdapat banyak pelajaran besar bagi orang-orang yang memperhatikan.

Negeri mereka sebagaimana biasanya jika dilihat oleh para musafir yang pergi antara negeri Syam dan hijaz. Sungguh dalam perkara besar mengenai keadaan negeri mereka terdapat tanda agung yang menunjukkan keesaan Allah bagi orang-orang yang beriman.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

75. Sesungguhnya apa yang menimpa kaum Lūṭ -'alaihissalām- yaitu kebinasaan merupakan bukti dan tanda bagi orang-orang yang memperhatikan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

75. إِنَّ فِى ذٰلِكَ (Sesungguhnya pada yang demikian itu)
Yakni pada kisah mereka dan apa yang menimpa mereka.

لَاٰيٰتٍ(benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah))
Yakni tanda-tanda sebagai petunjuk.

لِّلْمُتَوَسِّمِينَ(bagi orang-orang yang memperhatikan tanda-tanda)
Bagi orang-orang yang berfikir dan memparhatikan urusan ini.
Makna (الواسم) yakni orang yang melihatmu dari ujung kepada sampai ujung kaki.
Bisa juga makna dari ayat ini adalah bahwa para pelaku perbuatan keji memiliki tanda pada wajah mereka yang dapat diketahui oleh orang yang memiliki firasat yang kuat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

75. Sesungguhnya pada azab yang menimpa haum Luth itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau memperhatikan dan berfikir atas tanda-tanda itu


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang memperhatikan} orang-orang yang memperhatikan dan merenunginya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


75. “sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda (kekuasaan kami) bagi orang orang yang memperhatikan tanda tanda” yaitu bagi orang yang merenung lagi berpikir yang mereka itu memiliki daya tangkap pikiran, ketenangan dan firasat yang menjadi jembatan bagi mereka untuk memahami misi (hikmah) yang dimaskudkan pada kejadian tersebut, yaitu bahwa orang orang yang lancang untuk berbuat maksiat kepada Allah, terutama praktik keji yang fatal ini, maka Allah akan menjatuhkan hukuman kepada mereka dengan hukuman yang mengerikan, sebagaimana mereka telah berbuat lancang mengerjakan kesalahan yang sangat bejat.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 73-77
Allah SWT berfirman: (Maka mereka dibinasakan oleh suara keras yang mengguntur) yaitu apa yang menimpa mereka berupa suara keras yang mengguntur ketika matahari terbit. Selain itu kota tempat mereka diangkat ke langit, lalu dibalikkan dan menjadikan bagian atasnya di bawah dan bagian bawahnya di atas, setelah itu mereka dihujani oleh batu dari tanah liat yang keras. Telah disebutkan pembahasan tentang makna “sijjil” di surah Hud dengan penjelasan yang cukup.
Firman Allah: (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Kami) bagi orang-orang yang memper­hatikan tanda-tanda (75)) yaitu sesungguhnya sisa-sisa azab ini masih tampak pada negeri-negeri itu bagi orang yang memperhatikan dan memandangnya dengan pandangan mata dan hatinya. Sebagaimana yang dikatakan Mujahid tentang firmanNya: (bagi orang-orang yang memperhatikan tanda-tanda) dia berkata yaitu orang-orang yang menafsirkannya.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas yaitu bagi orang-orang yang memperhatikannya.
Qatadah berkata yaitu orang-orang yang mengambil pelajaran.
Malik berkata dari sebagian ulama Madinah tentang (bagi orang-orang yang memperhatikan tanda-tanda) yaitu orang-orang yang merenungkannya.
Firman Allah: (Dan sesungguhnya kota itu benar-benar terletak di jalan yang masih tetap (dilalui manusia) (76)) yaitu sesungguhnya kota Sodom yang telah ditimpa sesuatu yang menimpanya berupa dibalikkan bentuknya dan dilempari sehingga menjadi danau yang berbau busuk dan kotor di jalan Mahya' itu masih dilalui sampai hari ini. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Mekah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka di waktu pagi (137) dan di waktu malam. Maka apakah kalian tidak memikirkan? (138)) (Surah Ash-Shaffat)
Mujahid mengatakan sehubungan tentang firmanNya: (Dan sesungguhnya kota itu benar-benar terletak di jalan yang masih tetap (dilalui manusia) (76)) dia berkata yaitu tanda-tanda.
Qatadah berkata yaitu di jalan yang jelas.
Firman Allah: (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman (77)) yaitu Sesungguhnya apa yang Kami perbuat terhadap kaum nabi Luth berupa pembinasaan dan penghancuran mereka, serta penyelamatan Kami terhadap nabi Luth dan keluarganya itu benar-benar terdapat tanda yang jelas dan terang bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (لَأٓيَٰتٖ لِّلۡمُتَوَسِّمِينَ) la’aayaatil lilmutawassimiin : “ayat-ayat bagi orang-orang yang berfikir.” Yang melihat dan mengambil pelajaran.

Makna ayat: Firman-Nya ta’ala Sungguh, pada yang demikian terdapat tanda-tanda bagi orang yang memperhatikan.” Yaitu pada hal yang disebutkan berupa penghancuran sebuah kota secara menyeluruh, terdapat tanda-tanda dan pelajaran bagi al-mutawassimiin, yaitu orang-orang yang memperhatikan dengan seksama dan berfikir untuk mendapatkan hakikat sesuatu melalui tanda dan petunjuk yang ada.

Pelajaran dari ayat:
• Ajakan untuk merenungi, berfikir, mengambil pelajaran dan mengasah firasat, karena itu bermanfaat bagi akal seorang manusia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 75: Yakni orang-orang yang berpikir, menimbang masalah, dan memiliki firasat, di mana mereka dapat memahami maksud yang diinginkan daripadanya, yaitu barang siapa yang berani berbuat maksiat, khususnya perbuatan keji ini, maka sesungguhnya Allah akan menimpakan hukuman yang sangat keras sebagaimana mereka berani melakukan perbuatan yang sangat keji.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 75

Sungguh, pada yang demikian itu, yaitu berita-berita dan kisah-kisah yang Allah sampaikan, benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran, keagungan, dan kekuasaan Allah bagi orang yang memperhatikan tanda-tanda yang diperlihatkan dan dihamparkan di alam semesta ini. Dan Allah pun menegaskan bahwa se-sungguh-Nya kota itu, yakni sodom dan gomorah yang terletak di sebelah timur laut mati dan menjadi tempat tinggal kaum nabi lut, benar-benar terletak di jalan yang masih tetap dapat dilalui manusia, pun dapat disaksikan bekas-bekas kehancurannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penafsiran dari kalangan ulama tafsir mengenai kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 75 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi ummat. Bantu kemajuan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Terbanyak Dicari

Kaji berbagai materi yang terbanyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Fatihah 2, Al-Fatihah 7, Al-Baqarah 216, Ali ‘Imran 191, Al-Baqarah 284-286, Al-A’raf. Serta Yasin 40, Luqman 13-14, Yunus 41, Ali ‘Imran 104, Al-Fatihah 1, Assalaamualaikum.

  1. Al-Fatihah 2
  2. Al-Fatihah 7
  3. Al-Baqarah 216
  4. Ali ‘Imran 191
  5. Al-Baqarah 284-286
  6. Al-A’raf
  7. Yasin 40
  8. Luqman 13-14
  9. Yunus 41
  10. Ali ‘Imran 104
  11. Al-Fatihah 1
  12. Assalaamualaikum

Pencarian: an-nasr artinya, an nisa ayat 36 berisi perintah allah untuk, attoriq, makna surat yunus ayat 40-41, surat az zariyat ayat 56-58

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: