Surat Al-Hijr Ayat 36

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالَ رَبِّ فَأَنظِرْنِىٓ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

Arab-Latin: Qāla rabbi fa anẓirnī ilā yaumi yub'aṡụn

Artinya: Berkata iblis: "Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan,

« Al-Hijr 35Al-Hijr 37 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Terkait Surat Al-Hijr Ayat 36

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 36 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa tafsir mendalam dari ayat ini. Terdokumentasi beberapa penjelasan dari beragam ulama berkaitan isi surat Al-Hijr ayat 36, misalnya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

iblis berkata, “ Wahai Tuhanku, tangguhkanlah aku di dunia hingga pada hari yang Engkau akan membangkitkan hamba-hambaMu padanya, yaitu Hari Kiamat


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

36-38. Kemudian Iblis meminta kepada Allah agar menjadikannya hidup kekal hingga hari kiamat, maka Allah mengabulkan permintaannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

36. Iblis berkata, "Ya Rabbi! Berilah aku penangguhan dan jangan mematikanku hingga Hari Pembangkitan Adam dan anak-anak keturunannya."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

36. قَالَ رَبِّ فَأَنظِرْنِىٓ (Berkata iblis: “Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku)
Yakni berilah aku tenggang waktu dan janganlah Engkau matikan aku.

إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ(sampai hari (manusia) dibangkitkan)
Yakni hari dibangkitkannya Adam dan keturunannya. Seakan-akan Iblis meminta agar tidak mati selamanya, karena jika kematiannya diakhirkan sampai datangnya hari kebangkitan maka ia tidak mati sama sekali di dunia meski hanya sehari.
Pendapat lain mengatakan bahwa ia tidak meminta agar tidak mati, namun meminta agar siksaannya diakhirkan di hari kiamat dan tidak disiksa di dunia.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

36. Berkata iblis: “Ya Tuhanku, kalau begitu maka berilah penangguhan waktu kepadaku sampai hari dimana manusia dibangkitkan dari kubur


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ia} Iblis {berkata,“Wahai Tuhanku, tangguhkanlah aku} tangguhkanlah aku dan jangan matikan aku {sampai hari mereka dibangkitkan”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

36-38. “iblis berkata ‘Ya Rabbku (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku” berilah aku kesempatan “sampai hari manusia dibangkitkan” Allah berfirman (kalau begitu) maka sesungguhnya kamu termasuk orang yang diberi tangguh sampai hari (suatu) waktu yang telah ditentukan” pengabulan Allah terhadap permintaanya bukanlah bentuk pemuliaan pada dirinya. Itu hanya sekedar ujian dan cobaan dari Allah baginya dan para hambaNya. Agar menjadi jelas siapa orang yang jujur, yang menaati Allah, bukan kepada musuhNya, dari orang yang tidak demikian. karena itu Allah telah memperingatkan kita dengan peringatan yang sangat keras dan memaparkan apa saja yang iblis inginkan dari kita.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 34-38
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada iblis dengan perintah paksa yang tidak bisa ditentang, dan dicegah dengan mengusirnya dari kedudukan tinggi yang ditempati sebelumnya, sehingga dia terkutuk, bahwa dia diikuti laknat yang terus-menerus melekat kepadanya sampai hari kiamat.
Setelah murka Allah yang tidak tertolak itu menimpanya, iblis meminta penangguhan karena kedengkiannya yang sangat besar kepada nabi Adam dan anak cucunya sampai hari kiamat, yaitu hari kebangkitan. Lalu Allah mengabulkan hal itu sebagai pembiaran kepadanya. Setelah penangguhannya diperkenankan, Allah terus melaknatnya:


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat:
Maka yang terkutuk itu berkata, sebagaimana yang Allah firmankan (قَالَ رَبِّ فَأَنظِرۡنِيٓ) “Dia bekata (Iblis), Wahai Rabbku, tangguhkanlah aku.” Tundalah ajalku, jangan Engkau matikan aku, (إِلَىٰ يَوۡمِ يُبۡعَثُونَ) “hingga hari mereka dibangkitkan.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 36: Maksudnya, iblis meminta agar dia tidak diazab sekarang, bahkan agar diberikan kebebasan hidup sampai hari kebangkitan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 36

Kutukan Allah kepada iblis tidak membuatnya menyadari kesalahan dan kedurhakaannya, tidak pula membuatnya memohon ampun kepada Allah. Kedurhakaannya bahkan semakin menjadi. Keengganan iblis untuk bersujud lahir dari kedengkiannya terhadap nabi adam. Kedengkian itu bahkan ingin dia teruskan hingga anak cucunya. Hal ini terbukti dari permintaan iblis kepada Allah agar umurnya dipanjangkan. Ia (iblis) berkata, ya tuhanku, kalau begitu maka berilah penangguhan kepadaku, yakni berilah tenggat bagiku untuk hidup dalam waktu yang lama agar aku dapat menjerumuskan anak-cucu adam sampai hari ketika manusia dibangkitkan dari kubur pada hari kiamat. Permintaan iblis untuk dipanjangkan umurnya dikabulkan oleh Allah. Allah berfirman, baiklah, maka sesungguhnya kamu, wahai iblis, termasuk yang diberi penangguhan, yakni dipanjangkan umurnya, sampai hari yang telah ditentukan, yakni tiupan pertama sangkakala sebagai tanda permulaan kiamat, dan pada saat itulah engkau harus mati dan mempertanggungjawabkan perbuatanmu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penafsiran dari kalangan pakar tafsir terkait kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 36 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita semua. Bantu dakwah kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dikunjungi

Kami memiliki ratusan topik yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Fatihah 6, Al-Hujurat 10, An-Naas, Al-Ma’idah 32, Luqman 13, Al-Baqarah 285-286. Termasuk Maryam, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Lail, At-Taubah 40, Yasin 9, ‘Abasa.

  1. Al-Fatihah 6
  2. Al-Hujurat 10
  3. An-Naas
  4. Al-Ma’idah 32
  5. Luqman 13
  6. Al-Baqarah 285-286
  7. Maryam
  8. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  9. Al-Lail
  10. At-Taubah 40
  11. Yasin 9
  12. ‘Abasa

Pencarian: litequran yasin, al mulk ayat 6, surah attaubah ayat 122, surah 9 ayat 7, at taubah 34

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: