Surat Al-Hijr Ayat 35

وَإِنَّ عَلَيْكَ ٱللَّعْنَةَ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلدِّينِ

Arab-Latin: Wa inna 'alaikal-la'nata ilā yaumid-dīn

Artinya: Dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat".

« Al-Hijr 34Al-Hijr 36 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Tentang Surat Al-Hijr Ayat 35

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 35 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam tafsir berharga dari ayat ini. Didapatkan beragam penafsiran dari beragam ahli tafsir berkaitan isi surat Al-Hijr ayat 35, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

34-35. Allah berfirman kepadanya, ”maka keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu telah dijauhkan dari segala kebaikan dan sesungguhnya laknatKu dan kutukanKu untuk jauh dari rahmatKu menimpa kalain hingga hari manusia dibangkitkan untuk diperhitungkan amal perbuatan mereka dan pembalasannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

35. Sesungguhnya atasmu laknat dan pengusiran dari rahmat-Ku."


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

35. وَإِنَّ عَلَيْكَ اللَّعْنَةَ إِلَىٰ يَوْمِ الدِّينِ (dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat)
Yakni kamu akan terus dijauhkan dari rahmat Allah sampai hari pembalasan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

35. Sesungguhnya kutukan kepadamu berupa dijauhkan dari rahmat Allah tetap menimpamu sampai hari kiamat dan hari perhitungan”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya bagimu laknat sampai hari kiamat”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

34-35. “Allah berfirman” Allah berfirman untuk menghukum atas kekufuran dan kesombongannya, ”keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu terkutuk” maksudnya terusir lagi dijauhkan dari segala kebaikan” dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu” yaitu celaan, cercaan, dan jauh dari kebaikan “sampai hari kiamat” pada ayat ini dan ayat ayat lain yang semakna terdapat petunjuk bahwa iblis akan tetap berada dalam kekufuran dan jauh dari kebaikan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 34-38
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada iblis dengan perintah paksa yang tidak bisa ditentang, dan dicegah dengan mengusirnya dari kedudukan tinggi yang ditempati sebelumnya, sehingga dia terkutuk, bahwa dia diikuti laknat yang terus-menerus melekat kepadanya sampai hari kiamat.
Setelah murka Allah yang tidak tertolak itu menimpanya, iblis meminta penangguhan karena kedengkiannya yang sangat besar kepada nabi Adam dan anak cucunya sampai hari kiamat, yaitu hari kebangkitan. Lalu Allah mengabulkan hal itu sebagai pembiaran kepadanya. Setelah penangguhannya diperkenankan, Allah terus melaknatnya:


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat: (وَإِنَّ عَلَيۡكَ ٱللَّعۡنَةَ) “dan bagimu laknat” murka-Ku dan pengusiranmu dari langit (إِلَىٰ يَوۡمِ ٱلدِّينِ) “hingga hari pembalasan.” Yaitu hari kiamat, hari pembalasan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 35: Yakni celaan, aib dan dijauhkan dari rahmat Allah Ta’ala.

Ayat ini menunjukkan bahwa Iblis senantiasa di atas kekafiran dan jauh dari kebaikan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 35

Mendengar jawaban iblis yang bernada angkuh, dia (Allah) berfirman, kalau begitu keluarlah dari surga, wahai iblis, karena sesungguhnya kamu terkutuk. Engkau tidak pantas menerima rahmat-ku, apalagi tinggal di surga-ku. Dan sesungguhnya kutukan itu, yakni keterjauhan engkau dari rahmat-ku, tetap menimpamu di dunia sampai hari kiamat. Kutukan Allah kepada iblis tidak membuatnya menyadari kesalahan dan kedurhakaannya, tidak pula membuatnya memohon ampun kepada Allah. Kedurhakaannya bahkan semakin menjadi. Keengganan iblis untuk bersujud lahir dari kedengkiannya terhadap nabi adam. Kedengkian itu bahkan ingin dia teruskan hingga anak cucunya. Hal ini terbukti dari permintaan iblis kepada Allah agar umurnya dipanjangkan. Ia (iblis) berkata, ya tuhanku, kalau begitu maka berilah penangguhan kepadaku, yakni berilah tenggat bagiku untuk hidup dalam waktu yang lama agar aku dapat menjerumuskan anak-cucu adam sampai hari ketika manusia dibangkitkan dari kubur pada hari kiamat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penjabaran dari para ahli ilmu berkaitan makna dan arti surat Al-Hijr ayat 35 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita semua. Dukung usaha kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Banyak Dikaji

Ada berbagai konten yang cukup banyak dikaji, seperti surat/ayat: Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Lail, Luqman 13, Al-Ma’idah 32, Maryam, Yasin 9. Juga Al-Baqarah 285-286, At-Taubah 40, Al-Hujurat 10, ‘Abasa, Al-Fatihah 6, An-Naas.

  1. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  2. Al-Lail
  3. Luqman 13
  4. Al-Ma’idah 32
  5. Maryam
  6. Yasin 9
  7. Al-Baqarah 285-286
  8. At-Taubah 40
  9. Al-Hujurat 10
  10. ‘Abasa
  11. Al-Fatihah 6
  12. An-Naas

Pencarian: al isra artinya, surat 9 ayat 28, al baqarah ayat 147, surat ar rum ayat 22, arti surat an nur ayat 31

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: