Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Ar-Ra’d Ayat 24

سَلَامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ ۚ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ

Arab-Latin: Salāmun 'alaikum bimā ṣabartum fa ni'ma 'uqbad-dār

Terjemah Arti: (sambil mengucapkan): "Salamun 'alaikum bima shabartum". Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Malaikat berkata kepada mereka, ”selamat atas kalian sebagai salam penghormatan bagi kalian. kalian telah selamat dari semua keburukan, dikarenakan kesabaran kalian untuk taat kepada Allah. Maka sebaik-baik tempat kesudahan adalah surga.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

24. Penghormatan para Malaikat manakala mereka datang kepada penghuni-penghuni Surga itu adalah ucapan salāmun 'alaikum, yakni kalian selamat dari malapetaka berkat kesabaran kalian di atas ketaatan kepada Allah, di atas takdir-Nya yang pahit dan dari kemaksiatan kepada-Nya, sebaik-baik rumah tempat tinggal adalah rumah kalian.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

24. سَلٰمٌ عَلَيْكُم ((sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum)
Yakni keselamatan bagi kalian dari segala kekurangan.

بِمَا صَبَرْتُمْ ۚ(atas kesabaran kamu semua”)
Berkat kesabaran kalian dalam ketaqwaan kepada Allah.

فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ(Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu)
Ini merupakan sanjungan bagi tempat kediaman yang diberikan kepada mereka yang telah disebutkan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

24 “Keselamatan untuk kalian, kalian selamat dari berbagai kesulitan atas kesabaran yang telah kalian dalam ketaatan dan ketakwaan, kesabaran dalam meninggalkan maksiat”. Maka alangkah baiknya surga ini sebagai tempat tinggal bagi kalian wahai orang-orang yang senantiasa berbuat kebaikan

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Makna ayat :
Malaikat menyalami mereka seraya berkata : "Salamun 'alaikum bima shabartum" karena kesabaran kalian serta iman dan ketaatan (Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.) ini adalah ucapan selamat dari para malaikat kepada mereka, ucapan selamat yang paling agung, dan paling penuh berkah. Ya Allah, masukkanlah aku, kedua orang tuaku, keluargaku, dan seluruh kaum muslimin bersama mereka.

Pelajaran dari ayat :
• Penjelasan bahwa para malaikat menyambut dan memberi salam kepada mereka para penghuni surga ketika memasuki surga.

Aisarut Tafasir / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pengajar tafsir di Masjid Nabawi

Dari Allah Ta’ala.

Ucapan selamat ini mengandung hilangnya semua yang tidak diinginkan dan diperolehnya semua yang diinginkan.

Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki perhatian dalam untuk kebahagiaan dirinya, maka hendaknya ia berjihad melawan hawa nafsunya agar termasuk mereka yang disebut Allah sebagai orang-orang yang berakal sehingga memperoleh keberuntungan di akhirat, Allahumaj’alnaa minhum.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Para malaikat masuk untuk memberi mereka selamat, selamat sejahtera atasmu. Kamu telah selamat dari segala siksa karena di dunia kamu telah menunjukkan kesabaranmu yang tinggi dalam menaati Allah. Maka alangkah nikmatnya surga tempat kesudahan yang telah Allah sediakan itu. Dan sebagai kebalikan dari mereka yang menerima kebenaran adalah orang-orang yang menolak kebenaran dengan melanggar dan membatalkan janji dengan sesama manusia yang dikukuhkan dengan nama Allah setelah diikrarkannya, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah agar disambungkan, seperti hubungan kekerabatan, dan berbuat kerusakan di bumi dengan bermaksiat; mereka itu memperoleh kutukan sehingga jauh dari rahmat Allah, dan tempat kediaman yang buruk'neraka jahanam.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Ar-Ra’d Ayat 25 Arab-Latin, Surat Ar-Ra’d Ayat 26 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Ar-Ra’d Ayat 27, Terjemahan Tafsir Surat Ar-Ra’d Ayat 28, Isi Kandungan Surat Ar-Ra’d Ayat 29, Makna Surat Ar-Ra’d Ayat 30

Category: Surat Ar-Ra'd

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!