Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Ar-Ra’d Ayat 20

الَّذِينَ يُوفُونَ بِعَهْدِ اللَّهِ وَلَا يَنْقُضُونَ الْمِيثَاقَ

Arab-Latin: Allażīna yụfụna bi'ahdillāhi wa lā yangquḍụnal-mīṡāq

Terjemah Arti: (yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian,

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

19-20. Apakah orang yang mengetahui bahwa apa yang datang kepadamu (wahai rasul), dari sisi Allah merupakan kebenaran, lalu mengimaninya, sama seperti orang buta yang tidak dapat melihat kebenaran yang dia tidak Imani? sesungguhnya orang-orang yang dapat mengambil pelajaran hanyalah orang-orang yang berakal lurus. Yaitu orang-orang yang memenuhi perjanjian dengan Allah yang telah diperintahkanNya kepada mereka, dan tidak membatalkan perjanjian teguh yang telah mereka kukuhkan kepada Allah.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

20. Orang-orang yang menjawab panggilan Allah adalah orang-orang yang memenuhi apa yang telah mereka janjikan kepada Allah atau kepada hamba-hamba-Nya, mereka tidak melanggar perjanjian yang disepakati dengan Allah dengan lain-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

20. الَّذِينَ يُوفُونَ بِعَهْدِ اللهِ (orang-orang yang memenuhi janji Allah)
Yakni memenuhi janji yang mereka buat dengan Tuhan mereka, atau dengan sesama makhluk jika mereka berjanji atas nama Allah.

وَلَا يَنقُضُونَ الْمِيثٰقَ(dan tidak merusak perjanjian)
Yakni perjanjian yang telah mereka teguhkan dan tekankan dengan keimanan dan lain sebagainya.
Dan termasuk didalamnya adalah segala yang diwajibkan seseorang atas dirinya sendiri seperti nazar dan lainnya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

20 Orang-orang yang berakal dan mau berfikir adalah mereka yang memenuhi janji Allah dan janji sebagai hamba. Sehingga mereka melaksanakan kewajiban yang telah Allah berikan, memenuhi hak sesama, dan tidak merusak poin perjanjian yang telah ditetapkan. Mitsaq adalah janji yang teguh

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Makna ayat :
Firman-Nya : (ٱلَّذِينَ يُوفُونَ) ini adalah awal penjelasan akan sifat-sifat mereka yang membuahkan datangnya kenikmatan dan kemuliaan, kemudian menyebutkan delapan sifat yang mereka miliki, sebagai berikut :
• Menepati janji dan tidak mengingkarinya : (ٱلَّذِينَ يُوفُونَ بِعَهۡدِ ٱللَّهِ وَلَا يَنقُضُونَ ٱلۡمِيثَٰقَ) karena agama seseorang tidak dianggap jika ia tidak ada perjanjian sebelumnya.

Pelajaran dari ayat :
• Keutamaan delapan sifat yang disebutkan dalam ayat-ayat di atas. Yang paling tinggi, memenuhi janjinya kepada Allah, dan yang terendah menutup kesalahan dengan kebaikan.

Aisarut Tafasir / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pengajar tafsir di Masjid Nabawi

Yang diambil dari mereka dahulu (lihat Al A’raaf: 172), atau setiap perjanjian yang mereka buat dengan Allah seperti sumpah, nadzar, dsb.

Dengan tidak beriman atau dengan meninggalkan kewajiban.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Lul albab yaitu orang yang senantiasa memenuhi janji dengan sesama manusia yang dikukuhkan dengan nama Allah dan tidak melanggar perjanjian tersebut, dan orang-orang yang senantiasa menghubungkan apa yang diperintahkan oleh Allah agar dihubungkan, seperti kekerabatan, dan mereka takut kepada tuhannya dengan menaati segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, dan takut kepada hisab yang buruk dan berat pada hari kemudian, .

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Ar-Ra’d Ayat 21 Arab-Latin, Surat Ar-Ra’d Ayat 22 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Ar-Ra’d Ayat 23, Terjemahan Tafsir Surat Ar-Ra’d Ayat 24, Isi Kandungan Surat Ar-Ra’d Ayat 25, Makna Surat Ar-Ra’d Ayat 26

Category: Surat Ar-Ra'd

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!