Surat Ar-Ra’d Ayat 12

هُوَ ٱلَّذِى يُرِيكُمُ ٱلْبَرْقَ خَوْفًا وَطَمَعًا وَيُنشِئُ ٱلسَّحَابَ ٱلثِّقَالَ

Arab-Latin: Huwallażī yurīkumul-barqa khaufaw wa ṭama'aw wa yunsyi`us-saḥābaṡ-ṡiqāl

Artinya: Dialah Tuhan yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia mengadakan awan mendung.

« Ar-Ra'd 11Ar-Ra'd 13 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Mengenai Surat Ar-Ra’d Ayat 12

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Ra’d Ayat 12 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan hikmah berharga dari ayat ini. Ditemukan sekumpulan penjabaran dari beragam ulama tafsir terkait isi surat Ar-Ra’d ayat 12, sebagiannya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dialah Dzat yang memperlihatkan kepada kalian sebagian dari tanda kekuasaanNya, berupa kliat yaitu cahaya amat terang yang tampak di sela awan-awan mendung, lalu kalian takut halilintar-halilintar yang membakar menyambar kalian darinya, dan kalian amat berharap hujan turun bersamaan dengannya. Dan dengan kuasaNya, Allah menciptakan awan yang penuh dengan air yang banyak untuk kepentingan-kepentingan kalian.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

12. Allah yang memperlihatkan kalian cahaya terang dari awan yang saling bertumpuk sehingga kalian takut dari suaranya yang keras, dan petir-petir yang membakar. Kemudian kalian berharap agar turun hujan yang membawa manfaat. Dialah yang menciptakan awan mendung yang pekat yang membawa air yang banyak.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

12. Allah yang memperlihatkan kilat kepada kalian -wahai manusia-, dan Allah menyatukan dengannya pada diri kalian rasa takut kepada halilintar dan harapan turunnya hujan. Allah yang menciptakan awan yang berat karena mengandung air hujan di dalamnya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

12. خَوْفًا وَطَمَعًا (ketakutan dan harapan)
Agar kalian benar-benar takut dan mengharapkan. Ketakutan bagi orang yang sedang bepergian akibat hujan yang mungkin membahayakannya, dan harapan bagi orang yang bermukim jika melihat kilat dari langit ia mengharapkan hujan.

وَيُنشِئُ السَّحَابَ الثِّقَالَ(dan Dia mengadakan awan mendung)
Yakni awan yang berat karena mengandung berjuta-juta ton air.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

12. Allah adalah Dzat yang memperlihatkan kepada kalian kilat (percikan cahaya di langit akibat gesekan benda-benda langit) untuk memberi peringatan tentang petir dan harapan terhadap turunnya hujan. Dan awan yang padat dan penuh dengan air


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dialah yang memperlihatkan kepada kalian kilat untuk membuat ketakutan} petir yang menyambar {dan harapan} untuk turunnya hujan {serta menjadikan} menjadikan {awan yang berat} yang membawa air


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

12. Allah berfirman, “Dialah Rabb yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan,” menjadi sumber ketakutan karena kemunculan suara-suara guruh, kehancuran dan berbagai macam bahaya yang bisa menimpa sebagian buah-buahan dan lainnya, dan (menjadi sumber harapan) kebaikan dan manfaat darinya. “Dan Dia mengadakan awan mendung,” dengan curahan huan lebat yang mengandung manfaat bagi umat manusia dan negeri-negeri.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 12-13
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia adalah yang menundukkan kilat, yaitu cahaya kilauannya yang menyilaukan dari celah awan.
Terkait firman Allah: (ketakutan dan harapan) Qatadah berkata bahwa ketakutan bagi orang yang dalam perjalanan yaitu takut terhadap bahaya dan kesulitannya. Dan harapan bagi orang yang bermukim yaitu mengharapkan keberkahan dan manfaat dari kilat, serta mengharapkan rezeki Allah.
(dan Dia mengadakan awan mendung) yaitu Dia menciptakannya dalam bentuk yang baru. karena banyaknya air yang dikandungnya dan dekat dengan bumi. Mujahid berkata bahwa “as-sahabu ats-tsiqaalu” yang mengandung air.
(Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah) sebagaimana firman Allah: (Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya) (Surah Al-Isra’: 44)
Firman Allah SWT (lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki) yaitu Dia mengirimkannya sebagai hukuman yang Dia gunakan untuk membalas orang yang Dia kehendaki. Oleh karena itu Kami memperbanyaknya di akhir zaman.
Firman Allah SWT: (dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah) yaitu, mereka meragukan keagunganNya yang sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Dia (dan Dialah Tuhan Yang Maha Keras siksa-Nya) Ibnu Jarir berkata bahwa kerasnya siksaanNya merupakan hukuman orang yang melampaui batas terhadapNya dan terus menerus dalam kekufurannya. Ayat ini serupa dengan firmanNya: (Dan mereka pun merencanakan makar dengan sungguh-sungguh dan Kami merencanakan makar (pula), sedangkan mereka tidak menyadari (50) Maka perhatikanlah betapa sesungguhnya akibat makar mereka itu, bahwasanya Kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya (51)) (Surah An-Naml)


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat :
Firman-Nya : (هُوَ ٱلَّذِي يُرِيكُمُ ٱلۡبَرۡقَ خَوۡفٗا) “Dialah yang memperlihatkan kepada kalian kilat untuk menimbulkan ketakutan,” terhadap petir dan (وَطَمَعٗا) harapan agar hujan turun (وَيُنشِئُ ٱلسَّحَابَ ٱلثِّقَالَ) Dialah yang mengadakan, yaitu awan-awan tebal yang mengandung hujan


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Ar-Ra’d ayat 12: Seperti bagi mereka yang sedang bepergian.

Seperti bagi mereka yang mukim.

Di mana dengannya suatu negeri dan penduduknya memperoleh manfaat yang banyak.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Ra’d Ayat 12

Melanjutkan penyebutan tanda-tanda kekuasaan-Nya pada ayatayat yang lalu, beberapa ayat berikut Allah berbicara tentang kilat, halilintar, mendung, dan air hujan. Allah berfirman, dialah Allah, tuhan yang mahakuasa, yang memperlihatkan kilat kepadamu, yakni seberkas cahaya yang memancar dan menghilang secara cepat, yang kadangkala menimbulkan ketakutan pada diri kamu, dan kadangkala menimbulkan harapan yang menggembirakan'yakni pertanda segera turun hujan. Dan dia pula yang menjadikan mendung yang akan menurunkan hujan. Lazimnya, sambaran kilat akan diiringi oleh guruh. Dan guruh senantiasa bertasbih kepada Allah dengan memuji-Nya, demikian pula para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar yang kadangkala membakar apa yang ditemuinya, lalu Allah menimpakannya kepada siapa yang dia kehendaki melalui hukum sebab akibat yang telah diletakkan Allah di alam semesta. Sementara itu, walaupun bukti-bukti kekuasaan Allah tampak begitu nyata, namun mereka (orang-orang kafir) masih berbantah-bantahan dengan engkau, wahai nabi Muhammad, tentang Allah. Dan dia-lah tuhan yang mahakeras siksaan-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penjelasan dari beragam mufassirun terkait isi dan arti surat Ar-Ra’d ayat 12 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita bersama. Dukung syi'ar kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Sering Dikaji

Ada ratusan materi yang sering dikaji, seperti surat/ayat: Do’a Setelah Adzan, Seribu Dinar, Al-Falaq, Adh-Dhuha, Al-Hujurat 13, Al-A’la. Serta Al-Fatihah, Al-Kafirun, Al-Isra 32, Yusuf 28, An-Naba, Al-Qadr.

  1. Do’a Setelah Adzan
  2. Seribu Dinar
  3. Al-Falaq
  4. Adh-Dhuha
  5. Al-Hujurat 13
  6. Al-A’la
  7. Al-Fatihah
  8. Al-Kafirun
  9. Al-Isra 32
  10. Yusuf 28
  11. An-Naba
  12. Al-Qadr

Pencarian: annisa ayat 12, al baqara, amanar rasulu bima, wakhtilaafil laili wan nahaari artinya, ali imran ayat 139

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: