Surat Yusuf Ayat 105

وَكَأَيِّن مِّنْ ءَايَةٍ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ يَمُرُّونَ عَلَيْهَا وَهُمْ عَنْهَا مُعْرِضُونَ

Arab-Latin: Wa ka`ayyim min āyatin fis-samāwāti wal-arḍi yamurrụna 'alaihā wa hum 'an-hā mu'riḍụn

Artinya: Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling dari padanya.

« Yusuf 104Yusuf 106 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Berkaitan Surat Yusuf Ayat 105

Paragraf di atas merupakan Surat Yusuf Ayat 105 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam pelajaran penting dari ayat ini. Tersedia beragam penjelasan dari banyak ahli tafsir terkait makna surat Yusuf ayat 105, sebagiannya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan banyak dari bukti-bukti kebenaran yang menunjukan keesaan Allah dan dan kekuasaanNya, tersebar di langit dan di bumi, seperti matahari, bulan, gunung-gunung dan pepohonan yang mereka menyaksikanya sendiri, sedang mereka berpaling darinya, tidak merenungkan dan tidak mengambil pelajaran darinya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

105. Betapa banyak ayat-ayat kauniyah yang menunjukkan keagungan dan keesaan Sang Pencipta, ayat-ayat ini terdapat di langit dan di bumi tanpa tersembunyi dari seorangpun, semua orang dapat menyaksikannya. Akan tetapi mayoritas mereka tidak menghayati dan tidak mempedulikannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

105. Dan banyak sekali tanda-tanda keesaan Allah -Subḥānahu- yang ada di langit dan bumi. Mereka menemukannya tetapi mereka enggan memikirkannya dan tidak menghiraukannya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

105. وَكَأَيِّن مِّنْ ءَايَةٍ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ (Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi)
Betapa banyaknya tanda-tanda yang ada di langit yang menunjukkan keesaan Allah seperti langit yang diciptakan tanpa tiang, yang dihiasi dengan bintang-bintang bersinar yang dapat bergerak dan yang tetap diam; serta tanda-tanda yang ada di bumi seperti pegunungan, padang pasir yang tandus tak berpenghuni, lautan, tumbuh-tumbuhan, dan hewan-hewan. Semua ini dapat menunjukkan kepada mereka keesaan Allah dan menunjukkan bahwa Allah adalah penciptannya.

يَمُرُّونَ (yang mereka melaluinya)
Yakni melalui tanda-tanda ini tanpa memperhatikannya dan tanpa menengok kepada tanda yang menunjukkan kepada penciptanya, meski mereka melihat dengan mata mereka namun mereka tidak melihatnya dengan penuh pendalaman dan pengamatan.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Perhatikan bagaimana keadaan dirimu terhadap ayat-ayat kauniyah yang telah dihamparkan di muka bumi ini, dan apa yang tengah terjadi di hari-hari ini, sebesar apapun pengaruh dan pemanfaatanmu dari ayat-ayat itu sebesar itulah keimanan dalam dirimu, namun jika kamu tidak dapat melihat maka setidaknya jagalah dirimu dari perkara-perkara keji yang digemari oleh kaum-kaum pembangkang.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

105. Dan berapa dari ayat-ayat, yaitu banyak ayat-ayat yang menunjukkan atas keberadaan dan keesaan Allah serta kesempurnaan kuasaNya di seluruh pelosok langit dan bumi. Mereka menyaksikannya tanpa merenungi, memikirkan dan mengambil pelajaran darinya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Berapa banyak} berapa banyak {tanda-tanda} tanda-tanda untuk menunjukkan kepada ketauhidan Allah {di langit dan di bumi yang mereka lalui dan mereka berpaling darinya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

105. “Dan banyak sekali”, berapa banyak “tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan bumi yang mereka lalui”, yang menandakan keesaan Allah (Tauhidullah) “sedang mereka berpaling darinya.”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 105-107
Allah SWT memberitahukan tentang kelalaian kebanyakan manusia dari memikirkan tanda-tanda kekuasaan Allah dan bukti-bukti keesaanNya melalui makhluk Allah di langit dan bumi berupa bintang-bintang yang cemerlang, tetap, beredar, serta gugusan bintang lainnya yang beredar. Semuanya itu ditundukkan.. Berapa banyak di bumi ini bagian-bagian yang berdampingan, kebun-kebun, taman-taman, gunung-gunung yang kokoh, laut-laut yang luas, ombak-ombaknya yang berdebur, dan padang pasir yang luas.
Firman Allah: (Dan sebagian besar dari mereka tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan mempersekutukan Allah (dengan sembahan-sembahan lain) (106)) Ibnu Abbas berkata termasuk pengertian keimanan mereka apabila ditanyakan kepada mereka,"Siapakah yang menciptakan langit, siapakah yang menciptakan bumi, dan siapakah yang menciptakan gunung-gunung itu?" Mereka menjawab, "Allah" padahal mereka menyekutukanNya. Demikian juga dikatakan oleh Mujahid, ‘Atha’, Ikrimah, Asy-Sya'bi, Qatadah, Adh-Dhahhak, dan Abdurrahman bin Zaid bin Aslam.
Firman Allah: (Apakah mereka merasa aman dari kedatangan siksa Allah yang meliputi mereka) yaitu apakah orang-orang yang menyekutukan Allah merasa aman terhadap datangnya azab Allah yang meliputi mereka, dimana mereka tidak menyadarinya. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (maka apakah orang-orang yang membuat makar yang jahat itu merasa aman (dari bencana) ditenggelamkannya bumi oleh Allah bersama mereka, atau datangnya azab kepada mereka dari tempat yang tidak mereka sadari (45) atau Allah mengazab mereka di waktu mereka dalam perjalanan, maka sekali-kali mereka tidak dapat menolak (azab itu) (46) atau Allah mengazab mereka dengan berangsur-angsur (sampai binasa). Maka sesungguhnya Tuhan kalian adalah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang (47)) (Surah An-Nahl)


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat :
Firman-Nya : (وَكَأَيِّن مِّنۡ ءَايَةٖ فِي ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ) banyak dari ayat-ayat—di langit seperti matahari, bulan, bintang-bintang, awan, hujan, dan yang ada pada bumi seperti gunung-gunung, sungai, dan makhluk-makhluk yang beraneka ragam, berjalan siang malam—yang menunjukkan akan keberadaan Allah dan wajibnya beribadah kepada-Nya, mentauhidkan-Nya, namun mereka tidak ingin memperhatikannya tidak pula merenunginya, oleh karena itu mereka tidak beriman dan tidak pula mendapatkan hidayah.

Pelajaran dari ayat :
• Tercelanya lalai dan tidak memikirkan ayat-ayat Allah di alam.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yusuf ayat 105: Yakni tidak memikirkannya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yusuf Ayat 105

Bila manusia mau berpikir jernih, sebenarnya pengajaran tentang tanda-tanda kekuasaan Allah itu ada di sekitar mereka. Allah menegaskan, dan berapa banyak tanda-tanda kebesaran Allah yang ada di langit dan di bumi sebagai pengajaran yang setiap saat mereka lalui dan saksikan, namun mereka berpaling darinya tanpa mengambil pelajaran. Dan keberpalingan itu membuat kebanyakan dari mereka tidak beriman kepada Allah, bahkan mereka mempersekutukan-Nya dengan yang lain.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian berbagai penjabaran dari berbagai ulama mengenai isi dan arti surat Yusuf ayat 105 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita semua. Bantulah perjuangan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Banyak Dicari

Nikmati banyak materi yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: At-Taubah, At-Tin 4, Al-Fatihah 4, Ali ‘Imran 190, Al-Humazah, Al-Fatihah 5. Juga Al-Muthaffifin, Al-Ma’idah 48, Al-Anbiya 30, An-Nisa, Al-A’raf 54, An-Nahl 114.

  1. At-Taubah
  2. At-Tin 4
  3. Al-Fatihah 4
  4. Ali ‘Imran 190
  5. Al-Humazah
  6. Al-Fatihah 5
  7. Al-Muthaffifin
  8. Al-Ma’idah 48
  9. Al-Anbiya 30
  10. An-Nisa
  11. Al-A’raf 54
  12. An-Nahl 114

Pencarian: surat assyamsi, surat yasin ayat 80-83, wailahukum ilahun wahidun, surah tabarakallah, surat az- zumar ayat 53

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: