Surat adz-Dzariyat Ayat 56-58

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽู…ูŽุง ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ุชู ูฑู„ู’ุฌูู†ู‘ูŽ ูˆูŽูฑู„ู’ุฅูู†ุณูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ู„ููŠูŽุนู’ุจูุฏููˆู†ู

Arab-Latin: wa mฤ khalaqtul-jinna wal-insa illฤ liya'budแปฅn

Artinya: Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

ู…ูŽุงู“ ุฃูุฑููŠุฏู ู…ูู†ู’ู‡ูู… ู…ู‘ูู† ุฑู‘ูุฒู’ู‚ู ูˆูŽู…ูŽุงู“ ุฃูุฑููŠุฏู ุฃูŽู† ูŠูุทู’ุนูู…ููˆู†ู

Arab-Latin: mฤ urฤซdu min-hum mir rizqiw wa mฤ urฤซdu ay yuแนญ'imแปฅn

Artinya: Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan.

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat adz-Dzariyat Ayat 56-58

Terdokumentasi aneka ragam penjelasan dari banyak ulama tafsir terhadap makna surat adz-dzariyat ayat 56-58, misalnya seperti terlampir:

Aku tidak menginginkan rizki dari mereka dan Aku tidak berharap mereka memberiKu makan, karena Aku adalah Pemberi rizki dan pemberi (segala sesuatu). Allah tidak membutuhkan makhlukNya, sebaliknya mereka yang membutuhkanNYa. Allah adalah pencipta mereka, Pemberi mereka rizki dan tidak membutuhkan mereka. (Tafsir al-Muyassar)

Aku tidak menginginkan rezeki dari mereka dan Aku tidak menginginkan mereka untuk memberi-Ku makan. (Tafsir al-Mukhtashar)

Aku tidak menghendaki pemberian dari hamba-hambaKu, Aku juga tidak butuh makanan mereka, karena sesungguhnya Aku adalah Dzat yang Maha Kaya, Dzat yang memiliki kekayaan mutlak dan Dzat yang memberikan rejeki dan makanan, bukan yang diberi makan (Tafsir al-Wajiz)

ู…ูŽุข ุฃูุฑููŠุฏู ู…ูู†ู’ู‡ูู… ู…ูู‘ู† ุฑูู‘ุฒู’ู‚ู ูˆูŽู…ูŽุข ุฃูุฑููŠุฏู ุฃูŽู† ูŠูุทู’ุนูู…ููˆู†ู (Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan) Yakni Allah menciptakan mereka bukan untuk mendapat suatu manfaat dari mereka sebagaimana seorang tuan yang memanfaatkan budaknya, namun Dia Maha Kaya dan Maha Pemberi Rezeki. (Zubdatut Tafsir)

ุฅูู†ู‘ูŽ ูฑู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู‡ููˆูŽ ูฑู„ุฑู‘ูŽุฒู‘ูŽุงู‚ู ุฐููˆ ูฑู„ู’ู‚ููˆู‘ูŽุฉู ูฑู„ู’ู…ูŽุชููŠู†ู

Arab-Latin: innallฤha huwar-razzฤqu ลผul-quwwatil-matฤซn

Artinya: Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.

Sesungguhnya hanya Allah semata Yang Maha Memberi rizki makhlukNya, Yang menjamin makanan mereka, Pemilik kekuatan yang kokoh, tidak ditundukkan dan tidak dikalahkan, karena Dia memiliki kuasa dan kekuatan sempurna. (Tafsir al-Muyassar)

Sesungguhnya Allah lah yang memberi rezeki kepada hamba-hamba-Nya, semuanya butuh kepada rezeki-Nya. Allah mempunyai kekuatan dan Mahakokoh yang tidak ada sesuatu pun yang mengalahkan-Nya. Semua jin dan manusia tunduk pada kekuatan-Nya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Sesungguhnya hanya Allah yang memberi rejeki setiap yang membutuhkan dan Dzat yang Maha Kuat. {Al-Matiin} sebagai penegas kata sebelumnya. (Tafsir al-Wajiz)

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ูŽ ู‡ููˆูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุฒูŽู‘ุงู‚ู (Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki) Yakni Dia yang memberi rezeki kepada seluruh makhluk dan mengatur urusan mereka. Dia tidak menciptakan mereka untuk mendapat suatu manfaat bagi-Nya. Maka dari itu hendaklah mereka menjalankan ibadah yang menjadi tujuan penciptaan mereka. ุฐููˆ ุงู„ู’ู‚ููˆูŽู‘ุฉู ุงู„ู’ู…ูŽุชููŠู†ู (Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh) Yakni memiliki kekuatan yang sangat besar. (Zubdatut Tafsir)

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penjelasan dari beragam ulama tafsir terkait makna dan arti surat adz-dzariyat ayat 56-58 (arab, latin, artinya), semoga membawa manfaat untuk kita bersama. Bantu perjuangan kami dengan memberikan backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Banyak Dilihat

Nikmati berbagai topik yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-‘Alaq, Al-Insyirah, Al-Bayyinah, Al-Baqarah 183, Al-Ma’un, Al-Fil. Serta Alhamdulillah, Al-Fath, Ali ‘Imran 159, Inna Lillahi, At-Tin, Yusuf 4.

  1. Al-‘Alaq
  2. Al-Insyirah
  3. Al-Bayyinah
  4. Al-Baqarah 183
  5. Al-Ma’un
  6. Al-Fil
  7. Alhamdulillah
  8. Al-Fath
  9. Ali ‘Imran 159
  10. Inna Lillahi
  11. At-Tin
  12. Yusuf 4

Pencarian: al-isra ayat 27, surat alkhafi, abasa 1-10, surat al ahad, al maidah ayat 58

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: