Surat al-Fajr Ayat 27-30

يَٰٓأَيَّتُهَا ٱلنَّفْسُ ٱلْمُطْمَئِنَّةُ

Arab-Latin: yā ayyatuhan-nafsul-muṭma`innah

Artinya: Hai jiwa yang tenang.

ٱرْجِعِىٓ إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً مَّرْضِيَّةً

Arab-Latin: irji'ī ilā rabbiki rāḍiyatam marḍiyyah

Artinya: Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya.

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat al-Fajr Ayat 27-30

Diketemukan kumpulan penjabaran dari beragam ahli tafsir terkait kandungan surat al-fajr ayat 27-30, antara lain seperti di bawah ini:

Kembalilah ke haribaan Rabbmu dengan hati yang rida dengan pahala yang sempurna yang kamu dapatkan, dan juga dalam keadaan diridai oleh-Nya karena perbuatan salehmu. (Tafsir al-Mukhtashar)

“Kembalilah ke haribaan Tuhanmu dan muliakanlah Dia dengan meridhai imbalan (dariNya), dan Allah akan meridhai amal shalihmu” (Tafsir al-Wajiz)

ارْجِعِىٓ إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً (Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas) Puas dengan pahala yang Allah berikan kepadamu. مَّرْضِيَّةً (lagi diridhai-Nya) Diridhai di sisi-Nya. (Zubdatut Tafsir)

فَٱدْخُلِى فِى عِبَٰدِى

Arab-Latin: fadkhulī fī 'ibādī

Artinya: Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku,

Masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku yang saleh. (Tafsir al-Mukhtashar)

Masuklah ke dalam golongan hamba-hambaKu yang dekat (denganKu) (Tafsir al-Wajiz)

فَادْخُلِى فِى عِبٰدِى (Maka masuklah ke dalam jama’ah hamba-hamba-Ku) Yakni masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku yang shalih. (Zubdatut Tafsir)

وَٱدْخُلِى جَنَّتِى

Arab-Latin: wadkhulī jannatī

Artinya: masuklah ke dalam surga-Ku.

Masuklah bersama mereka ke dalam surga-Ku yang Aku siapkan untuk mereka.” (Tafsir al-Mukhtashar)

Masuklah ke dalam surgaKu yang sangat luas bersama mereka. Ibnu Abu Hatim dari Buraidah tentang firmanNya: {Ya Ayyatuhan Nafsu} [27] berkata: “Ayat ini diturunkan untuk Hamzah” sedangkan Ibnu Abbas berkata: ”Ayat ini diturunkan untuk Utsman ketika membeli sumur Ruma untuk memberi minum orang-orang muslim” (Tafsir al-Wajiz)

وَادْخُلِى جَنَّتِى (masuklah ke dalam surga-Ku) Yakni masuklah bersama mereka. Ini merupakan kemuliaan yang tidak ada tandingannya. (Zubdatut Tafsir)

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penjabaran dari para mufassir terkait makna dan arti surat al-fajr ayat 27-30 (arab, latin, artinya), semoga membawa faidah untuk kita semua. Sokong dakwah kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Banyak Dilihat

Baca banyak halaman yang cukup banyak dilihat, seperti surat/ayat: At-Thalaq, Al-Baqarah 45, Ad-Dukhan, Al-Qamar 49, Al-Hadid 20, Al-Jin. Termasuk Ali ‘Imran 139, Al-Baqarah 43, Al-Ma’idah 8, Al-Isra 25, Ali ‘Imran 97, Tentang Al-Quran.

  1. At-Thalaq
  2. Al-Baqarah 45
  3. Ad-Dukhan
  4. Al-Qamar 49
  5. Al-Hadid 20
  6. Al-Jin
  7. Ali ‘Imran 139
  8. Al-Baqarah 43
  9. Al-Ma’idah 8
  10. Al-Isra 25
  11. Ali ‘Imran 97
  12. Tentang Al-Quran

Pencarian: ...

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.