Surat At-Taubah Ayat 129

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَإِن تَوَلَّوْا۟ فَقُلْ حَسْبِىَ ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْعَظِيمِ

Arab-Latin: Fa in tawallau fa qul ḥasbiyallāhu lā ilāha illā huw, 'alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-'arsyil-'aẓīm

Artinya: Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung".

« At-Taubah 128Yunus 1 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Terkait Dengan Surat At-Taubah Ayat 129

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 129 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan penting dari ayat ini. Diketemukan beragam penjabaran dari berbagai mufassirin berkaitan makna surat At-Taubah ayat 129, di antaranya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka apabila kaum musyrikin dan orang-orang munafik tetap berpaling dari keimanan kepada mu (wahai rasul), maka katakanlah kepada mereka, ”cukuplah Allah bagiku, Dia akan memenuhi apa yang menjadi cita-citaku, tiada tuhan yang berhak di sembah kecuali Dia, kepadaNya lah aku bergantung. Dan kepadaNYa aku serahkan seluruh urusanku, sesungguhnya Dia penolong dan yang akan membantuku. Dia Robb pemilik arsy yang agung yang merupakan makhluk yang paling besar.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

129. Hai Nabi, jika orang-orang kafir dan munafik berpaling dari keimanan kepadamu, maka katakanlah kepada mereka: “Cukuplah Allah sebagai penolongku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Dia, hanya kepada-Nya aku bersandar, Dia adalah pemilik ‘Arsy yang agung yang merupakan makhluk yang paling pesar.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

129. Jika mereka berpaling darimu dan tidak mau beriman kepada ajaran yang kamu bawa, maka katakanlah -wahai Rasul- kepada mereka, "Cukuplah bagiku Allah yang tiada tuhan yang berhak disembah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bersandar dan Dia -Subḥānahu- Penguasa 'Arsy yang agung."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

129. فَإِن تَوَلَّوْا۟ (Jika mereka berpaling)
Yakni berpaling dari kalian dan tidak menerima dan mengamalkan apa yang kamu bawa.

فَقُلْ(maka katakanlah)
Wahai Muhammad.

حَسْبِىَ اللهُ(Cukuplah Allah bagiku)
Yakni cukuplah Allah bagiku yang Maha Esa, yang tidak bergantung kepada selain-Nya.

عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ (Hanya kepada-Nya aku bertawakkal)
Yakni aku serahkan segala urusanku.

وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ(dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung)
Karena arsy merupakan makhluk yang paling besar dan agung.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

129. Wahai rasul, jika mereka menolak untuk beriman maka katakanlah kepada mereka: “Cukuplah Allah yang menjadi penolong dan penyelamatku. Dialah satu-satunya Tuhan yang aku serahi urusan-urusanku. Dialah Tuhan kursi yang lebih agung dari seluruh makhluk. Dan Arsy itu adalah makhluk yang tidak diketahui keagungan dan hakikatnya kecuali hanya Allah SWT yang tahu. Kami beriman atas apa yang terkandung dalam Al-Qur’an tanpa menyamakan dengan sesuatu yang sudah lazim.” Ditafsirkan oleh sabagian ulama’ bahwa Dialah pemilik kerajaan dan kewenangan yang menentukan dan mengatur atas setiap sesuatu dan perkara


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Jika mereka berpaling} berpaling dari keimanan {maka katakanlah,“Cukuplah bagiku} cukuplah bagiku {Allah. Tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepadaNya aku bertawakal} bergantung {dan Dia adalah Tuhan pemilik ‘Arsy yang agung.”}


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

129. “Jika” mereka beriman, maka itu adalah taufik untuk mereka dan jika “mereka berpaling” dari keimanan dan amal, maka tetaplah berjalan di atas jalanmu, teruslah berdakwah dan katakan, “CUkuplah Allah bagiku.” Yakni Allah yang mencukupiku segala apa yang aku perlukan. “Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia.” Yakni, tiada yang disembah dengan benar selainNYa. “Hanya kepadaNya aku bertawakal.” Yakni aku bersandar dan percaya kepadaNYa dalam meraih apa yang bermanfaat dan menolak apa yang mudarat. “Dan Dia adalah Rabb yang memiliki Arasy yang agung,” yang merupakan makhluk terbesar, jika Dia adalah Rabb bagi Arasy yang agung yang meliputi seluruh makhluk, maka Dia pasti Rabb bagi makhluk selainnya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ahat 128-129
Allah SWT berfirman seraya memberikan nikmat kepada orang-orang mukmin melalui seorang rasul yang dari kalangan mereka, yaitu dari bangsa mereka dan dalam bahasa mereka. sebagaimana nabi Ibrahim berdoa: (Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka seorang rasul dari kalangan mereka sendiri) (Surah Al-Baqarah: 129) Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus di antara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri) (Surah Ali Imran: 164) Allah SWT juga berfirman: (Sesungguhnya telah datang kepada kalian seorang rasul dari kaum kalian sendiri) yaitu dari kalangan kalian dan dalam bahasa kalian. sebagaimana Ja'far bin Abu Thalib berkata kepada orang Najasyi, dan Al-Mughirah bin Syu'bah berkata kepada Kaisar,"Sesungguhnya Allah telah mengutus kepada kami seorang rasul dari kalangan kami. Kami mengenal keturunannya, sifatnya, tempat masuk dan tempat keluarnya, serta kejujuran dan amanatnya, hingga akhir hadis."
Firman Allah SWT: (berat terasa olehnya penderitaan kalian) yaitu terasa berat olehnya sesuatu yang membuat umatnya menderita karenanya. Oleh karena itu, isebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari berbagai jalur tentang beliau bahwa beliau bersabda,”Aku diutus dengan membawa agama Islam yang lurus lagi penuh dengan toleransi” dan dalam hadits shahih,”Sesungguhnya agama ini mudah, semua syariatnya mudah, penuh dengan toleransi lagi sempurna. Mudah bagi orang yang dimudahkan oleh Allah dalam mengerjakannya (sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagi kalian) yaitu memberi petunjuk kepada kalian dan menghantar­kan manfaat dunia dan akhirat untuk kalian.
Firman Allah: (amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin) sebagaimana firmanNya: (Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman (215) Jika mereka mendurhakaimu. maka katakanlah, "Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kalian kerjakan” (216) Dan bertawakallah kepada (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang (217)) (Surah Asy-Syu'ara) Demikian juga Allah memerintahkan dalam ayat yang mulia ini, yaitu firmanNya SWT: (Jika mereka berpaling) yaitu kalian berpaling dari apa yang engkau bawa kepada mereka, yaitu dari syariat yang agung, suci, sempurna dan menyeluruh (maka katakanlah, "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia) yaitu Allahlah yang memberikan kecukupan kepadaku (Tidak ada Tuhan selain Dia, dan hanya kepadaNya aku bertawakal) sebagaimana Allah SWT berfirman ((Dialah) Tuhan masyriq dan magrib, tidak ada Tuhan melainkan Dia, maka ambillah Dia sebagai pelindung (9)) (Surah Al-Muzzammil)
(Dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung”) yaitu Dia adalah Pemiliki dan Pencipta segala sesuatu, karena Dia adalah Tuhan 'Arsy yang agung yang merupakan atap dari semua makhluk. Semua makhluk di langit, bumi, dan segala sesuatu yang ada pada keduanya dan ada di antara keduanya berada di bawah 'Arsy dan tunduk di bawah kekuasaan Allah SWT, Pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu, kekuasaanNya menjangkau segala sesuatu, dan Dialah Pelindung segala sesuatu.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat At-Taubah ayat 129: Dalam meraih hal yang bermanfaat dan menghindarkan hal yang bermadharrat.

Disebutan ‘Arsy secara khusus, karena ia merupakan makhluk Allah yang paling besar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 129

Maka jika mereka berpaling dari keimanan dan menolak mengikuti ajaranmu wahai nabi Muhammad, maka katakanlah kepada mereka cukuplah Allah bagiku, dia yang akan membela dan melindungiku; tidak ada tuhan yang berhak disembah selain dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, yakni berserah diri setelah berusaha sekuat tenagaku, dan dia adalah tuhan yang memiliki, mencipta, dan mengatur 'arsy singgasana yang agung. Alif lam ra. Hanya Allah yang mengetahui secara pasti makna huruf-huruf yang menjadi pembuka surah-surah dalam Al-Qur'an. Inilah ayatayat Al-Qur'an yang keseluruhannya penuh hikmah, yakni petunjuk yang hak dan terbaik bagi semua umat manusia. Apabila petunjuk tersebut diperhatikan dan dijalankan, maka akan mendatangkan kemaslahatan dan menghindarkan keburukan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beragam penjelasan dari banyak ahli ilmu terhadap makna dan arti surat At-Taubah ayat 129 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita semua. Dukung kemajuan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Banyak Dicari

Telaah ratusan materi yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Waqi’ah, Ar-Rahman, Al-Baqarah, Yasin, Al-Mulk, Ayat Kursi. Serta Al-Kahfi, Shad 54, Do’a Sholat Dhuha, Asmaul Husna, Al-Ikhlas, Al-Kautsar.

  1. Al-Waqi’ah
  2. Ar-Rahman
  3. Al-Baqarah
  4. Yasin
  5. Al-Mulk
  6. Ayat Kursi
  7. Al-Kahfi
  8. Shad 54
  9. Do’a Sholat Dhuha
  10. Asmaul Husna
  11. Al-Ikhlas
  12. Al-Kautsar

Pencarian: surat alif lam mim latin, an nur 31, al ikhlas artinya, sirat yasin, al baqarah ayat 61

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: