Surat Hud Ayat 111

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَإِنَّ كُلًّا لَّمَّا لَيُوَفِّيَنَّهُمْ رَبُّكَ أَعْمَٰلَهُمْ ۚ إِنَّهُۥ بِمَا يَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Arab-Latin: Wa inna kullal lammā layuwaffiyannahum rabbuka a'mālahum, innahụ bimā ya'malụna khabīr

Artinya: Dan sesungguhnya kepada masing-masing (mereka yang berselisih itu) pasti Tuhanmu akan menyempurnakan dengan cukup, (balasan) pekerjaan mereka. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.

« Hud 110Hud 112 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Mengenai Surat Hud Ayat 111

Paragraf di atas merupakan Surat Hud Ayat 111 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai hikmah penting dari ayat ini. Diketemukan pelbagai penjabaran dari para ahli ilmu terhadap isi surat Hud ayat 111, misalnya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan setiap kaum yang berselisih itu yang telah kami sebutkan kepadamu (wahai rasul), berita-berita tentang mereka, tuhanmu benar-benar akan memenuhi bagi mereka balasan perbuatan-perbuatan mereka pada hari kiamat. Bila baik, maka balasannya baik, jika buruk, maka balasannyapun buruk. Sesungguhnya tuhanmu mahamengetahui semua yang dikerjakan oleh orang-orang musyrik. Tidak ada sesuatu yang tersembunyi bagiNya dari perbuatan mereka. di dalam ayat ini terdapat peringatan dan ancaman bagi mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

111. Setiap mereka; kaum terdahulu dan selanjutnya, para pemimpin dan pengikutnya, ada yang mendapatkan bagian azab mereka di dunia, dan ada yang Allah akhirkan azabnya di akhirat, dan Allah akan memenuhi balasan atas perbuatan mereka. Tidak ada yang tersembunyi dari-Nya, dan tidak ada yang terlewat dari ilmu-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

111. Sesungguhnya kepada masing-masing dari mereka yang berselisih paham itu Tuhanmu -wahai Rasul- akan memberikan balasan amal perbuatannya secara sempurna. Jika amal perbuatannya baik maka akan baiklah balasannya. Dan jika amal perbuatannya buruk maka akan buruk pula balasannya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Tidak ada satupun amal perbuatan mereka yang luput dari pengetahuan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

111. وَإِنَّ كُلًّا لَّمَّا لَيُوَفِّيَنَّهُمْ رَبُّكَ أَعْمٰلَهُمْ ۚ (Dan sesungguhnya kepada masing-masing (mereka yang berselisih itu) pasti Tuhanmu akan menyempurnakan dengan cukup)
yakni tidak ada bagi orang-orang yang berselisih itu kecuali Allah akan membalas amalan mereka dan menyempurnakan balasannya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

111. Sesungguhnya masing-masing kelompok yang berbeda itu yaitu orang yang beriman dan berdusta itu pasti akan bertemu dengan hari penghisaban agar amalnya dibalas dengan sempurna, berupa kebaikan atau keburukan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui amal-amal para hamba baik yang tampak maupun tersembunyi, Tidak ada yang luput dariNya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya setiap itu} sesungguhnya setiap yang berselisih dari golongan orang mukmin dan orang kafir {Tuhanmu pasti akan memberi balasan atas perbuatan mereka} membalas perbuatan mereka {Sesungguhnya Dia Maha Memberitahu apa yang mereka kerjakan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

111 “dan sesungguhnya kepada masing mas ing (mereka yang berselish itu) pasti Rabbmu akan menyempurnakan dengan cukup (balasan) pekerjaan mereka” maksudnya, Allah pasti akan memutuskan diantara mereka pada hari kiamat dengan hukumNya yang adil, lalu masing masing di balas dengan sesuatu yang menjadi haknya. ”sesungguhnya Dia terhadap apa yang mereka kerjakan” dari yang baik dan yang buruk, ”maha mengetahui” tidak sedikitpun dari amal mereka yang samar bagiNya, kecil dan besarnya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 109-111
Allah SWT berfirman (Maka janganlah kamu berada dalam keragu-raguan tentang apa yang disembah oleh mereka) yaitu orang-orang musyrik bahwa sesungguhnya itu bathil, bodoh, dan sesat. Mereka hanya menyembah apa yang dahulu disembah oleh nenek moyang mereka. yaitu, mereka tidak mempunyai sandaran dalam melakukan apa yang mereka lakukan, melainkan hanya mengikuti kebodohan nenek moyang mereka. Allah akan membalas mereka atas hal itu dengan balasan yang penuh. Lalu Dia mengazab orang kafir mereka dengan azab yang tidak pernah Dia timpakan kepada seorang pun. Jika mereka mempunyai kebaikan-kebaikan, maka Allah sudah memenuhinya di dunia sebelum di akhirat.
(Dan sesungguhnya Kami pasti akan menyempurnakan dengan secukup-cukupnya pembalasan (terhadap) mereka dengan tidak dikurangi) Abdurrahman bin Zaid bin Aslam mengatakan,"Sungguh Dia memenuhi mereka dengan azab dari bagian mereka tanpa dikurangi"
Kemudian Allah SWT menyebutkan bahwa Dia telah memberi nabi Musa kitab, lalu orang-orangnya berselisih tentang hal itu. Maka ada yang beriman kepadanya dan mengingkarinya. Wahai Muhammad, maka kamu mempunyai tauladan dari para nabi sebelummu. Maka janganlah sekali-kali membuatmu marah, pendustaan mereka terhadapmu dan dan menggoyahkanmu.
(Dan seandainya tidak ada ketetapan yang telah terdahulu dari Tuhanmu, niscaya telah ditetapkan hukuman di antara mereka) Ibnu Jarir berkata,"Seandainya tidak sesuatu yang terdahulu berupa menangguhkan azabNya sampai kepada waktu yang telah ditentukan, maka Allah menetapkan hukuman di antara mereka"
Bisa juga bahwa maksudnya adalah Allah tidak mengazab seseorang melainkan setelah ditegakkan hujjah atasnya dan pengutusan seorang rasul kepadanya, sebagaimana Allah berfirman: (dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul) (Surah Al-Isra: 15) Sesungguhnya Allah berfirman dalam ayat lain: (Dan sekiranya tidak ada suatu ketetapan dari Allah yang telah terdahulu atau tidak ada ajal yang telah ditentukan pasti (azab itu) menimpa mereka (129) Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan) (Surah Thaha) Kemudian Allah SWT memberitahukan bahwa orang-orang kafir dalam keraguan dengan apa yang dibawa oleh seorang Rasul dengan kuat kepada mereka lalu Allah berfirman (mereka (orang kafir Mekah) benar-benar dalam kebimbangan dan keraguan terhadapnya (Al-Qur'an)) Kemudian Allah memberitahukan bahwa Allah SWT akan mengumpulkan orang-orang terdahulu dan orang-orang yang kemudian dari semua umat, lalu Dia membalas mereka sesuai dengan amal mereka. Jika baik maka balasannya baik, dan jika buruk maka balasannya buruk. Lalu Allah berfirman: (Dan sesungguhnya kepada masing-masing (mereka yang berselisih itu) pasti Tuhanmu akan menyempurnakan dengan cukup (balasan) pekerjaan mereka. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan (111)) yaitu Maha Mengetahui semua amal mereka yang mulia dan rendah serta yang kecil dan besar.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat :
Firman-Nya : (وَإِنَّ كُلّٗا لَّمَّا لَيُوَفِّيَنَّهُمۡ رَبُّكَ أَعۡمَٰلَهُمۡۚ) “Dan sesungguhnya kepada masing-masing (mereka yang berselisih itu) pasti Tuhanmu akan menyempurnakan dengan cukup, (balasan) pekerjaan mereka”. Setiap hamba yang beriman atau yang kafir, baik atau buruk, pasti akan Allah balas amalan mereka pada hari kiamat dengan sempurna tidak dikurangi sedikit pun, (إِنَّهُۥ بِمَا يَعۡمَلُونَ خَبِيرٞ) “Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.” penekanan atas kabar akan adanya pembalasan amal yang adil, karena pengetahuan terhadap amal, dan pengamatan yang sempurna pasti menghasilkan ganjaran yang sempurna pula.

Pelajaran dari ayat :
• Balasan ukhrawi adalah pasti, karena yang menentukannya adalah Yang Maha Benar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Hud ayat 111: Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan memutuskan masalah mereka pada hari kiamat dengan hukum-Nya yang adil, dan akan memberikan balaan kepada masing-masingnya sesuai yang layak baginya.

Oleh karena itu, amal mereka besar maupun kecil tidak samar bagi-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Hud Ayat 111

Tapi jangan duga bahwa Allah akan membiarkan mereka yang berselisih. Allah memperhatikan mereka dan besumpah, sesungguhnya kepada masing-masing yang berselisih itu pasti tuhanmu akan memberi balasan secara penuh atas perbuatan mereka pada hari pembalasan, sebagai imbalan atas perbuatan mereka. Sungguh, dia mahateliti terhadap perbuatan apa saja yang mereka kerjakan baik yang ditampakkan atau disembunyikan. Allah maha mengetahui dan mahateliti, tidak ada satu pun perbuatan manusia yang terlewat dari pengamatan Allah. Setelah diuraikan tentang keberadaan umat terdahulu yang ragu dan berselisih terhadap ajaran nabinya, maka pada ayat ini Allah memperingatkan kepada nabi dan umatnya agar konsisten terhadap ajaran yang benar. Maka tetaplah engkau wahai nabi Muhammad, tetap teguh dan konsisten dalam melaksanakan perintah Allah dan menyeru ke jalan yang benar, sebagaimana telah diperintahkan kepadamu dan juga orang yang bertobat bersamamu dari perbuatan syirik dan dosa, dan janganlah kamu melampaui batas terhadap perintah dan larangan-Nya. Sungguh, dia maha melihat apa yang kamu kerjakan kemudian akan memberikan balasan atas perbuatan yang kamu kerjakan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penafsiran dari kalangan mufassirin mengenai kandungan dan arti surat Hud ayat 111 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita. Dukunglah usaha kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Terbanyak Dibaca

Nikmati ratusan materi yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Muthaffifin, At-Tin 4, Al-Ma’idah 48, An-Nahl 114, Ali ‘Imran 190, Al-Anbiya 30. Termasuk Al-Humazah, Al-Fatihah 4, An-Nisa, At-Taubah, Al-Fatihah 5, Al-A’raf 54.

  1. Al-Muthaffifin
  2. At-Tin 4
  3. Al-Ma’idah 48
  4. An-Nahl 114
  5. Ali ‘Imran 190
  6. Al-Anbiya 30
  7. Al-Humazah
  8. Al-Fatihah 4
  9. An-Nisa
  10. At-Taubah
  11. Al-Fatihah 5
  12. Al-A’raf 54

Pencarian: surat yasin ayat 63, az zumar 42, ibrahim ayat 22, qs al mujadalah ayat 11 beserta artinya, surat al hujurat ayat 14

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: