Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 37

وَمَا كَانَ هَٰذَا الْقُرْآنُ أَنْ يُفْتَرَىٰ مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلَٰكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ الْكِتَابِ لَا رَيْبَ فِيهِ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Arab-Latin: Wa mā kāna hāżal-qur`ānu ay yuftarā min dụnillāhi wa lākin taṣdīqallażī baina yadaihi wa tafṣīlal-kitābi lā raiba fīhi mir rabbil-'ālamīn

Terjemah Arti: Tidaklah mungkin Al Quran ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Quran itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan tidaklah ada kemudahan bagi siapapun untuk mendatangkan al-qur’an dari selain Allah. Sesungguhnya tidak ada seorang pun yang mampu untuk itu dari makhluk. Akan tetapi Alalh menurunkannya untuk membenarkan kitab-kitab yang diturunkanNya sebelumnya kepada para nabiNya, karena sesungguhnya agama Allah itu satu. Dan di dalam al-qur’an ini terdapat penjelasan dan rincian tentang ajaran yang Allah syariatkan bagi umat Muhammad .tidak ada keraguan bahwa sesungguhnya al-qur’an itu diwahyukan dari tuhan semesta alam.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

37. Al-Qur`ān ini tidak mungkin bisa dibuat dan disandarkan kepada selain Allah. Karena manusia pasti tidak mampu membuat karya yang sebanding dengan Al-Qur`ān. Akan tetapi Al-Qur`ān ini diturunkan untuk membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum yang masih global (umum) di dalamnya. Jadi tidak ada sedikitpun keraguan bahwa Al-Qur`ān ini diturunkan dari Tuhan yang telah menciptakan segenap makhluk.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

37. وَمَا كَانَ هٰذَا الْقُرْءَانُ أَن يُفْتَرَىٰ مِن دُونِ اللهِ (Tidaklah mungkin Al Quran ini dibuat oleh selain Allah)
Dan tidak ada yang dapat mendatangkan dengan semisalnya kecuali Allah.

وَلٰكِن(akan tetapi)
Al-Qur’an ini.

تَصْدِيقَ الَّذِى بَيْنَ يَدَيْهِ (membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya)
Yakni kitab-kitab yang diturunkan kepada para Nabi sebelumnya, mereka telah diberitahu tentang turunnya al-Qur’an, sehingga al-Qur’an ini sebagai pembenar kabar dari kitab-kitab tersebut.

وَتَفْصِيلَ الْكِتٰبِ(dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya)
Yakni hukum-hukum yang dijelaskan dalam al-Qu’ran.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

37 Tidaklah mungkin bahwa Al Quran ini suatu kebohongan dan bukan dari Allah; akan tetapi Al Quran itu berfungsi untuk membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya seperti seruan dan shuhuf Nabi Ibrahim, juga kitab samawi seperti Taurat, Zabur, dan Injil. Juga untuk menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam. Yang dimaksud dengan Al-Kitab adalah sejenisnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Karena Al Qur’an adalah kitab yang mulia, kitab yang seandainya manusia dan jin semuanya berkumpul untuk membuat yang semisalnya tentu mereka tidak akan sanggup. Al Qur’an adalah firman Rabul ‘alamin. Bagaimana mungkin mereka akan sanggup berkata semisal Al Qur’an atau mendekatinya, sedangkan perkataan itu mengikuti keadaan yang berkata. Jika yang berkata adalah Allah Tuhan seluruh alam, maka tidak ada yang mampu menandinginya. Kalau pun ada orang yang berani berkata mengatasnamakan firman Allah, maka tentu Allah akan menyegerakan hukuman kepadanya dan segera menyiksanya.

Allah menurunkan Al Qur’an sebagai rahmat bagi seluruh alam dan untuk menegakkan hujjah terhadap semua manusia. Allah menurunkannya membenarkan kitab-kitab Allah terdahulu, yakni sesuai dengan kitab-kitab terdahulu dan membenarkan apa yang disaksikannya.

Maksudnya Al Quran menjelaskan secara terperinci hukum-hukum yang telah disebutkan dalam Al Quran itu

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Pada ayat sebelumnya dijelaskan tentang kebenaran yang datang dari Allah dan dia-lah yang mampu membimbing kepada ke-benaran tersebut, lalu dalam ayat ini dijelaskan tentang kebenaran Al-Qur'an sebagai firman Allah. Dan tidak mungkin Al-Qur'an ini dibuat-buat oleh selain Allah; tetapi Al-Qur'an membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya, seperti kitab taurat yang diturunkan kepada nabi musa as dan lainlain, dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, yakni sebagian ayat-ayat Al-Qur'an itu menjelaskan secara terperinci hukumhukum yang telah disebutkan dalam Al-Qur'an itu sendiri, tidak ada keraguan di dalamnya, dan merupakan petunjuk yang diturunkan dari tuhan seluruh alam. Muhammad, buatlah sebuah surah yang semisal dengan surah Al-Qur'an, dan ajaklah siapa saja di antara kamu orang yang mampu membuatnya selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar dalam tuduhan itu.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 38 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 39 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 40, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 41, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 42, Makna Surat Yunus Ayat 43

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!