Surat Yunus Ayat 10

دَعْوَىٰهُمْ فِيهَا سُبْحَٰنَكَ ٱللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلَٰمٌ ۚ وَءَاخِرُ دَعْوَىٰهُمْ أَنِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: Da'wāhum fīhā sub-ḥānakallāhumma wa taḥiyyatuhum fīhā salām, wa ākhiru da'wāhum anil-ḥamdu lillāhi rabbil 'ālamīn

Artinya: Do'a mereka di dalamnya ialah: "Subhanakallahumma", dan salam penghormatan mereka ialah: "Salam". Dan penutup doa mereka ialah: "Alhamdulilaahi Rabbil 'aalamin".

« Yunus 9Yunus 11 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Mengenai Surat Yunus Ayat 10

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 10 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan menarik dari ayat ini. Terdapat beragam penafsiran dari beragam ulama tafsir terhadap makna surat Yunus ayat 10, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Doa mereka di dalam surga berupa tasbih ”subhanakallahuma” dan penghormatan Allah dan para malaikat bagi mereka, dan juga ucapan selamat antar mereka di dalam surga adalah ucapan “salam”. Dan penutup doa mereka adalah ucapan mereka ”alhamdulillahirabbil ‘alamin”. Artinya, rasa syukur dan pujian hanya bagi Allah, pencipta makhluk-makhluk dan pendidik mereka dengan nikmat-nikmatNya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

10. Doa yang mereka panjatkan di dalam Surga ialah ucapan yang mensucikan Allah. Sedangkan ucapan salam yang diucapkan oleh Allah dan para Malaikat serta mereka ucapkan satu sama lain ialah "Salam". Dan penutup doa mereka ialah pujian kepada Allah, Tuhan segenap makhluk.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

10. دَعْوَىٰهُمْ فِيهَا (Do’a mereka di dalamnya)
Yakni doa dan seruan mereka di dalam surga.

سُبْحٰنَكَ اللَّـهُمَّ(ialah: “Subhanakallahumma”)
Yakni doa yang mereka panjatkan di dalam surga merupakan tasbih kepada Allah.

وَتَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلٰمٌ ۚ( dan salam penghormatan mereka ialah: “Salam”)
Yakni ucapan salam kepada sesama mereka. Atau ucapan salam Allah bagi mereka. Atau ucapan salam malaikat bagi mereka.

وَءَاخِرُ دَعْوَىٰهُمْ أَنِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِينَ(Dan penutup doa mereka ialah: “Alhamdulilaahi Rabbil ‘aalamin”)
Yakni penutup doa mereka yang berupa tasbih adalah ucapan “Alhamdulilaahi Rabbil ‘aalamin” (segala puju bagi Allah Tuhan semesta alam).


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

10. Doa-doa mereka saat bermunajat kepada Allah di surga adalah bertasbih kepada Allah (menyucikanNya dari sesuatu yang tidak sesuai dengan keagunganNya) dan menyucikanNya. Dan salam penghormatan mereka dari Tuhan dan para malaikat adalah “Salaam (semoga sejahtera)” Dan penutup doa mereka yang berupa tasbih itu adalah “Alhamdulillahi rabbil ‘aalamin alladzi an’amana bi hadzihil khatimatil hamidah minar ridwan wal jannah (Segala puji bagi Tuhan semesta alam yang memberi nikmat kepada kami dengan akhir yang terpuji berupa keridhaan dan surga)”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Doa mereka di dalamnya} doa mereka di surga {adalah “Maha suci Engkau, ya Tuhan kami” penghormatan mereka di dalamnya adalah salam, dan doa penutup mereka} doa penutup mereka {adalah “segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

10. “Doa mereka di dalamnya ialah, ‘Subahanakallahumma’, maksudnya ibadah mereka di dalamnya kepada Allah yang pertama adalah tasbih dan menyucikan Allah dari kekurangan, dan yang terakhir adalah tahmid kepada Allah. Beban taklif gugur dari mereka di alam pembalasan. Yang tersisa bagi mereka adalah kenikmatan yang sempurna, yang lebih lezat bagi mereka daripada makanan yang lezat yaitu dzikrullah yang dengannya hati menjadi tenang, dan ruh menjadi bahagia. Ia bagi mereka sama dengan bernafas tanpa usaha dan kesulitan. “Dan,” adapun penghormatan mereka dalam perkara di antara mereka pada saat saling berkunjung dan bertemu adalah salam, yaitu ucapan yang bebas dari dosa dan hal yang tak berguna yang disifati bahwa ia adalah “salam”.
Ada yang menafsirkan Firman Allah, “Doa mereka di dalamnya ialah, ‘Subhanakallahumma’… dan seterusnya,” bahwa jika penduduk Surga menginginkan makanan, minuman dan lain-lain lalu mereka mengucapkan subhanakallahumma, maka ia dihadirkan saat itu juga, jika mereka selesai, maka mereka mengucapkan, “Segala puji hanya bagi Allah Rabb alam semesta.”


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 9-10
Ini merupakan pemberitahuan tentang keadaan orang-orang yang berbahagia, yang beriman kepada Allah dan membenarkan para rasul, serta mengerjakan apa yang diperintahkan kepada mereka; lalu mereka mengerjakan amal shalih, lalu Allah memberi petunjuk kepada mereka karena keimanan mereka.
Huruf “ba’” di sini adalah menunjukkan penyebab. Bentuknya adalah “Karena keimanan mereka di dunia, maka Allah memberi petunjuk kepada mereka pada hari kiamat ke jalan yang lurus sehingga mereka bisa melewatinya dan sampai ke surga. Bisa juga mengandung makna isti'anah, sebagaimana yang dikatakan Mujahid tentang firmanNya: (mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya) dia berkata mereka mempunyai cahaya yang mereka gunakan untuk berjalan.
Firman Allah: (Doa mereka di dalamnya ialah 'Subhanakallahumma', dan salam penghormatan mereka ialah 'Salam'. Dan penutup doa mereka ialah 'Alhamdulillahi Rabbil 'Alamin' (10)) yaitu Demikianlah keadaan penduduk surga.
Ayat ini mirip dengan firmanNya: (Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mukmin itu) pada hari mereka menemui-Nya ialah 'Salam') (Surah Al-Ahzab: 44) dan (Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa (25) tetapi mereka mendengar ucapan salam (26)) (Surah Al-Waqi'ah)
Firman Allah: (Dan penutup doa mereka ialah 'Alhamdulillahi Rabbil 'Alamin') Hal ini mengandung petunjuk bahwa Allah SWT adalah Dzat yang terpuji dan disembah selamanya. Oleh karena itu, Allah memuji DzatNya ketika mulai penciptaan dan melanjutkan makhluk itu pada permulaan dan penurunan kitabNya sebagaimana Allah SWT berfirman: (Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al-Kitab (Al-Qur'an)) (Surah Al-Kahfi: 1) dan (Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi) (Surah Al-An'am: 1) dan keadaan lain yang penjelasannya panjang. Dia adalah Dzat yang terpuji pada permulaan dan akhirnya, dalam kehidupan di dunia dan akhirat di semua keadaan. Oleh karena itu disebutkan dalam hadits,”Sesungguhnya ahli surga mendapat ilham untuk ber­tasbih dan bertahmid sebagaimana mereka mendapat ilham untuk ber­napas” Hal itu terjadi demikian karena nikmat-nikmat Allah atas mereka sehingga ucapan itu berulang-ulang dan ditambah, maka tidak ada habisnya dan batasannya. maka Tidak ada Tuhan dan Rabb selain Dia.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 10: Maksudnya puja dan puji mereka kepada Allah adalah ucapan “Subhaanakallahumma”. Ada pula yang menafsirkan, bahwa permintaan mereka kepada apa yang mereka inginkan di surga adalah dengan mengucapkan, “Subhaanakallahumma,” lalu permintaan mereka langsung ada di hadapan. Setelah selesai, mereka mengucapkan “Al Hamdulillahi Rabbil ‘aalamiin.” Ada pula yang menafsirkan, bahwa ibadah mereka di sana karena Allah, diawali dengan tasbih dan diakhiri dengan tahmid. Ketika itu semua beban telah gugur dari mereka, yang ada adalah kelezatan yang paling sempurna, yang lebih lezat dari makanan yang lezat, yaitu dzikrullah, di mana dengannya hati mereka tenang. Hal itu bagi mereka seperti bernafas tanpa ada beban sedikit pun.

Penghormatan antara sesama mereka ketika bertemu dan berkunjung adalah salam; ucapan yang selamat dari ucapan sia-sia dan dosa.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 10

Sebagai gambaran dari keindahan dan kenyamanan kehidupan di dalam surga adalah setiap kata dan kalimat yang terucap tiada lain hanya pujian atas kebesaran Allah. Doa yang mereka ucapkan di dalamnya ialah, subha'nakalla'humma mahasuci engkau, ya tuhan kami, dan salam penghormatan kepada mereka dari Allah, malaikat dan sesama penghuni surga ialah, sala'm, semoga keselamatan yang sempurna selalu menyertai kamu. Dan penutup doa mereka ialah, al-hamdu lilla'hi rabbil 'a'lamin segala puji bagi Allah tuhan pemelihara seluruh alam. Setelah dijelaskan pada ayat sebelumnya bahwa Allah mahasuci dari segala kekurangan, mahasempurna dengan segala ciptaan-Nya, mahaadil dalam memberikan hukuman atau pahala, lalu dijelaskan pada ayat ini bahwa dia maha terpuji karena tidak segera menghukum orang yang durhaka sebagaimana permintaan mereka agar Allah menyegerakan siksa. Mereka diberi kesempatan untuk kembali kepada tuntunan Al-Qur'an. Dan kalau Allah menyegerakan keburukan, sebagai hukuman atas perbuatan jahat bagi manusia seperti permintaan mereka untuk menyegerakan kebaikan, pasti diakhiri umur mereka, yakni dibinasakan. Namun kami biarkan orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan kami, yakni tidak percaya pada hari kiamat dalam keadaan bingung dan tetap berada di dalam kesesatan mereka sesuai kemauan mereka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penafsiran dari beragam ahli ilmu terhadap isi dan arti surat Yunus ayat 10 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita semua. Sokong usaha kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Banyak Dilihat

Terdapat berbagai konten yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Az-Zalzalah, Al-Isra 23, Ali Imran, At-Takatsur, An-Nur 2, Al-Baqarah 83. Termasuk Al-Ma’idah 2, Al-Baqarah 286, Asy-Syams, Yunus 40-41, Al-Mujadalah 11, Al-Hujurat 12.

  1. Az-Zalzalah
  2. Al-Isra 23
  3. Ali Imran
  4. At-Takatsur
  5. An-Nur 2
  6. Al-Baqarah 83
  7. Al-Ma’idah 2
  8. Al-Baqarah 286
  9. Asy-Syams
  10. Yunus 40-41
  11. Al-Mujadalah 11
  12. Al-Hujurat 12

Pencarian: surah ar ra d ayat 39, at toha, surat 27 ayat 1, attaubah ayat 122, surat 8 ayat 30

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: