Surat Yunus Ayat 38

أَمْ يَقُولُونَ ٱفْتَرَىٰهُ ۖ قُلْ فَأْتُوا۟ بِسُورَةٍ مِّثْلِهِۦ وَٱدْعُوا۟ مَنِ ٱسْتَطَعْتُم مِّن دُونِ ٱللَّهِ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

Arab-Latin: Am yaqụlụnaftarāh, qul fa`tụ bisụratim miṡlihī wad'ụ manistaṭa'tum min dụnillāhi ing kuntum ṣādiqīn

Artinya: Atau (patutkah) mereka mengatakan "Muhammad membuat-buatnya". Katakanlah: "(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang yang benar".

« Yunus 37Yunus 39 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Terkait Surat Yunus Ayat 38

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 38 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran berharga dari ayat ini. Ada variasi penjelasan dari banyak mufassir berkaitan kandungan surat Yunus ayat 38, misalnya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bahkan apakah patut mereka mengatakan ”sesungguhnya al-qur’an ini telah dibuat-buat oleh Muhammad dari dirinya sendiri?, padahal sesungguhnya mereka tahu bahwa Muhammad adalah manusia seperti mereka? katakanlah kepada mereka (wahai rasul), ”maka cobalah kalian datangkan satu surat dari jenis yang serupa dengan al-qur’an ini dari segi nadzomnya dan kekuatan hidayahnya. Dan carilah bantuan untuk itu dengan siapa saja yang dapat kalian kumpulkan selain Allah, dari bangsa manusia dan jin, jika kalian itu orang-orang yang benar dalam pengakuan kalian.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

38. Apakah mereka tetap berada dalam kesesatan seraya berkata: “Apakah Muhammad membuat-buat al-Qur'an ini sendiri?”

Hai Rasulallah, katakanlah kepada mereka: “Jika yang kalian katakan itu benar, maka datangkanlah kepadaku satu surat yang seperti al-Qur'an ini; dan mintalah bantuan dari jin dan manusia sesuka kalian, jika perkataan kalian benar bahwa aku yang membuat al-Qur'an.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

38. Ataukah orang-orang musyrik itu akan berkata, "Sesungguhnya Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- lah yang membuat Al-Qur`ān ini atas inisiatifnya sendiri dan menisbahkannya kepada Allah." Katakanlah -wahai Rasul- sebagai jawaban kepada mereka, "Jika memang aku yang telah membuat Al-Qur`ān ini atas inisiatifku sendiri, sedangkan aku adalah manusia biasa seperti kalian, cobalah kalian membuat satu surah saja yang sebanding dengannya. Dan ajaklah siapa saja yang bisa kalian ajak untuk membantu kalian, jika kalian sungguh-sungguh dengan tuduhan kalian bahwa Al-Qur`ān ini adalah buatan manusia dan sesuatu yang dusta. Kalian pasti tidak akan bisa membuatnya. Dan ketidakmampuan kalian itu -sedangkan kalian adalah ahli bahasa dan sastra yang hebat- menunjukkan bahwa Al-Qur`ān itu benar-benar diturunkan dari sisi Allah.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

38. قُلْ فَأْتُوا۟ بِسُورَةٍ مِّثْلِهِۦ (Katakanlah: “maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya)
Dalam kefasihan dan keindahannya; dan kalian memiliki pengetahuan yang sama denganku dalam bahasa Arab dan kefasihan ucapan.

وَادْعُوا۟( dan panggillah)
Orang-orang yang membantu dan menolong kalian.

مَنِ اسْتَطَعْتُم(siapa-siapa yang dapat kamu panggil)
Dari suku-suku Arab yang lain dan berhala-berhala yang kalian jadikan sekutu untuk membantu kalian.

إِن كُنتُمْ صٰدِقِينَ (jika kamu orang yang benar)
Dalam pengakuan kalian bahwa al-Qur’an ini merupakan kebohongan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

38 Patutkah mereka mengatakan “Muhammad hanyalah membuat-buat”. Katakanlah wahai Nabi: “Kalau benar yang kamu katakan itu bahwa aku hanya membuat-buat, maka coba buatlah sebuah surat saja yang sepadan. Panggillah siapapun yang dapat kamu mintai pertolongan selain Allah, jika kamu memang orang yang benar bahwa Alquran adalah kebohongan dariku”.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ataukah mereka berkata} atau mereka berkata {Dia telah membuat-buat itu} Muhammad telah membuat-buat Al-Qur’an dari dirinya sendiri {Katakanlah,“Buatlah satu surah yang serupa dengannya dan ajaklah siapa saja yang dapat kalian (ajak) selain Allah, jika kalian orang-orang yang benar.”


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

38. “Atau (patutkah) mereka mengatakan”, yakni orang-orang yang mendustakannya dengan kesombongan dan penentangan, “Muhammad membuat-buatnya”, dengan berdusta atas nama Allah. “Katakanlah”, dengan menyuruh sesuatu kepada mereka, jika mereka mampu maka apaa yang mereka klaim itu memungkinkan, jika tidak maka ucapan mereka adalah kebatilan. “(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar”, yang membantumu menghadirkan satu surat yang sama dengannya. Ini mustahil, kalau mungkin tentulah mereka telah menyatakan mampu melakukan itu dan tentulah mereka mengahirkan sepertinya, akan tetapi ketika ketidakmampuan mereka terbukti, maka terbuktilah bahwa yang mereka katakan itu adalah batil tanpa berdasar sama sekali.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 37-40
Ini menjelaskan mukjizat Al-Qur'an, bahwa tidak ada manusia pun yang mampu membuat hal yang serupa dengan Al Qur'an, tidak pula dengan sepuluh surah, dan satu surah darinya, karena dengan kefasihan bahasa, retorika, keringkasan, keindahan, dan cakupannya atas makna-makna yang berharga dan bermanfaat di dunia dan akhirat, maka itu tidak lain kecuali dari sisi Allah, yang tidak ada sesuatu pun serupa dengan Dzat, sifat, perbuatan, dan firmanNya. Maka firman Allah tidak serupa dengan ucapan makhluk. Oleh karena Allah SWT berfirman: (Tidaklah mungkin Al-Qur'an ini dibuat-buat oleh selain Allah) yaitu serupa dengan Al-Qur'an ini tidak layak kecuali dari sisi Allah, dan ucapan manusia (akan tetapi (Al-Qur'an itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya) yaitu kitab-kitab sebelumnya, menerangkan dan menjelaskannya apa yang terkandung di dalam kitab-kitab itu tentang perubahan, penafsiran, dan penggantian pada kitab tersebut dan fIrman Allah SWT (dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam) yaitu penjelasan tentang hukum-hukum, halal dan haram dengan penjelasan yang memuaskan, cukup, dan benar, tidak ada keraguan padanya dari sisi Allah Tuhan alam semesta.
Firman Allah: (Atau (patutkah) mereka mengatakan, "Muhammad membuat-buatnya.” Katakanlah, "(Kalau benar yang kalian katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kalian panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kalian orang-orang yang benar” (38)) yaitu jika kalian menuduh, membuat-buat, dan meragukan bahwa Al-Qur'an ini dari sisi Allah; dan kalian mengatakan dusta,”Ini dari Muhammad sendiri. dan dia itu adalah manusia, sama seperti kalian” Jika kalian datang dengan apa yang kalian sangkakan terhadap Al-Qur’an, maka datangkanlah surah yang serupa dengannya, yaitu sejenis dengan Al-Qur'an, dan minta tolonglah dalam hal itu kepada semua orang yang mampu kalian mintai pertolongan dari kalangan manusia dan jin.
Firman Allah: (Yang sebenarnya mereka mendustakan apa yang mereka belum mengetahuinya dengan sempurna, padahal belum datang kepada mereka penjelasannya) yaitu bahkan mereka mendustakan Al-Qur'an, tidak memahaminya, dan tidak mengenalinya (padahal belum datang kepada mereka penjelasannya) yaitu mereka masih tidak memahami petunjuk dan agama yang benar di dalamnya sampai mereka mendustakannya karena ketidaktahuan dan kebodohan mereka (Demikianlah orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (rasul)) yaitu umat-umat yang terdahulu (Maka perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang zalim itu) yaitu lihatlah bagaimana Kami membinasakan mereka karena mendustakan para rasul Kami dengan zalim, angkuh, kafir, membangkang, dan bodoh. Maka waspadalah, wahai orang-orang yang mendustakan, kalian pasti ditimpa sesuatu yang telah menimpa mereka.
Firman Allah: (Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al-Qur'an) yaitu di antara mereka yang kamu diutus kepada mereka, wahai Muhammad, ada orang-orang yang beriman kepada Al-Qur'an ini dan mengikutimu serta mengambil manfaat dari risalah yang kamu sampaikan. (dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya) Bahkan mati dalam hal itu dan akan dibangkitkan dalam keadaan itu juga (Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan) yaitu Dia lebih mengetahui siapa yang layak mendapat petunjuk, lalu Dia memberinya petunjuk; dan siapa yang layak tersesat, lalu Dia menyesat­kannya. Dia adalah Dzat yang Maha Adil dan tidak berbuat aniaya, bahkan Dia memberi kepada masing-masingnya sesuai dengan apa yang kayak baginya. Maha Tinggi dan Maha Suci Allah, tidak ada Tuhan selain Dia.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 38: Kepada mereka yang mendustakan itu jika memang Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam yang membuatnya.

Karena kalian adalah orang-orang Arab yang fasih bicara.

Dalam dakwaanmu bahwa Al Qur’an buatan Muhammad. Tentu kamu tidak akan sanggup.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 38

Muhammad, buatlah sebuah surah yang semisal dengan surah Al-Qur'an, dan ajaklah siapa saja di antara kamu orang yang mampu membuatnya selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar dalam tuduhan itu. Orang-orang musyrik menolak kebenaran Al-Qur'an bukan karena mereka tidak tahu kebenaran itu, tetapi antara lain karena keangkuhan mereka. Bahkan yang sebenarnya terjadi adalah mereka mendustakan apa yang mereka belum mengetahuinya dengan sempurna dan belum mereka peroleh penjelasannya. Sebagaimana orang-orang kafir makkah mendustakan Al-Qur'an, demikianlah halnya umat-umat yang ada sebelum mereka telah mendustakan rasul-rasul dan bukti-bukti kebenaran yang mereka bawa. Maka perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang zalim. Allah menghukum mereka dengan siksaan di dunia sesuai dengan kezaliman mereka dan kelak di akhirat akan disiksa di dalam neraka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penafsiran dari para mufassir terhadap kandungan dan arti surat Yunus ayat 38 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk kita bersama. Bantulah syi'ar kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Tersering Dikaji

Tersedia berbagai materi yang tersering dikaji, seperti surat/ayat: Asy-Syams, Az-Zalzalah, An-Nur 2, Al-Isra 23, Al-Mujadalah 11, Ali Imran. Termasuk Yunus 40-41, Al-Ma’idah 2, Al-Hujurat 12, Al-Baqarah 286, Al-Baqarah 83, At-Takatsur.

  1. Asy-Syams
  2. Az-Zalzalah
  3. An-Nur 2
  4. Al-Isra 23
  5. Al-Mujadalah 11
  6. Ali Imran
  7. Yunus 40-41
  8. Al-Ma’idah 2
  9. Al-Hujurat 12
  10. Al-Baqarah 286
  11. Al-Baqarah 83
  12. At-Takatsur

Pencarian: bacaan ayat 7 dan artinya, al jumuah ayat 9 latin, surat al anbiya ayat 83-84 latin, surat al maidah ayat 6 latin dan artinya, al adiyat ayat 8

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: