Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 38

أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ ۖ قُلْ فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِثْلِهِ وَادْعُوا مَنِ اسْتَطَعْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Arab-Latin: Am yaqụlụnaftarāh, qul fa`tụ bisụratim miṡlihī wad'ụ manistaṭa'tum min dụnillāhi ing kuntum ṣādiqīn

Terjemah Arti: Atau (patutkah) mereka mengatakan "Muhammad membuat-buatnya". Katakanlah: "(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang yang benar".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Bahkan apakah patut mereka mengatakan ”sesungguhnya al-qur’an ini telah dibuat-buat oleh Muhammad dari dirinya sendiri?, padahal sesungguhnya mereka tahu bahwa Muhammad adalah manusia seperti mereka? katakanlah kepada mereka (wahai rasul), ”maka cobalah kalian datangkan satu surat dari jenis yang serupa dengan al-qur’an ini dari segi nadzomnya dan kekuatan hidayahnya. Dan carilah bantuan untuk itu dengan siapa saja yang dapat kalian kumpulkan selain Allah, dari bangsa manusia dan jin, jika kalian itu orang-orang yang benar dalam pengakuan kalian.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

38. Ataukah orang-orang musyrik itu akan berkata, "Sesungguhnya Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- lah yang membuat Al-Qur`ān ini atas inisiatifnya sendiri dan menisbahkannya kepada Allah." Katakanlah -wahai Rasul- sebagai jawaban kepada mereka, "Jika memang aku yang telah membuat Al-Qur`ān ini atas inisiatifku sendiri, sedangkan aku adalah manusia biasa seperti kalian, cobalah kalian membuat satu surah saja yang sebanding dengannya. Dan ajaklah siapa saja yang bisa kalian ajak untuk membantu kalian, jika kalian sungguh-sungguh dengan tuduhan kalian bahwa Al-Qur`ān ini adalah buatan manusia dan sesuatu yang dusta. Kalian pasti tidak akan bisa membuatnya. Dan ketidakmampuan kalian itu -sedangkan kalian adalah ahli bahasa dan sastra yang hebat- menunjukkan bahwa Al-Qur`ān itu benar-benar diturunkan dari sisi Allah.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

38. قُلْ فَأْتُوا۟ بِسُورَةٍ مِّثْلِهِۦ (Katakanlah: “maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya)
Dalam kefasihan dan keindahannya; dan kalian memiliki pengetahuan yang sama denganku dalam bahasa Arab dan kefasihan ucapan.

وَادْعُوا۟( dan panggillah)
Orang-orang yang membantu dan menolong kalian.

مَنِ اسْتَطَعْتُم(siapa-siapa yang dapat kamu panggil)
Dari suku-suku Arab yang lain dan berhala-berhala yang kalian jadikan sekutu untuk membantu kalian.

إِن كُنتُمْ صٰدِقِينَ (jika kamu orang yang benar)
Dalam pengakuan kalian bahwa al-Qur’an ini merupakan kebohongan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

38 Patutkah mereka mengatakan “Muhammad hanyalah membuat-buat”. Katakanlah wahai Nabi: “Kalau benar yang kamu katakan itu bahwa aku hanya membuat-buat, maka coba buatlah sebuah surat saja yang sepadan. Panggillah siapapun yang dapat kamu mintai pertolongan selain Allah, jika kamu memang orang yang benar bahwa Alquran adalah kebohongan dariku”.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Kepada mereka yang mendustakan itu jika memang Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam yang membuatnya.

Karena kalian adalah orang-orang Arab yang fasih bicara.

Dalam dakwaanmu bahwa Al Qur’an buatan Muhammad. Tentu kamu tidak akan sanggup.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Muhammad, buatlah sebuah surah yang semisal dengan surah Al-Qur'an, dan ajaklah siapa saja di antara kamu orang yang mampu membuatnya selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar dalam tuduhan itu. Orang-orang musyrik menolak kebenaran Al-Qur'an bukan karena mereka tidak tahu kebenaran itu, tetapi antara lain karena keangkuhan mereka. Bahkan yang sebenarnya terjadi adalah mereka mendustakan apa yang mereka belum mengetahuinya dengan sempurna dan belum mereka peroleh penjelasannya. Sebagaimana orang-orang kafir makkah mendustakan Al-Qur'an, demikianlah halnya umat-umat yang ada sebelum mereka telah mendustakan rasul-rasul dan bukti-bukti kebenaran yang mereka bawa. Maka perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang zalim. Allah menghukum mereka dengan siksaan di dunia sesuai dengan kezaliman mereka dan kelak di akhirat akan disiksa di dalam neraka.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 39 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 40 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 41, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 42, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 43, Makna Surat Yunus Ayat 44

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!