Surat Yunus Ayat 33

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

كَذَٰلِكَ حَقَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ عَلَى ٱلَّذِينَ فَسَقُوٓا۟ أَنَّهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

Arab-Latin: Każālika ḥaqqat kalimatu rabbika 'alallażīna fasaqū annahum lā yu`minụn

Artinya: Demikianlah telah tetap hukuman Tuhanmu terhadap orang-orang yang fasik, karena sesungguhnya mereka tidak beriman.

« Yunus 32Yunus 34 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Terkait Dengan Surat Yunus Ayat 33

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 33 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai hikmah penting dari ayat ini. Tersedia berbagai penjabaran dari banyak pakar tafsir mengenai isi surat Yunus ayat 33, sebagiannya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sebagaimana orang-orang musyrik telah kafir dan terus-menerus dalam kesyirikan mereka, telah pasti pula ketetapan Tuhanmu dan hukum serta ketentuaNya pada orang-orang yang keluar dari jalan ketaatan kepada tuhan mereka menuju maksiat kepadaNya dan mereka kafir kepadaNya, kerena sesungguhnya mereka itu tidak mengimani keesaan Allah, kenabian NabiNya, Muhammad dan tidak melaksanakan petunjuknya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

33. Sebagaimana hak Allah untuk disembah tanpa disekututkan dengan yang lain, ditetapkan kalimat Tuhanmu tentang azab bagi orang-orang yang enggan mentaati Allah, kerena mereka tidak mengimani keesaan Allah dan risalah Rasulullah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

33. Sebagaimana sifat rububiyah yang sejati dipastikan untuk Allah begitu juga kalimah Tuhanmu -wahai Rasul- yang terkait dengan takdir-Nya pun dipastikan untuk orang-orang yang menyimpang dari kebenaran secara terang-terangan, bahwasanya mereka tidak beriman.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

33. كَذٰلِكَ حَقَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ (Demikianlah telah tetap hukuman Tuhanmu)
Yakni hukum dan ketetapan-Nya.

عَلَى الَّذِينَ فَسَقُوٓا۟( terhadap orang-orang yang fasik)
Yakni orang-orang yang keluar dari kebenaran menuju kebatilan, dan terus menerus dalam kekafiran karena kedurhakaan dan keangkuhan mereka.

أَنَّهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ(karena sesungguhnya mereka tidak beriman)
Ini merupakan kalimat yang layak mereka dapatkan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

33 Sebagaimana mereka berpaling dari iman menuju kesesatan, maka telah ditetapkan hukuman Tuhanmu terhadap orang-orang yang fasik yang telah keluar dari jalan kebenaran dan keimanan menuju kebatilan dan kekufuran, bahwa sesungguhnya mereka tidak akan beriman selamanya, sebab mereka telah membangkang dan tidak mau mentadaburi berbagai bukti kebenaran pada setiap ciptaan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Demikianlah telah pasti} telah berlaku {ketentuan Tuhanmu} hukum Tuhanmu yang sebelumnya {terhadap orang-orang yang berbuat fasik} tidak taat {sesungguhnya mereka tidak beriman


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

33. Celakalah orang yang menyekutukan sesuatu denganNya. Binasalah orang yang kafir kepadaNya, mereka kehilangan akal setelah kehilangan agama, bahkan kehilangan dunia dan akhiratNya. Oleh karena itu, Allah berfirman, “Demikianlah telah tetap kalimat (hukuman) Rabbmu terhadap orang-orang yang fasik, karena sesungguhnya mereka tidak beriman”, setelah Allah menunjukkan kepada mereka ayat-ayat yang jelas dan bukti-bukti yang gamblang yang cukup menjadi pelajaran bagi ulil albab, nasihat bagi orang-orang yang bertakwa dan petunjukk bagi alam semesta.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 31-33
Allah SWT menyampaikan hujjah terhadap orang-orang musyrik tentang pengakuan mereka mengakui tentang keesaan dan ketuhananNya. Allah SWT berfirman: (Katakanlah, "Siapakah yang memberi rezeki kepada kalian dari langit dan bumi") yaitu siapakah yang menurunkan hujan dari langit dan menumbuhkan tanam-tanaman dari bumi, dengan kekuasaan dan kehendakNya, maka keluarlah darinya biji-bijian itu (dan anggur dan sayur-sayuran (28) dan zaitun dan pohon kurma (29) dan kebun-kebun (yang) rindang (30) dan buah-buahan serta rerumputan (31)) (Surah Abasa) (apakah ada Tuhan selain Allah?) (Surah An-Naml: 60) (Maka mereka akan menjawab) firmanNya (atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan) yaitu Dzat yang memberi kalian kekuatan pendengaran dan penglihatan ini, jika Dia berkehendak maka Dia melenyapkannya dan mencabutnya dari kalian, sebagaimana Allah SWT berfirman (Katakanlah, “Dialah yang menciptakan kamu dan menjadikan pendengaran, penglihatan) (Surah Al Mulk- 23)
Firman Allah: (dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup) yaitu kekuasaanNya Yang Maha Besar dan karuniaNya yang menyeluruh. Telah disebutkan penyebutan perbedaan pendapat tentang hal itu dan bahwa ayat ini mencakup semuanya.
Firman Allah: (dan siapakah yang mengatur segala urusan) yaitu siapakah yang memiliki kekuasaan atas segala sesuatu, Dia memberi perlindungan, dan tidak dilindungi. Dialah Dzat yang mengatur dan memberi keputusan yang ada yang menghalangi hukum­Nya, dan tidak ada yang menanyakan tentang apa yang Dia perbuat, sedangkan mereka akan dimintai pertanggungjawabannya? (Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan (29)) (Surah Ar-Rahman) Seluruh alam baik di atas maupun di bawah serta apa yang ada pada keduanya dari kalangan malaikat, manusia, dan jin sangat membutuhkanNya, sebagai hamba-hambaNya dan tunduk kepadaNya (Maka mereka pasti menjawab, "Allah") yaitu mereka mengetahui hal tersebut dan mengakuinya (Maka apakah kalian tidak bertakwa (kepada-Nya)) yaitu apakah kalian tidak takut kepada Allah jika kalian menyembah bersamaNya dengan selainNya berdasarkan pendapat kalian yang bodoh?
Firman Allah SWT: (Maka (Dzat yang demikian) itulah Allah, Tuhan kalian yang sebenarnya) yaitu inilah Dzat yang kalian akui sebagai Dzat yang melakukan semua itu, Dialah Rabb dan Tuhan kalian yang sebenarnya yang berhak diesakan dalam peribadatan. (maka tidak ada sesudah kebenaran itu, melainkan kesesatan) yaitu setiap yang disembah selain Dia itu bathil, tidak ada Tuhan selain Dia, Dzat yang Maha Esa tidak ada sekutu bagiNya (bagaimanakah kalian dipalingkan (dari kebenaran)?) yaitu bagaimana bisa kalian dipalingkan dari menyembahNya, lalu kalian menyembah sesuatu selain Dia, padahal kalian mengetahui bahwa Dia adalah Tuhan yang menciptakan dan mengatur segala sesuatu?
Firman Allah: (Demikianlah telah tetap hukuman Tuhanmu terhadap orang-orang yang fasik). yaitu sebagaimana telah kafir orang-orang musyrik dan terus dalam menyekutukan dan menyembah hal lain bersama Allah, padahal mereka mengakui bahwa Allah adalah Dzat yang menciptakan, memberi rezeki, dan mengatur alam semesta. Hanya Dia yang mengutus para rasulNya dengan membawa ajaran tauhid. Oleh karena itu pasti atas mereka ketetapan Allah, bahwa mereka adalah orang-orang yang celaka dan penghuni neraka. sebagaimana firmanNya: (Mereka menjawab, "Benar (telah datang).” Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir) (Surah Az-Zumar: 71)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 33: Sebagaimana mereka dipalingkan dari keimanan.

Yaitu firman-Nya, “La amla’anna jahannam minal jinnati wan naasi ajma’iin.” (artinya: Aku pasti akan memenuhi neraka Jahanam dengan jin dan manusia (yang durhaka) semuanya) terj. surat Huud: 119, atau firmannya, “Annahum laa yu’minuun,” (lihat ayat di atas).

Yakni orang-orang yang kafir.

Setelah sebelumnya Allah menunjukkan kepada mereka ayat-ayat yang nyata dan keterangan yang jelas, yang di sana terdapat pelajaran bagi orang-orang yang berakal, nasehat bagi orang-orang yang bertakwa dan petunjuk bagi seluruh alam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 33

Meskipun orang-orang kafir mengakui bahwa Allah pencipta dan pengatur alam raya, namun mereka tetap saja ingkar, sehingga Allah menghukum mereka. Demikianlah telah tetap hukuman tuhanmu terhadap orang-orang yang fasik, yakni keluar dari ketaatan dan tuntunan agama, karena sesungguhnya mereka terus menerus tidak beriman. Selanjutnya Allah memerintahkan kepada nabi Muhammad, katakanlah, kepada orang-orang kafir adakah di antara sembahan yang kamu jadikan sekutu Allah itu yang dapat memulai penciptaan makhluk, kemudian mengulanginya, yakni menghidupkannya kembali' jawabannya pasti tidak ada. Karena itu katakanlah, wahai nabi Muhammad Allah yang memulai penciptaan makhluk, kemudian mengulanginya, yakni menghidupkannya kembali pada waktu yang sudah ditetapkannya sesuai kehendak-Nya. Maka bagaimana kamu dipalingkan oleh kebohongan dan hawa nafsu, sehingga menyembah selain Allah'


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penafsiran dari berbagai pakar tafsir mengenai kandungan dan arti surat Yunus ayat 33 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita. Support usaha kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dibaca

Terdapat ratusan konten yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 216, Luqman 13-14, Ali ‘Imran 191, Ali ‘Imran 104, Al-Fatihah 1, Al-A’raf. Ada pula Assalaamualaikum, Al-Baqarah 284-286, Al-Fatihah 7, Yunus 41, Al-Fatihah 2, Yasin 40.

  1. Al-Baqarah 216
  2. Luqman 13-14
  3. Ali ‘Imran 191
  4. Ali ‘Imran 104
  5. Al-Fatihah 1
  6. Al-A’raf
  7. Assalaamualaikum
  8. Al-Baqarah 284-286
  9. Al-Fatihah 7
  10. Yunus 41
  11. Al-Fatihah 2
  12. Yasin 40

Pencarian: qs as saffat, surat at-tariq, surat 1, surah alhajj, makna at taubah ayat 105

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: