Surat Al-A’raf Ayat 182

وَٱلَّذِينَ كَذَّبُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا سَنَسْتَدْرِجُهُم مِّنْ حَيْثُ لَا يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Wallażīna każżabụ bi`āyātinā sanastadrijuhum min ḥaiṡu lā ya'lamụn

Artinya: Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangaur-angsur (ke arah kebinasaan), dengan cara yang tidak mereka ketahui.

« Al-A'raf 181Al-A'raf 183 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Tentang Surat Al-A’raf Ayat 182

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 182 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan berharga dari ayat ini. Didapati beraneka penafsiran dari banyak mufassirun berkaitan isi surat Al-A’raf ayat 182, antara lain sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami lalu mereka mengingkarinya, dan tidak mengambilnya sebagai pelajaran,maka Kami akan membukakan bagi mereka pintu-pintu rizki dan berbagai macam jenis sumber penghidupan di dunia sebagai istidraj (penguluran waktu semata) bagi mereka,sehingga mereka terpedaya dengan keadaan mereka dan meyakini bahwa mereka berada di atas kebenaran, kemudian kami akan menyiksa mereka secara tiba-tiba di esok hari sedang mereka dalam keadaan tidak menyadarinya. Ini adalah siksaan dari Allah atas tindak pendustaan terhadap hujjah-hujjah Allah dan ayat-ayatNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

182. Kemudian Allah menjelaskan keadaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat yang menunjukkan kebenaran petunjuk Nabi Muhammad dengan menolak mengimaninya, bahwa Allah akan membiarkan mereka sejenak dan menjerumuskan mereka ke dalam kebinasaan secara pelan-pelan; siksaan mereka akan dilipatgandakan dengan kenikmatan yang telah mereka dapatkan, hingga mereka akan dibinasakan secara tiba-tiba dari arah yang tidak mereka sangka. Allah memperlakukan ini kepada mereka sebagai istidraj.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

182. Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan tidak beriman kepadanya, melainkan ingkar kepadanya, Kami akan buka untuk mereka pintu-pintu rezeki, bukan untuk memuliakan mereka, tetapi untuk mengelabui mereka agar mereka terus melanjutkan kesesatan yang tengah mereka jalani, kemudian azab Kami akan menimpa di saat mereka lengah.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

182. سَنَسْتَدْرِجُهُم (nanti Kami akan menarik mereka dengan berangaur-angsur (ke arah kebinasaan))
Istidraj yakni siksaan dengan berangsur-angsur tahap demi tahap. Yaitu dengan menjadikan mereka dalam gelimang kenikmatan dan menjadikan mereka lalai untuk bersyukur sehingga mereka benar-benar dalam kesesatan dan jauh dari jalan hidayah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

182 Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami (Alquran), dari golongan penduduk Makkah dan lainnya, nanti Kami akan tarik mereka menuju kebinasaan dengan berangsur-angsur, dengan cara yang tidak mereka ketahui. Istidraj adalah pemberian secara perlahan-lahan dalam kenikmatan dan tanpa ada rasa syukur dengan maksud menuntun ke arah kebinasaan,


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami akan Kami membuat mereka berangsur-angsur} membuat mereka berangsur-angsur tingkatan demi tingkatan menuju kebinasaan {dari arah yang tidak mereka ketahui


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

182 yakni dan orang orang yang mendustakan ayat ayat Allah yang menunjukan kebenaran hidayah yang dibawa oleh Muhammad lalu mereka menolaknya dan tidak menerimanya. ”nanti kami akan menarik mereka dengan berangsur angsur (kearah kebinasaan) dengan cara yang tidak mereka ketahui” yakni dengan mengucurkan rizki kepada mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 182-183
Firman Allah SWT: (Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan) dengan cara yang tidak mereka ketahui (182) yaitu, Allah membukakan bagi mereka pintu-pintu rezeki dan semua kebutuhan penghidupan di dunia, sehingga mereka teperdaya dengan apa yang sedang mereka terima, dan mereka yakin bahwa mereka mempunyai sesuatu. Sebagaimana Allah berfirman: (Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka. Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa (44) Maka orang-orang yang zalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (45)) (Al-An'am: 44-45) Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan Aku memberi tangguh kepada mereka) yaitu Aku akan menangguhkan mereka, yaitu Aku memperpanjang masa mereka pada hal itu (Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh) yaitu sangat kuat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 182: Dengan memperbanyak rezeki mereka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 182

Dan sebaliknya, orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami, baik berupa ayat-ayat Al-Qur'an, maupun mukjizat para nabi atau buktibukti keesaan dan kekuasaan Allah yang terhampar, akan kami biarkan mereka berangsur-angsur, setahap demi setahap, menuju ke arah kebinasaan, hingga mencapai tahap maksimal. Di saat tingkat kekayaan dan kesenangan dunia telah membuat mereka lupa daratan, maka mereka akan sangat terkejut ketika kebinasaan itu datang dengan cara yang tidak mereka ketahui, dan aku akan memberikan tenggang waktu berupa kesempatan hidup yang cukup, atau menangguhkan siksa dengan menganugerahkan kenikmatan kepada mereka yang menjadikan mereka lupa daratan, tanpa melupakan kejahatan-kejahatan yang mereka lakukan. Sungguh, rencana-ku yang pada lahirnya adalah kenikmatan untuk mereka, tetapi tujuannya adalah kebinasaan, sangat teguh, tidak satu pun yang dapat membatalkannya dan akan sangat menyakitkan mereka, sesuai dengan kadar kejahatan yang mereka lakukan


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penjabaran dari banyak mufassirun terkait kandungan dan arti surat Al-A’raf ayat 182 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita semua. Bantu perjuangan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Sering Dibaca

Baca banyak halaman yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 159, Al-Insyirah, Al-Fath, Al-Baqarah 183, Yusuf 4, Inna Lillahi. Ada juga At-Tin, Al-Ma’un, Alhamdulillah, Al-Bayyinah, Al-Fil, Al-‘Alaq.

  1. Ali ‘Imran 159
  2. Al-Insyirah
  3. Al-Fath
  4. Al-Baqarah 183
  5. Yusuf 4
  6. Inna Lillahi
  7. At-Tin
  8. Al-Ma’un
  9. Alhamdulillah
  10. Al-Bayyinah
  11. Al-Fil
  12. Al-‘Alaq

Pencarian: surah al alaq dan artinya, al quran yasin, kun fayakun arab, al alaa, arti al mujadalah ayat 11

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.