Surat Al-A’raf Ayat 13

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالَ فَٱهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُونُ لَكَ أَن تَتَكَبَّرَ فِيهَا فَٱخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ ٱلصَّٰغِرِينَ

Arab-Latin: Qāla fahbiṭ min-hā fa mā yakụnu laka an tatakabbara fīhā fakhruj innaka minaṣ-ṣāgirīn

Artinya: Allah berfirman: "Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina".

« Al-A'raf 12Al-A'raf 14 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Dengan Surat Al-A’raf Ayat 13

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 13 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan penting dari ayat ini. Terdokumentasikan beragam penafsiran dari berbagai mufassirun berkaitan makna surat Al-A’raf ayat 13, misalnya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Allah berfirman kepada iblis, ”turunlah kamu dari surga! Kamu tidak pantas untuk menyombongkan diri di dalamnya. Keluarlah dari surga! Sesungguhnya Kamu termasuk makhluk yang hina dan nista. ”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

13. Allah berfirman kepada Iblis, “Turunlah kamu dari Surga! Karena kamu tidak berhak bersikap sombong di dalam Surga. Surga adalah tempat tinggal bagi orang-orang yang baik dan bersih. Maka kamu tidak boleh tinggal di Surga. Sesungguhnya kamu -wahai Iblis- termasuk golongan orang-orang yang rendah dan hina, meskipun kamu merasa bahwa dirimu lebih mulia dari Adam.”


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

13. قَالَ فَاهْبِطْ مِنْهَا (Allah berfirman: “Turunlah kamu dari surga itu)
Yakni turun dari langit yang merupakan tempat bagi para makhluk-makhluk yang taat seperti malaikat yang tidak mendurhakai perintah Allah, menuju bumi sebagai tempat makhluk-makhluk yang taat dan yang bermaksiat.

فَمَا يَكُونُ لَكَ أَن تَتَكَبَّرَ فِيهَا (karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya)
Karena langit tidak layak bagi makhluk yang angkuh dan durhaka terhadap perintah Tuhannya seperti kamu.

فَاخْرُجْ(maka keluarlah)
Yakni dari surga.

إِنَّكَ مِنَ الصّٰغِرِينَ (sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina)
Yakni termasuk makhluk yang hina dan tercela di hadapan Allah dan para hamba-Nya yang shalih sebagai balasan atas kesombonganmu. Dan setiap orang yang berhias dengan sifat kesombongan maka ia akan diliputi dengan kehinaan dan kerendahan, dan barangsiapa yang berhias dengan sifat kerendahan hati maka ia akan diangkat derajatnya oleh Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

13. Allah berfirman kepada Iblis: “Maka turunlah dari surga tempat kamu diciptakan. Tidak selayaknya dan tidak sepatutnya kamu sombong di dalamnya dan mengingkari perintahKu, maka keluarlah dari sana. Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina dan rendah sebagai balasan atas kesombonganmu”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Allah berfirman,“Turunlah kamu dari sana} dari surga {kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya} di surga {Keluarlah! Sesungguhnya kamu termasuk makhluk yang hina.”} yang hina dan rendah


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


13. oleh karena itu, manakala terjadi penentangan dari iblis, maka dia terdegrasi ke derajat yang paling rendah. Allah berfirman kepadanya, turunlah kamu “dari surganya” yakni dari surge. ”karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri didalamnya” karena ia adalah rumah orang-orang yang baik lagi suci, maka ia tidak layak dihuni oleh makhluk yang paling buruk dan paling jahat. ”maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina” yakni termasuk orang-orang yang hina dina sebagai balasan atas kesombongan dan ujubnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 13-15
Allah SWT berfirman seraya berbicara kepada iblis tentang perkara yang bersifat takdir: (Turunlah kamu dari surga itu!) yaitu karena kedurhakaanmu terhadap perintahKu dan penyimpanganmu dari ketaatan kepadaKu. Jadi tidak layak bagimu untuk bersikap sombong di sana.
Kebanyakan mufasir berkata bahwa “dhamir” itu kembali merujuk kepada surga. Bisa juga merujuk kepada kedudukan yang ditempati oleh iblis di kerajaan langit yang tertinggi. (maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina) yaitu dalam keadaan hina dan rendah, sebagai perlakuan baginya kebalikan dari apa yang dia yakini, dan balasan dari pengakuannya, yaitu mendapatkan kebalikannya. Lalu ketika itu iblis yang dilaknat itu menyadari dan dia meminta masa tangguh sampai hari kiamat, dia berkata: (Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan (14) Allah berfirman, "Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh” (15)) Allah mengabulkan apa yang dia minta karena di dalamnya terdapat hikmah, keinginan, dan kehendakNya yang tidak dapat ditentang, dan dicegah, serta tidak ada yang bisa menghalangi keputusanNya, dan Dia itu Maha Cepat perhitunganNya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 13: Derajatnya yang sebelumnya tinggi menjadi turun, bahkan sangat rendah sekali akibat kesombongan dan ujubnya.

Karena surga merupakan tempat orang-orang yang baik, tidak layak untuk orang-orang yang buruk.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 13

Ucapan iblis ini merupakan cerminan keangkuhan dan kesombongannya. Menanggapi kedurhakaan dan sikap iblis, Allah langsung menyuruhnya keluar dari surga. Allah berfirman, maka karena kesombongan dan pembangkanganmu, turunlah kamu darinya, yakni dari dalam surga, karena apa pun alasanmu kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya. Keluarlah kamu dari surga ini, karena sesung-guhnya kamu termasuk makhluk yang hina. Ketika iblis memproklamasikan diri sebagai musuh Allah dan nabi adam serta keturunannya, ia meminta agar Allah menangguhkan usianya sampai hari kiamat. Iblis menjawab perintah Allah untuk keluar dari dalam surga, berilah aku penangguhan waktu, panjangkanlah usia-ku, dan janganlah engkau wafatkan aku sampai hari kiamat, yaitu hari ketika mereka, semua manusia, dibangkitkan agar aku dapat menyesatkan adam dan keturunannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah sekumpulan penjabaran dari banyak ulama tafsir mengenai makna dan arti surat Al-A’raf ayat 13 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita semua. Bantulah syi'ar kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Banyak Dibaca

Kami memiliki berbagai konten yang paling banyak dibaca, seperti surat/ayat: Ar-Ra’d 11, Luqman 14, Al-Maidah, Al-Baqarah 153, Al-Baqarah 185, Juz al-Qur’an. Juga Al-Balad, Al-‘Adiyat, Al-Insyirah 5-6, Al-Fajr, Ali Imran 190-191, Al-An’am.

  1. Ar-Ra’d 11
  2. Luqman 14
  3. Al-Maidah
  4. Al-Baqarah 153
  5. Al-Baqarah 185
  6. Juz al-Qur’an
  7. Al-Balad
  8. Al-‘Adiyat
  9. Al-Insyirah 5-6
  10. Al-Fajr
  11. Ali Imran 190-191
  12. Al-An’am

Pencarian: al maidah ayat 18, surah terakhir al baqarah, ayat ayat mutasyabihat, arti surah al lahab, an nisa surat ke

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: