Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 14

قَالَ أَنْظِرْنِي إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

Arab-Latin: Qāla anẓirnī ilā yaumi yub'aṡụn

Terjemah Arti: Iblis menjawab: "Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Iblis berkata kepada Allah , ketika telah putus asa dari rahamat Allah, ”berilah aku kesempatan sampai hari kebangkitan, dan hal itu bertujuan agar aku bisa menyesatkan siapa saja yang dapat aku sesatkan dari keturunan Adam. ”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

14. Iblis menjawab, “Wahai Rabbku! Berilah aku kesempatan hidup sampai hari Kiamat agar aku bisa menyesatkan manusia yang bisa kusesatkan.”

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

14. قَالَ أَنظِرْنِىٓ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ (Iblis menjawab: “Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan”)
yakni meminta agar tidak mati selamanya, karena setelah hari kebangkitan tidak ada kematian lagi. Dan yang dimaksud adalah sampai dibangkitkannya Adam dan keturunannya di hari kiamat.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

14. Iblis berkata: “Wahai Tuhan, abaikanlah aku dan jangan percepat kematianku sampai hari kebangkitan yang mana Adam dan keturunannya dibangkitkan dari kuburannya di tiupan (sangkakala) kedua”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Maksudnya: janganlah saya dan anak cucu saya dimatikan sampai hari kiamat sehingga saya berkesempatan menggoda Adam dan anak cucunya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Ketika iblis memproklamasikan diri sebagai musuh Allah dan nabi adam serta keturunannya, ia meminta agar Allah menangguhkan usianya sampai hari kiamat. Iblis menjawab perintah Allah untuk keluar dari dalam surga, berilah aku penangguhan waktu, panjangkanlah usia-ku, dan janganlah engkau wafatkan aku sampai hari kiamat, yaitu hari ketika mereka, semua manusia, dibangkitkan agar aku dapat menyesatkan adam dan keturunannya. Dengan hikmah yang dimiliki-Nya, Allah menjadikan iblis sebagai ujian buat umat manusia dan mengabulkan permintaan iblis tersebut. Allah berfirman, benar, kamu termasuk yang diberi penangguhan waktu sampai hari yang ditentukan, yaitu ketika semua makhluk yang hidup dimatikan. (lihat: surah al-a'ijr/15: 38).

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 15 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 16 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 17, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 18, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 19, Makna Surat Al-A’raf Ayat 20

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!