Surat Al-An’am Ayat 127

۞ لَهُمْ دَارُ ٱلسَّلَٰمِ عِندَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُم بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Arab-Latin: Lahum dārus-salāmi 'inda rabbihim wa huwa waliyyuhum bimā kānụ ya'malụn

Artinya: Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.

« Al-An'am 126Al-An'am 128 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Mengenai Surat Al-An’am Ayat 127

Paragraf di atas merupakan Surat Al-An’am Ayat 127 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan hikmah mendalam dari ayat ini. Diketemukan kumpulan penafsiran dari kalangan ulama terhadap kandungan surat Al-An’am ayat 127, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bagi orang-orang yang mau mengambil pelajaran disisi tuhan mereka pada hari kiamat ada tempat tinggal yang penuh keselamatan dan aman dari segala hal yang tidak disukai, yaitu surga; dan Dia adalah penolong dan pelindung mereka, sebagai balasan bagi mereka atas amal-amal mereka yang shalih.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

127. Mereka akan mendapatkan Surga, di dalamnya mereka akan selamat dari segala hal yang tidak menyenangkan. Dan Allah lah yang akan menjadi penolong dan pendukung mereka sebagai balasan atas kebajikan yang telah mereka lakukan.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

127. لَهُمْ دَارُ السَّلٰمِ عِندَ رَبِّهِمْ ۖ (Bagi mereka (disediakan) darussalam pada sisi Tuhannya)
Yakni surga, karena ia merupakan negeri keselamatan dari segala keburukan.

وَهُوَ وَلِيُّهُم (dan Dialah Pelindung mereka)
Yakni penolong mereka dan pengatur perihal mereka hingga mereka memasuki surga dengan penuh rasa aman dari segala kezaliman dan keburukan.

بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ (disebabkan amal-amal yang selalu mereka kerjakan)
Yakni karena amalan-amalan baik mereka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

127 Bagi mereka yang senantiasa mengingat dan mengambil pelajaran disediakan surga Darussalam tempat tinggal yang penuh kedamaian dari segala ketidaknyamanan. Pada hari kiamat Allah lah penguasa segala urusan mereka, sekaligus penolong mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Bagi mereka tempat yang damai} tempat yang damai dari setiap kesusahan yaitu surga {di sisi Tuhannya. Dialah pelindung mereka} penolong dan pelindung mereka {karena apa yang mereka kerjakan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


127. Oleh karena itu DIa berfirman, “Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga).” Surga dinamakan Darussalam karena keselamatannya dari segala kekurangan, cacat, kerusuhan, kesedihan, kecemasan, dan penganggu-pengganggu lainnya. Hal itu secara otomatis menunjukkan bahwa nikmatnya benar-benar sempurna dan benar-benar lengkap di mana orang yang ingin menjelaskannya tidak mampu untuk menjelaskannya. Para pengkhayal tidak akan berkhayal melebihi hakikatnya, berupa nikmat rohani, hati, dan badan. Mereka mendapatkan sesuatu yang diinginkan oleh jiwa dan dinikmati oleh mta, dan mereka kekal di dalamnya.
“Dan Dia-lah Pelindung mereka,” Yang mengatur dan mendidik mereka, menyayangi mereka dalam segala perkara mereka, membantu mereka untuk menaatiNya, memudahkan untuk mereka segala sebab yang mengantarkan kepada kecintaanNya. Dia melindungi mereka karena amal baik mereka dan persembahan mereka di mana tujuan mereka adalah ridha Allah, lain halnya dengan orang yang berpaling dari pelindungNya dan mengikuti hawa nafsunya, dia dikuasai oleh setan, maka setanlah yang mengusirnya sehingga ia merusak agama dan dunianya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 126-127
Ketika Allah SWT menyebutkan jalan orang-orang yang tersesat dan menolak jalanNya. Dia memberitahukan tentang kemuliaan yang Dia sampaikan kepada RasulNya, yaitu petunjuk dan agama yang benar. Lalu Allah SWT berfirman: (Dan inilah jalan Tuhanmu; (jalan) yang lurus) menjadi manshub sebagai haal, yaitu ini adalah agama yang Kami syariatkan untukmu, wahai Muhammad, melalui apa yang Kami wahyukan kepadamu berupa Al-Qur'an ini, yaitu jalan Allah yang lurus. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadits Al-Harits dari Ali tentang sifat Al-Qur'an, yaitu: “Jalan Allah yang lurus, dan tali Allah yang kuat. Al-Qur’an juga merupakan peringatan yang bijaksana. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan At-Turmudzi.
(Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami)) yaitu kami menjelaskan, menerangkan, dan menafsirkannya (kepada orang-orang yang mengambil pelajaran) yaitu bagi orang yang memiliki pemahaman, kesadaran dan berpikir tentang Allah dan RasulNya (Bagi mereka (disediakan) rumah keselamatan) yaitu surge (Pada sisi Tuhannya) yaitu hari kiamat. Allah menggambarkan surga di sini dengan “Darus salam” karena keselamatan mereka dalam jalan yang mereka lewati berupa jalan yang lurus yang mengikuti jejak dan jalan para nabi. Sebagaimana mereka selamat dari malapetaka penyimpangan, mereka dapat mencapai surga. (dan Dialah Pelindung mereka) Dzat yang memelihara, menolong, dan mendukung mereka. (disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan) yaitu balasan atas amal shalih mereka, Allah membimbing dan memberi mereka surga dengan karunia dan kemurahanNya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-An’am ayat 127: Pengurus dan Pembimbing mereka.

Di mana yang mereka cari adalah ridha Tuhan mereka. Berbeda dengan orang yang berpaling dari Tuhannya dan mengikuti hawa nafsunya, maka setan yang menguasainya, dan dia akan merusak agama dan dunianya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-An’am Ayat 127

Bagi mereka ada beberapa penghargaan yang agung dari Allah. Pertama, disediakan tempat yang damai, yaitu surga yang tidak ada kesulitan apa pun di dalamnya. Kedua, mereka berada di suatu tempat yang sangat terhormat yaitu di sisi tuhannya yang telah membimbing mereka. Dan, ketiga, dialah pelindung mereka yang selalu mengasihi dan menyertai mereka dalam segala suasana. Hal itu semua disebabkan karena amal kebajikan yang mereka kerjakan. Allah menjelaskan sebagian dari ihwal orang-orang yang zalim pada hari kiamat di hadapan Allah. Dan ingatlah pada hari ketika dia mengumpulkan mereka semua, yaitu orang-orang yang sesat dan menyesatkan dari kelompok jin atau setan dan manusia, dan Allah berfirman kepada segolongan jin (setan), karena merekalah yang menjadi asal mula adanya kesesatan pada manusia, wahai golongan jin! kamu telah banyak menyesatkan manusia dengan membujuk mereka untuk melakukan kemusyrikan, kekafiran, dan kemaksiatan. Dan kawan-kawan mereka dari golongan manusia berkata, mengadu dengan memberikan pengakuan kepada Allah terhadap apa yang terjadi, ya tuhan, kami telah saling mendapatkan kesenangan. Manusia memanfaatkan jin melalui perbuatan sihir, tenung, dan juga tergoda untuk melakukan kemaksiatan dan lainnya, dan jin merasa bangga bahwa mereka dijadikan panutan, penguasa, dan pengayom oleh manusia. Dan sekarang waktu yang telah engkau tentukan buat kami telah datang. Setelah mendengarkan pengakuan dari kedua belah pihak, Allah berfirman untuk memberikan putusan akhir, nerakalah tempat kamu selama-lamanya, kecuali jika Allah menghendaki lain. Allah mempunyai kekuasaan yang tidak terbatas dalam segala hal. Sungguh, tuhanmu mahabijaksana yang meletakkan sesuatu pada tempatnya, menyiksa orang yang berdosa dengan keadilan-Nya, dan memasukkan orang yang bertakwa ke dalam surga dengan anugerah-Nya. Dia maha mengetahui siapa yang berbuat baik dan siapa yang berbuat buruk.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah berbagai penjelasan dari berbagai ahli tafsir terhadap isi dan arti surat Al-An’am ayat 127 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita. Bantulah dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Sering Dikunjungi

Terdapat berbagai halaman yang sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Balad, Juz al-Qur’an, Al-‘Adiyat, Al-Baqarah 185, Al-Fajr, Ar-Ra’d 11. Ada juga Al-Insyirah 5-6, Al-Maidah, Al-An’am, Al-Baqarah 153, Luqman 14, Ali Imran 190-191.

  1. Al-Balad
  2. Juz al-Qur’an
  3. Al-‘Adiyat
  4. Al-Baqarah 185
  5. Al-Fajr
  6. Ar-Ra’d 11
  7. Al-Insyirah 5-6
  8. Al-Maidah
  9. Al-An’am
  10. Al-Baqarah 153
  11. Luqman 14
  12. Ali Imran 190-191

Pencarian: contoh kumpulan ayat ayat kauniyah, al hujurat 10 dan 12, al imran lengkap, surat al-furqon ayat 67, falamma roainahuu akbarnahuu

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: