Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-An’am Ayat 126

وَهَٰذَا صِرَاطُ رَبِّكَ مُسْتَقِيمًا ۗ قَدْ فَصَّلْنَا الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَذَّكَّرُونَ

Arab-Latin: Wa hāżā ṣirāṭu rabbika mustaqīmā, qad faṣṣalnal-āyāti liqaumiy yażżakkarụn

Terjemah Arti: Dan inilah jalan Tuhanmu; (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami) kepada orang-orang yang mengambil pelajaran.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

126 Apa yang kami jelaskan kepadamu ini (wahai rasul), itulah jalan yang mengantarkan menuju keridhaan tuhanmu dan surgaNYa. Sungguh kami telah menerangkan berbagai bukti petunjuk bagi siapa saja yang mau mengambil pelajaran dari orang-orang yang memiliki akal yang kuat.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

126. Agama yang telah Kami syariatkan untukmu -wahai Rasul- adalah jalan Allah yang lurus, tidak bengkok sedikitpun. Kami telah menjelaskan banyak ayat kepada orang yang memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami pelajaran dari Allah.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

126 Jalan ini adalah jalan Tuhanmu yang harus ditempuh oleh Nabi dan orang-orang mukmin; ini adalah jalan yang lurus tanpa belokan. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat Kami kepada orang-orang yang mau mengingat, berfikir, mengambil pelajaran dan mengambil manfaat.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yang menghubungkan kepada Allah dan ke surga-Nya. Jalan tersebut telah dijelaskan, dirincikan, dan dipisahkan dari yang batil.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Kemudian Allah menjelaskan tentang jalan kehidupan yang benar. Dan inilah jalan tuhanmu yang lurus, yaitu agama islam yang diridai Allah. Sungguh kami telah menjelaskan ayat-ayat kami yang ada di dalam Al-Qur'an, berupa janji dan ancaman, halal dan haram, pahala dan siksa, dan lain-lainnya kepada orang-orang yang menerima peringatan. Bagi mereka ada beberapa penghargaan yang agung dari Allah. Pertama, disediakan tempat yang damai, yaitu surga yang tidak ada kesulitan apa pun di dalamnya. Kedua, mereka berada di suatu tempat yang sangat terhormat yaitu di sisi tuhannya yang telah membimbing mereka. Dan, ketiga, dialah pelindung mereka yang selalu mengasihi dan menyertai mereka dalam segala suasana. Hal itu semua disebabkan karena amal kebajikan yang mereka kerjakan.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-An’am Ayat 127 Arab-Latin, Surat Al-An’am Ayat 128 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-An’am Ayat 129, Terjemahan Tafsir Surat Al-An’am Ayat 130, Isi Kandungan Surat Al-An’am Ayat 131, Makna Surat Al-An’am Ayat 132

Category: Surat Al-An'am

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!